Doa Sholat Witir dan Artinya, Bisa dibaca Setelah Sholat Witir (pexels)
Relationship

Doa Salat Witir dan Artinya, Bisa dibaca Setelah Salat Witir

Nuraini
Senin, 15 Agustus 2022 - 20:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Doa salat witir merupakan salah satu yang penting untuk diketahui terutama bagi yang akan mendirikan sholat witir. Perlu diketahui bahwa sholat witir adalah sholat yang dilaksanakan pada malam hari dengan jumlah rakaat biasanya ganjil.

Kapan tepatnya waktu melaksanakan salat witir? Pelaksanaan salat witir bisa dilaksanakan malam hari setelah selesai sholat sunnah ataupun selepas salat isya, menjelang waktu subuh atau pertengahan malam. Ketentuan salat witir ini ada pada hadist Nabi, yang artinya;

“Dari setiap malam, Nabi Muhammad SAW pernah mengerjakan sholat witir pada permulaan malam, tengah malam, akhiran malam, dan berakhir pada waktu subuh.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Saat melaksanakan salat witir, kamu dianjurkan untuk membaca doa setelah salat witir. Lantas, apa lafadz doa tersebut? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Doa Witir Lengkap dengan Artinya

Setelah selesai mengerjakan salat witir kamu perlu membaca doa witir lengkap. Dengan demikian, ibadah salat sunnah tersebut semakin lengkap. 

Seperti yang kita ketahui, Allah sangat suka dengan hamba yang berdoa dan memohon hanya kepada-Nya. Berdoa menjadi bentuk kerendahan dari seorang hamba kepada Penciptanya. 

Memohon dan berdoa kepada Allah dapat dilakukan kapan saja termasuk setelah selesai sholat witir. Berikut merupakan doa witir dan artinya yang bisa kamu baca selepas menunaikan salat . 


اَللّٰهُمَّ إِنَّا نَسْـأَلُكَ اِيْمَانًا دَائِمًا، وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا، وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا، وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا، وَنَسْأَلُكَ عَمَلاً صَالِحًا، وَنَسْأَلُكَ دِيْنًاقَيِّمًا، وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا، وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ، وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ، وَنَسْأَلُكَ الْغِنَاءَ عَنِ النَّاسِ. اَللّٰهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلاَتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخُشُّعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا اَللهُ يَااَللهُ يَااَللهُ يَااَرْحَمَ الرَّحِمِيْنَ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ

Artinya: "Wahai Allah. Sesungguhnya kami memohon kepada-Mu iman yang tetap, kami memohon kepada-Mu hati yang khusyu', kami memohon kepada-Mu ilmu yang bermanfaat, kami memohon kepada-Mu keyakinan yang benar, kami memohon kepada-Mu amal yang shaleh, kami memohon kepada-Mu agama yang lurus, kami memohon kepada-Mu kebaikan yang banyak, kami memohon kepada-Mu ampunan dan afiat, kami memohon kepada-Mu kesehatan yang sempurna, kami memohon kepada-Mu syukur atas kesehatan, dan kami memohon kepada-Mu terkaya dari semua manusia. Wahai Allah, Tuhan kami. Terimalah dari kami shalat kami, puasa kami, shalat malam kami, kekhusyu'an kami, kerendahan hati kami, ibadah kami. Sempurnakanlah kelalaian atau kekurangan kami, Wahai Allah Wahai Allah Wahai Allah Wahai Dzat yang Paling Penyayang diantara para penyayang. Semoga rahmat Allah tercurahkan kepada sebaik-baiknya makhluk-Nya, Muhammad, keluarga dan sahabatnya semua, dan segala puji milik Allah, Tuhan semesta alam."

Salat witir hukumnya yaitu sunnah muakkad yang berarti sunnah yang dikerjakan oleh Rasulullah SAW dan termasuk sunah yang jarang ditinggalkan. Hal tersebut sesuai dengan hadist Nabi, seperti berikut ini. 

“Dari setiap malam, Nabi Muhammad SAW pernah mengerjakan sholat witir pada permulaan malam, tengah malam, akhiran malam, dan berakhir pada waktu subuh,” (HR. Bukhari dan Muslim).

Itulah doa salat witir yang bisa dibaca selepas menunaikan ibadah sholat witir sebagai pelengkap dari ibadah tersebut. Banyak keutamaan yang akan didapatkan oleh umat islam ketika menjalankan sholat sunah witir ini salah satunya sebagai penyempurna salat malam.

Selain membaca doa salat witir yang sudah disebutkan sebelumnya, kamu juga diperbolehkan untuk berdoa menggunakan Bahasa Indonesia, yang isinya bisa disesuaikan dengan kondisi dan keinginan masing-masing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro