Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Virus Polio Muncul Lagi di New York, Kenali Gejala dan Penyebabnya

Vaksin polio melindungi anak-anak dengan mempersiapkan tubuh mereka untuk melawan virus polio. Kenali gejalanya.
Alifian Asmaaysi
Alifian Asmaaysi - Bisnis.com 17 Agustus 2022  |  14:05 WIB
Virus Polio Muncul Lagi di New York, Kenali Gejala dan Penyebabnya
Ilustrasi-Vaksin polio bisa mencegah penyakit polio - Reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Otoritas Kesehatan Amerika melaporkan temuan virus polio yang terdapat dalam sebuah air limbah di kota New York. Untuk menekan kemungkinan meluasnya virus tersebut di kalangan masyarakat, penting untuk mewaspadai penyebab dan gejala penyakit polio

Pada Kamis (11/8/2022), Otoritas Kesehatan New York mengintensifkan kampanya terkait pentingnya vaksinasi polio bagi mereka yang belum mendapatkan imunisasi polio. 

Setelah kembali muncul usai hampir 1 dekade, kasus polio pertama kali ditemukan menjangkiti pasien asal Rockland pada 21 Juli 2022. 

Menanggapi situasi tersebut, Departemen Kesehatan New York dan Departemen Kesehatan New York Bagian mengatakan satu kasus penyakit yang dikonfirmasi yang ditemukan di negara bagian itu mungkin adalah "puncak gunung es" dari ancaman yang jauh lebih luas.

Artinya, terdapat kasus positif polio lainnya yang tidak terdeteksi, mengingat penyakit polio bisa saja muncul tanpa gejala.

“Departemen melihat satu kasus polio seperti puncak gunung es dari potensi penyebaran yang jauh lebih besar.” jelas Dr. Bassett dilansir dari The New York Times pada Rabu (17/8/2022).

Apa Penyebab Polio?

Polio disebabkan oleh virus polio. Penyakit ini sangat berisiko menjangkiti anak-anak yang berusia di bawah 5 tahun. Namun pada dasarnya, siapa pun yang tidak atau belum mendapatkan vaksinasi memiliki tingkat risiko yang cukup besar. 

Untuk diketahui, penyakit polio sangat menular. Penyakit ini biasanya menyebar dari orang ke orang ketika seseorang bersentuhan dengan kotoran orang yang terinfeksi dan kemudian menyentuh mulutnya.

Penyakit yang juga dikenal sebagai poliomyelitis ini dapat melumpuhkan dan bahkan mengancam jiwa jika tidak ditangani segera. Hingga saat ini, belum ada obat khusus bagi para pengidap polio.

Apa gejala yang muncul saat seseorang mengidap polio?

Kebanyakan orang  yang terinfeksi virus polio tidak memiliki gejala yang terlihat.

Dilansir dari Centers for Disease Control And Prevention (CDC) Sekitar  1 dari 4 orang  (atau 25 dari 100) dengan infeksi virus polio  akan memiliki gejala seperti flu ringan yang dapat meliputi:

• Sakit tenggorokan

• Demam

• Kelelahan

• Mual

• Sakit kepala

• Sakit perut


Gejala ini biasanya berlangsung 2 sampai 5 hari, kemudian hilang dengan sendirinya.

Sementara sebagian kecil orang  dengan infeksi virus polio  akan memiliki gejala lain yang lebih serius  yang dapat mempengaruhi otak dan sumsum tulang belakang, seperti:

• Meningitis  (infeksi pada penutup sumsum tulang belakang dan/atau otak) terjadi pada sekitar 1-5 dari 100 orang dengan infeksi virus polio, tergantung pada jenis virusnya.

• Kelumpuhan  (tidak dapat menggerakkan bagian tubuh) atau kelemahan pada lengan, kaki, atau keduanya terjadi pada sekitar 1 dari 200 orang hingga 1 dari 2000 orang, tergantung pada jenis virus

Kelumpuhan adalah gejala paling parah yang terkait dengan virus polio karena dapat menyebabkan cacat permanen dan kematian. Sebelum vaksin tersedia secara luas pada 1950-an, wabah polio menyebabkan lebih dari 15.000 kasus kelumpuhan per tahun. 

Cara Pencegahan Penyakit Polio

Ada dua jenis vaksin yang dapat mencegah polio:

• Vaksin virus polio tidak aktif (IPV) diberikan sebagai suntikan di kaki atau lengan, tergantung pada usia pasien. Hanya IPV yang telah digunakan di Amerika Serikat sejak tahun 2000.

• Vaksin virus polio oral (OPV) masih digunakan di sebagian besar dunia.

Vaksin polio melindungi anak-anak dengan mempersiapkan tubuh mereka untuk melawan virus polio. Hampir semua anak (lebih dari 99 persen) yang mendapatkan semua dosis yang direkomendasikan dari vaksin polio inaktif akan terlindungi dari polio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vaksin polio Gejala Penyakit
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top