Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

7 Klasifikasi Kembar Siam dan Faktor Penyebabnya

Kembar siam berkembang ketika embrio awal hanya terpisah sebagian untuk membentuk dua individu.
Anshary Madya Sukma
Anshary Madya Sukma - Bisnis.com 02 Agustus 2022  |  21:04 WIB
Kembar - babycentre.co.uk
Kembar - babycentre.co.uk
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Kembar siam adalah dua bayi yang terlahir dengan kelainan, yang mana kedua bayi tersebut akan terhubung fisiknya satu sama lain dan biasanya terhubung di dada, perut, atau panggul. Lalu, apa yang menjadi penyebab kembar siam ini?

Dilansir Mayoclinic pada Selasa (2/8/2022), kembar siam berkembang ketika embrio awal hanya terpisah sebagian untuk membentuk dua individu.

Meskipun banyak bayi kembar siam tidak hidup saat lahir (lahir mati) atau meninggal segera setelah lahir, tetapi kemajuan dalam pembedahan dan teknologi telah meningkatkan tingkat kelangsungan hidup dari kelainan ini.

Beberapa kembar siam yang masih hidup dapat dipisahkan melalui pembedahan dan keberhasilan operasi tergantung pada kembar yang bergabung serta berapa banyak organ atau fisik yang terhubung.

Penyebab Kembar Siam

Kembar siam  terjadi ketika satu sel telur yang dibuahi membelah dan berkembang menjadi dua individu. Delapan sampai 12 hari setelah pembuahan, lapisan embrio akan membelah dan membentuk kembar monozigot, lalu hal tersebut berkembang menjadi organ dan struktur tertentu.

Dipercaya, ketika embrio membelah lebih lambat antara 13 sampai 15 hari setelah pembuahan dan pemisahan berhenti sebelum prosesnya selesai, maka hal itu kemungkinan besar akan menjadi kembar siam.

Klasifikasi Kembar Siam

Kembar siam biasanya diklasifikasikan menurut tempat mereka bergabung, biasanya di tempat yang cocok dan terkadang lebih dari satu tempat. Lokasi fisik atau organ yang terhubung itu dapat diklasifikasikan, sebagai berikut : 

1. Kembar Thoracopagus (Dada)

Kembar dalam klasifikasi ini biasanya terhubung dengan dada satu sama lain, karena terhubung di lokasi dekat dengan organ yang lain, sering kali kembar ini memiliki hati yang sama, mungkin juga berbagi satu hati dan usus bagian atas.perut. 

2. Kembar Omphalopagus (Perut)

Lokasi bergabung di dekat pusar, banyak dari  kembar omphalopagus berbagi hati, dan beberapa berbagi bagian bawah usus kecil (ileum) dan usus besar.

3. Kembar Pygopagus dan Rachipagus (Tulang Belakang)

Kembar Pygopagus biasanya bergabung saling membelakangi di pangkal tulang belakang dan bokong. Beberapa kembar ini biasanya akan berbagi saluran pencernaan bagian bawah, beberapa berbagi organ genital dan kemih.

Sedangkan Rachipagus, kembar yang disambungkan ke belakang sepanjang tulang belakang dan merupakan jenis yang sangat langka.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bayi Kembar Kembar Siam bayi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top