Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Manfaat Yogurt Si Asam Segar untuk Kesehatan Usus

Rasa asam yogurt dihasilkan dari asam laktat. Asam yang didapat dari bakteri-bakteri yang mengurai gula susu atau laktosa.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 10 Agustus 2022  |  12:52 WIB
Manfaat Yogurt Si Asam Segar untuk Kesehatan Usus
Ilustrasi-Yogurt - Thetimes.co.uk
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Siapa yang tidak tahu yogurt, hasil fermentasi dari susu yang mengandung banyak protein dan kalsium. Produk yang mempunyai rasa asam ini digemari oleh banyak orang.

Saat ini sudah banyak sekali produk makanan ataupun minuman berbahan dasar yogurt, karena rasa asamnya yang segar serta kaya manfaat.

Rasa asam yogurt dihasilkan dari asam laktat. Asam yang didapat dari bakteri-bakteri yang mengurai gula susu atau laktosa. Jadi, meskipun asam, yogurt tidak berbahaya untuk lambung dan aman dikonsumsi sehari-hari.

Mendengar nama yogurt hal yang pasti terpikirkan adalah kesehatan usus kan? Nah Ini sederet manfaat yogurt untuk Kesehatan usus ala healthline dan medicalnewstoday.

Usus adalah satu organ pencernaan yang mempunyai peran penting. Kesehatan usus tentu saja mempengaruhi proses pencernaan tubuh. Yogurt dengan kandungan probiotiknya dapat bermanfaat bagi Kesehatan pencernaan.

Yogurt mengandung bakteri baik yang bermanfaat bagi usus. Beberapa iklan produk yogurt sering menyebut-nyebut jenis probiotik Lactobacillus. Mikroorganisme Lactobacillus memang ditemukan dalam yogurt juga mikroorganisme lain, Bifidobacteria. Keduanya terbukti berhasil mengurangi gejala tidak nyaman dari sindrom iritasi usus besar (IBS).

Gejala IBS dapat dipicu oleh perubahan bakteri usus, diet, kurang tidur, ataupun stres. Berikut gejala-gejala IBS yang rasa sakitnya dapat dikurangi dengan mengonsumsi Yogurt:

Nyeri dan Kram Perut

IBS menyebabkan ketegangan dan rasa sakit pada otot-otot saluran pencernaan. Rasa sakit yang ditimbulkan biasanya adalah nyeri bagian bawah perut ataupun keseluruhan perut dan akan membaik setelah buang air besar.

Rasa nyeri dan kram perut ini dapat dikurangi dengan mengonsumsi yogurt. Ini berguna ketika sedang berada di tempat yang tidak memungkinkan untuk buang air besar.

Sembelit

Sembelit adalah salah satu masalah pencernaan yang paling umum. Sembelit yang ditimbulkan oleh IBS juga sering menyebabkan tidak tuntasnya buang air besar yang  menyebabkan ketegangan. Sama halnya dengan nyeri perut dan kram, nyeri sembelit juga dapat mereda setelah buang air besar.

Mengonsumsi yogurt bisa jadi alternatif untuk mengurangi gejala ini.

Gas dan Kembung

Gejala lain yang dapat dikurangi dengan mengonsumsi yogurt adalah kembung. Kembung disebabkan oleh banyaknya produksi gas dala usus akibat perubahan pencernaan. Diantara gejala-gejala IBS, kembung adalah kondisi yang banyak dikeluhkan oleh orang dengan IBS. Dalam penelitian, sebanyak 83% dari 337 pasien IBS melaporkan mengalami gejala ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

yogurt pencernaan perut buncit
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top