Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari, Berikut Jam Idealnya Saat Sarapan/Sheknows
Health

Manfaat Minum Kopi di Pagi Hari, Berikut Jam Idealnya Saat Sarapan

Intan Riskina Ichsan
Rabu, 22 Juni 2022 - 11:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA — Bagi kebanyakan orang, hormon yang disebut kortisol paling tinggi saat pertama kali bangun di pagi hari.

Kortisol adalah hormon steroid yang diproduksi oleh kelenjar adrenal di ginjal Anda.

Hormon kortisol membantu mengontrol kadar gula darah, memengaruhi pembentukan memori, tekanan darah, mengatur metabolisme dan respon imun seperti peradangan. Dilansir dari Advanced Sleep Medicine Services, hormon ini juga memainkan peran penting dalam membantu tubuh merespons stres.

Karena kadar kortisol sangat berkaitan dengan tingkat kewaspadaan Anda, beberapa ilmuwan menyarankan agar Anda minum kopi pagi ketika kadar kortisol pagi alami Anda mulai turun. Bagi sebagian besar dari kita yang bekerja dari jam 9-5 dan tidur teratur, tingkat kortisol kita memuncak, rata-rata, antara jam 8 dan 9 pagi.

Jika Anda cukup tidur di malam hari, Anda tidak perlu secangkir kopi atau teh yang kuat untuk membuat Anda beraktivitas di pagi hari. Sebaliknya, Anda harus bisa mengendalikan gelombang kortisol hingga pertengahan pagi.

Disarankan agar Anda minum secangkir kopi pertama antara pukul 09:30 dan 11:30, saat kadar kortisol Anda turun. Cobalah minum air dan mendapatkan sinar matahari di pagi hari. Bahkan berkendara ke tempat kerja tanpa memakai kacamata hitam dapat membantu Anda menikmati rangsangan dari sinar matahari alami yang akan membantu membangunkan Anda.

Ketika Anda sudah menetap di kantor dan memulai pekerjaan Anda, bangunlah dan buatlah secangkir kopi pertama. Anda akan menuai efek yang lebih besar dengan lebih sedikit kafein. Kafein disebut antagonis reseptor adenosin karena menyebabkan reseptor adenosin tidak lagi mengenali adenosin sehingga aktivitas sel saraf menjadi lebih cepat.

Ini juga menyebabkan pembuluh darah melebar, kemungkinan besar untuk mendapatkan lebih banyak oksigen ke otak saat tidur. Ketika kita minum kopi, kafein mengikat reseptor adenosin sebagai gantinya, menyebabkan reaksi yang sepenuhnya berlawanan termasuk:

- Melebarkan pupil

- Membuka saluran udara (inilah sebabnya beberapa orang merekomendasikan minum kopi sebelum berolahraga)

- Jantung berdetak lebih cepat

- Pembuluh darah menyempit (inilah sebabnya kafein ada dalam beberapa pereda nyeri untuk mengurangi sakit kepala)

- Tekanan darah naik

- Aliran darah ke perut melambat (mungkin mengurangi rasa lapar)

- Hati menyewakan gula ke dalam aliran darah untuk energi ekstra

- Otot menegang, siap beraksi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro