Konser iForte di Djakarta Theater. /Bisnis-Eusebio Chrysnamurti
Entertainment

Rajut Kebhinekaan, Iforte Hadirkan Pagelaran Sabang-Merauke di Djakarta Theater

Dionisio Damara
Sabtu, 4 Juni 2022 - 10:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – PT iForte Solusi Infotek atau iForte, menginisiasi pementasan seni pertunjukan bertajuk Pagelaran Sabang Merauke – Premiere with Live Performance yang dihelat selama 3 hingga 5 Juni 2022 di Djakarta Theater, Jakarta Pusat.

Pagelaran tersebut sejatinya merupakan rangkaian dan kelanjutan acara dari serupa yang lebih dulu diselenggarakan di Pelataran Candi Prambanan, Yogyakarta, pada 26 Maret 2022. Saat itu, acara ini sukses memukau audiens lewat pertunjukan berbagai elemen kesenian daerah yang tersaji secara apik di panggung berlatar Candi Prambanan.

Mengusung konsep yang sama tetapi dengan penyesuaian dan sentuhan baru, Pagelaran Sabang – Merauke menyajikan 21 lagu daerah dan satu lagu nasional. Pementasan juga melibatkan 5 penyanyi nasional, 46 musisi tradisional dan modern, serta 135 penari profesional.

Adapun, sebelum pertunjukkan dimulai, para penonton Pagelaran Sabang - Merauke akan disambut prosesi Palang Pintu khas suku Betawi yang merupakan simbolisasi Jakarta sebagai tuan rumah dalam perhelatan ini.

“Semua ini akan berpadu lewat harmonisasi antara musik etnik, lagu daerah, hingga tari-tarian tradisional yang lengkap dengan busana adatnya,” ujar Sutradara Pagelaran Sabang – Merauke, Rusmedi Agus, dalam keterangan tertulis.

Rusmedi juga menjelaskan di lini koreografi, sejumlah sosok penata tari tradisional dan modern yang terlibat antara lain Sandidhea Cahyo Narpati, Pulung Jati, Dian Bokir, dan Rizky Dafin.

Eks vokalis Cokelat Kikan Namara didapuk sebagai music director sekaligus lead vocal dalam pagelaran ini, bersama para penyanyi ternama lainnya seperti Mirabeth Sonia, Christine Tambunan, Taufan Purbo dan Alsant Nababan.

Mengemban tugas ganda, Kikan Namara, mengaku termotivasi untuk menampilkan karya terbaiknya di acara tersebut. Bersama rekan-rekannya, Kikan akan membawakan rangkaian lagu daerah mulai dari Bungong Jeumpa dari Aceh hingga Yamko Rambe Yamko dari Papua.

Nuansa etnik kedaerahan juga akan terasa makin kental berkat Kidung & team di bagian penata musik tradisional serta dukungan dari Ava Victoria & Team Orchestra.

“Kami berupaya menampilkan berbagai elemen kesenian dari seluruh Indonesia sebagai satu kesatuan yang tidak hanya menghibur, namun juga kami harapkan dapat menimbulkan rasa bangga terhadap budaya bangsa,” tutur Kikan.

Sementara itu, Vice President Director Marketing & Sales iForte Silvi Liswanda mengatakan, selain pementasan, para pengunjung juga bisa menyelami bermacam keindahan budaya Nusantara melalui cultural fair yang berlangsung di luar area pertunjukan.

Festival UKM ini melibatkan berbagai UKM binaan BCA, serta UKM yang mewakili program iFortepreneur, program Digital Business Plan Competititon untuk UKM dari iForte.

CEO Protelindo Group Aming Santoso menuturkan bahwa sejalan dengan suasana dan semangat memperingati Hari Kelahiran Pancasila pada 1 Juni, pagelaran ini diharapkan mampu berkontribusi dalam melestarikan serta mengenalkan kekayaan seni budaya ke masyarakat.

Tidak hanya bisa dinikmati secara live di Djakarta Theater, Pagelaran Sabang - Merauke juga bisa disaksikan melalui akun Youtube iForte Solusi Infotek mulai Senin, 6 Juni 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Dionisio Damara
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro