Content creator/Pexels.com
Fashion

Tertarik Jadi Content Creator di Instagram? Ini Caranya!

Jessica Gabriela Soehandoko
Kamis, 3 Februari 2022 - 16:58
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Instagram adalah platform yang bisa Anda andalkan untuk menjadi content creator. Ia memampukan setiap penggunanya untuk melakukan micro-blogging.

Tak cuma itu, Instagram juga menawarkan keterlibatan langsung dari target audiens Anda, seperti memberi like, komentar, dan membagikan ulang unggahan Anda.

Nah, berikut cara membuat akun Instagram yang menarik bagi content creator.

1. Buat akun Instagram menjadi berkategori Creator

Langkah pertama adalah mengubah akun Anda menjadi Creator. Caranya dengan mengklik tombol di sudut kanan atas profil, klik Pengaturan > Akun > Beralih ke akun profesional. Kemudian, pilih akun Pembuat atau Creator.

2. Tentukan target audiens

Sebelum mem-posting konten, pastikan Anda telah menentukan konten seperti apa yang ingin diangkat, misalnya lifestyle. Umumnya, semakin spesifik topik, maka akan semakin baik.

Dengan begitu, Anda bisa membidik audiens dengan lebih spesifik dan bahkan mendapat tawaran bekerja sama dengan merek-merek besar.

3. Maksimalkan Anda dengan SEO

Saat menulis bio di Instagram, pastikan memasukkan kata kunci yang terkait dengan target audiens. Misalnya, Anda seorang penulis lepas, maka tuliskan kata kunci penulis lepas di Instagram, agar jika seseorang menulis kata kunci tersebut profile Anda akan muncul.

4. Lengkapi foto profil dan bio dengan menarik

Foto profil dan bio yang menarik dapat membantu menciptakan pengenalan diri dan membangun kepercayaan audiens.

5. Unggah foto atau video yang menarik

Instagram adalah platform visual. Untuk itu, unggahlah foto atau video yang menarik. Jika perlu, sewalah jasa foto maupun video atau manfaatkan foto gratis dari situs web stok gambar.

6. Unggah konten secara rutin

Selanjutnya, penting untuk membuat perencanaan dan penjadwalan konten.

7. Tulis caption yang serius

Caption di Instagram tidak boleh melebihi 2.200 karakter. Untuk itu, andalkan kreativitas dan tuliskan kalimat menarik agar audiens membaca tulisan Anda hingga akhir.

8. Gunakan hashtag

Hashtag adalah salah satu cara untuk mengoptimalkan konten Anda. Dengan membuat hashtag yang mana menyertakan tanda # di depan suatu kata atau kalimat, konten Anda bisa ditemukan oleh lebih banyak audiens.

9. Berinteraksi dengan audiens

Selain membuat konten, jangan lupa untuk tetap berinteraksi dengan audiens. Di sini, Anda bisa melakukan Instagram Live, membalas komentar mereka ataupun membubuhkan tanda like pada komentarnya.

10. Terhubung dengan content creator lainnya

Penting pula untuk berelasi dengan content creator lainnya. Dari situ, Anda bisa mempelajari bagaimana mereka membuat konten, bagaimana mereka berinteraksi dengan followers-nya, dan masih banyak lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro