Gibran bertemu dengan Secretaire General LVMH, Marc Antoine Jamet, terkait acara “Java in Paris”/istimewa
Fashion

Gibran Bertemu Petinggi Louis Vuitton, Bahas Kerja Sama Batik untuk Pembukaan Shopee Java in Paris

Newswire
Kamis, 9 Juni 2022 - 07:45
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Gibran Rakabuming Raka bertemu dengan Secretaire General LVMH, Marc Antoine Jamet di Paris, Prancis.

Seperti diketahui, LVMH merupakan salah sebuah grup yang menaungi merek barang mewah asal Paris seperti Louis Vuitton, Dior, Sephora, Tiffany & Co., Fendi, dan lainnya.

Dalam pertemuan tersebut, Gibran mempromosikan batik, yang merupakan produk lokal Indonesia. Wali Kota Solo itu berada di Paris untuk menghadiri pembukaan program “Java in Paris” pada Rabu (8/6/2022) malam.

Gibran didampingi Ketua TP-PKK Solo, Selvi Ananda; serta Dubes RI untuk Perancis, Andorra, Monako, dan UNESCO, Mohamad Oemar. Ia dan Marc berdiskusi terkait potensi kolaborasi antara pengrajin batik di Solo dengan rumah mode ternama tersebut.

Marc pun menyatakan kekagumannya pada proses pembuatan batik yang terbilang cukup rumit.

“Batik merupakan produk Indonesia yang sangat luar biasa, sangat menarik. Batik menjadi jantung dari Indonesia. Saya kagum dengan proses pembuatannya hingga 10 langkah dalam satu hari untuk membuat sebuah pakaian,” kata Marc.

Direktur Louis Vuitton ini bahkan menyampaikan kemungkinan mengenai kolaborasi antara batik Solo dengan brand yang dinaunginya.

“Kita harus bekerja sama, kemudian akan kita teliti lebih lanjut dan mengatur beberapa pertemuan untuk kemungkinan kolaborasi di masa depan dengan brand kami,” ujarnya.

Gibran juga menawarkan Marc untuk dikirimi beberapa contoh batik yang bisa dipakainya ke beberapa acara berbeda.

“Jika berkenan, saya juga akan kirimkan beberapa contoh bahan batik yang bisa Anda rasakan sendiri. Ada banyak jenis untuk siang hari, makan malam, pertemuan dan acara lain,” kata Gibran yang disambut antusias oleh Mark.

Adapun rangkaian acara “Java in Paris” akan dibuka dengan pertunjukan budaya koreografi Eko Pece dan juga penampilan Anggun C Sasmi.

Acara ini dilaksanakan di jalan utama Rue de Rivoli, yang juga mendatangkan puluhan pekerja budaya Solo untuk hadir dalam acara pembukaan Java in Paris.

Pertunjukan ini juga mengawali penjualan ratusan produk UMKM lokal yang lolos kurasi untuk dijual di departemen store jaringan Gallery Lafayette, Le BHV Marais di Paris mulai 8 Juni hingga 17 Juni.

Program ini merupakan kolaborasi Pemerintah Kota Surakarta, KBRI Paris Prancis, BHV Marais, dan Shopee. Keikusertaan #ShopeeJAVAinPARIS menjadi realisasi dari komitmen #ShopeeAdaUntukUMKM.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro