Ilustrasi seledri/istimewa
Health

Ini 10 Manfaat Jus Seledri Bagi Kesehatan, Bikin Awet Muda

Nabila Dina Ayufajari
Jumat, 12 Agustus 2022 - 21:10
Bagikan

Baik bagi otak, ginjal, dan membuat wajah bebas jerawat

6. Meningkatkan kualitas tidur

Menurut berbagai penelitian, pola makan nabati dapat membantu mengatur kualitas tidur. Seledri mengandung polifenol makanan yang membantu dalam memodulasi siklus tidur-bangun. Jadi, tambahkan seledri ke dalam porsi makan Anda untuk mendapatkan tidur malam yang nyenyak.

7. Meningkatkan fungsi otak

Salah satu manfaat jus seledri yang paling menakjubkan adalah meningkatkan kesehatan otak secara keseluruhan. Daun seledri mengandung apigenin yang memiliki efek anti-inflamasi untuk menjaga kesehatan otak. Jika minum jus seledri di pagi hari, maka itu akan membuat tubuh segar dan merangsang otak Anda.

Selain itu, jus seledri mengandung ion mineral dan antioksidan yang menjaga otak terlindungi dari stres patogen. Oleh karena itu, minum segelas jus seledri setiap hari dapat membantu Anda mencegah masalah, seperti kehilangan ingatan dan gangguan neurodegeneratif.

8. Menjaga ginjal tetap sehat

Jus seledri dikemas dengan potasium dan sodium, yang keduanya dapat membantu mengatur cairan tubuh. Jus seledri bertindak sebagai diuretik yang membantu membersihkan tubuh dari air dan garam. Ini juga membantu dalam mencegah infeksi saluran kemih dan banyak masalah ginjal lainnya.

Jus seledri pun bisa membantu dalam menahan air dalam tubuh dan menghilangkan kelebihan kalsium dari tubuh melalui urin. Hal ini pada gilirannya dapat mencegah batu empedu, aterosklerosis, batu ginjal, dan sebagainya.

9. Membantu membersihkan jerawat

Jus seledri dikemas dengan folat, vitamin A, dan vitamin C, yang semuanya dapat membantu dalam memerangi infeksi dan peradangan. Selain itu, sifat antioksidannya membantu mencegah jerawat, bruntusan, dan noda.

10. Membuat kulit tampak lebih muda

Salah satu manfaat terbaik jus seledri untuk kulit adalah menjaga kulit tetap sehat dan bercahaya. Apigenin, tanin, luteolin, kaempferol, dan saponin adalah antioksidan yang ada dalam jus seledri untuk membantu melawan peradangan jerawat dan menunda tanda-tanda awal penuaan, seperti kerutan, garis-garis halus, dan sebagainya. Jadi, jika Anda ingin meremajakan kulit, maka tambahkan seledri ke porsi harian.

Kandungan Nutrisi dalam Jus Seledri

Untuk satu gelas jus seledri, Anda bisa memperoleh berbagai macam nutrisi, yaitu:

• Kalori: 42,5 Kalori

• Karbohidrat: 9,5 gram

• Kalsium: 8 persen dari DV, yaitu nilai harian

• Protein: 2 gram

• Gula: 5 gram

• Kalium: 14 persen dari nilai harian

• Vitamin K: 74 persen dari nilai harian

• Magnesium: 7 persen dari nilai harian

• Vitamin C: 16 persen dari nilai harian

• Fosfor: 5 persen dari nilai harian

• Vitamin A: 7 persen dari nilai harian

• Natrium: 9 persen dari nilai harian.

Selain itu, jus seledri juga kaya akan seng, biotin, tembaga, antioksidan, dan folat.


Anda dapat menambahkan jus seledri sebagai bagian dari diet sehat dan seimbang. Namun, penting untuk memperhatikan porsi idealnya dan jangan dikonsumsi secara berlebihan demi menuai semua manfaatnya dan mendapatkan lebih banyak serat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro