Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Klassku Ajak Ajak Guru dan Siswa Jadi Content Creator Pendidikan

COO Klassku Tony Siahaan mengatakan pivot yang mereka lakukan berdasarkan adanya tantangan yang dialami oleh guru dan proses pembelajaran yang dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 13 Juli 2022  |  17:32 WIB
Klassku Ajak Ajak Guru dan Siswa Jadi Content Creator Pendidikan
Klassku
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Klassku, startup yang sebelumnya dikenal sebagai aplikasi edutech akan fokus pada pengembangan platform edukasi dan pembelajaran berbasis konsep merdeka belajar, dengan mengembangkan konsep hybrid.

Dengan konsep baru sebagai platform pendidikan, baik guru maupun siswa dapat menjadi pembuat sekaligus penikmat konten dalam satu aplikasi Klassku. 

Di layanan terbarunya ini, Klassku membantu para guru dengan memberikan pelatihan untuk membuat konten pembelajaran agar dapat menarik minat siswa dalam belajar.

COO Klassku Tony Siahaan mengatakan pivot yang mereka lakukan berdasarkan adanya tantangan yang dialami oleh guru dan proses pembelajaran yang dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman.

"Saat ini di mana hampir semua lini kehidupan dituntut untuk serba digital, Klassku terus mendorong para guru untuk selalu berkembang dan melek digital dalam proses mengajar melalui video learning.” ujarnya dalam keterangannya.

Klassku juga bermisi untuk meningkatkan kesejahteraan para guru melalui program insentif poin yang dapat ditukar dengan berbagai diskon di mitra merchant Klassku. Hal yang sama berlaku untuk siswa sebagai penonton video dimana siswa akan diberikan poin untuk setiap konten pelajaran yang mereka tonton.

Skema ini dipercaya mampu meningkatkan motivasi siswa untuk belajar di luar kelas. Merchant yang ada tidak hanya merchant offline, Klassku juga bekerja sama dengan PPoB untuk memudahkan guru dan siswa dalam menukar poinnya dengan pulsa, token listrik, hingga voucher game.

“Konsep Klassku pada dasarnya adalah menggabungkan dunia pendidikan dan pemasaran, di mana insentif atau budget yang ada di divisi pemasaran brand atau perusahaan dikoneksikan dengan konten pendidikan, dengan target mendorong perkembangan dan kesejahteraan para guru. Di tengah kondisi pandemi yang berangsur mereda dan pembelajaran tatap muka (PTM) mulai dilakukan, tetap perlu diingat bahwa konten digital ini juga memiliki banyak kelebihan yang tidak bisa diakses sekolah offline. Klassku mendukung penuh pengembangan kreativitas guru-guru dengan pendampingan konten dari tim Klassku. Harapannya, guru akan beradaptasi menjadi fasilitator dan siswa akan aktif mencari konten-konten tersebut di aplikasi Klassku,” papar Tony.

Sementara itu dari segi quality control, Klassku memiliki peraturan yang tegas dalam pemuatan video. Selain itu, mekanisme review dilakukan berdasarkan rating dan report yang bersifat user-based review.

Sebagai komitmennya dalam mendukung sistem pembelajaran hybrid, Klassku berkolaborasi dengan SMP/SMA Ragunan, Jakarta Selatan. Sekolah bagi atlet berprestasi dengan total siswa lebih dari 400 ini mulai menjalani kerja sama dengan Klassku sebagai platform digital based learning sebagai penunjang kegiatan belajar para siswanya. Saat ini Klassku telah rampung memberikan pelatihan kepada para guru tentang paket pembelajaran digital. Targetnya, di tahun ajaran baru 2022-2023 semua konten video pendidikan terkumpul dan dapat dijadikan materi pelajaran bagi para siswa atlet.

Ke depannya, Klassku juga aktif berkolaborasi dengan perusahaan dan institusi yang juga memiliki kepedulian terhadap pendidikan di Indonesia untuk bersama-sama menghadapi tantangan pendidikan di masa mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

content creator pendidikan guru murid
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top