Andhika Sudarman
Relationship

Kisah Andhika Sudarman, Lulusan Harvard yang Bikin Platform Deall dan SejutaCita

Jessica Gabriela Soehandoko
Sabtu, 4 Juni 2022 - 03:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Andhika Sudarman, berhasil menempuh pendidikannya di luar negeri. Dirinya sempat hampir tidak bisa kuliah karena masalah biaya, namun berkat dukungan dari kakaknya, dirinya dapat lulus dan menyandang sebagai mahasiswa terbaik.

Andhika Sudarman merupakan lulusan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Dirinya menyandang predikat Mahasiswa Berprestasi Nasional pada 2014.

Setelahnya Andhika melanjutkan pendidikannya di Harvard Law School di Cambridge. Dirinya kemudian lulusan dan menjadi mahasiswa terbaik di tahun 2020. Dirinya juga menjadi orang Indonesia dan Asia Tenggara pertama dalam sejarah yang memberikan pidato di kelulusan Harvard Law School.

Setelah lulus, Andhika kemudian memiliki dua platform berbasis digital. Platform pertama adalah SejutaCita, aplikasi pertama Indonesia yang memenangkan Juara 1 Best App Award oleh Google 2021.

Sejuta Cita sendiri adalah aplikasi pengembangan diri, dimana para pengguna dapat mencari informasi mengenai event, lomba, beasiswa dan sebagainya. Melalui SejuaCita, Andhika juga memberikan lebih dari Rp1,2 miliar beasiswa dan 1-on-1 mentoring.

Setelahnya, Andhika juga melihat banyaknya para talenta unggul yang kesulitan dalam mencari kerja. Padahal, banyak teman dari Andhika yang juga merupakan pendiri berbagai perusahaan yang juga kesulitan untuk mendapatkan talenta yang unggul.

Melihat permasalahan tersebut, Andhika kemudian membangun Deall (usedeall.com). Deall merupakan platform karir untuk menemukan para talenta unggul dengan perusahaan terkemuka di Indonesia.

Dalam umur tiga bulan setelah Deall didirikan, platform ini telah berkerja sama dengan 70 perusahaan terkemuka di Indonesia. Contohnya adalah Shopee, Telkomsel, Tokopedia, Ajaib, The Jakarta Post, DHL, Amartha, IDN Media, TikTok, Home Credit, dan sebagainya.

Keunikan yang ditawarkan dari Deall sendiri adalah para CV setiap pencari kerja akan dinilai melalui artificial intelligence (AI). Nantinya peserta yang lolos penyaringan akan dicocokan langsung dengan perusahaan sesuai minat dan kualifikasi yang dimiliki.

Dengan proses tersebut, maka para perusahaan dimudahkan dalam proses penyaringan talenta, dan talenta juga lebih terbantu karena mendapat prioritas dalam pelamaran.

“Jika sebelumnya para perekrut mungkin perlu melihat ratusan atau bahkan ribuan CV untuk menemukan satu talenta yang cocok. Di Deall, para perekrut bisa menemukan satu atau dua talenta yang cocok hanya dengan melihat 10 sampai 15 CV.” Ujar Andhika.

Nantinya, mulai Agustus sampai September 2022 mendatang Deall akan mengadakan “Deall Career Mentoring Festival 2022” yakni acara 1-on-1 mentoring yang diisi lebih dari 200 orang mentor yang sukses di Indonesia seperti Nadiem Makarim, Erick Thohir, Najwa Shihab, Sri Mulyani, Sandiaga Uno, dan Pandu Sjahrir.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro