Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ini Alasan Cinta Pertama Sulit Dilupakan

Tapi tahukah Anda apa sebenarnya mengapa kita sulit melupakan cinta pertama? Ini alasannya.
Mia Chitra Dinisari
Mia Chitra Dinisari - Bisnis.com 28 Agustus 2022  |  19:27 WIB
Ini Alasan Cinta Pertama Sulit Dilupakan
Ilustrasi pria mencintai wanita dengan sungguh-sungguh - PinkVilla
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Orang bilang cinta pertama seseorang itu tak akan pernah terlupakan seumur hidupnya.

Anggapan ini ada benarnya, karena umumnya ingatan soal cinta pertama akan selalu melekat di pikiran kita.

Tapi tahukah Anda apa sebenarnya mengapa kita sulit melupakan cinta pertama? Ini alasannya.

1. Menentukan standar hubungan selanjutnya

Orang ini mungkin belum tentu menjadi hubungan pertama Anda, tetapi mereka mungkin adalah hubungan pertama Anda yang nyata dan serius. Karena itu, mereka menetapkan standar untuk sisa hubungan Anda, dan Anda mungkin secara tidak sadar menemukan diri Anda membandingkan pasangan Anda saat ini dengan cinta pertama Anda dengan hubungan Anda selanjutnya.

2. Pengalaman pertama Anda jatuh cinta

Meskipun Anda mungkin sudah terbiasa dengan naksir, jatuh cinta untuk pertama kalinya adalah pengalaman yang sama sekali berbeda. Bahkan ketika Anda jatuh cinta, sulit untuk melupakan betapa naiknya perasaan itu. Ada euforia yang menyertainya.

3. Momen yang sederhana dan tidak direncanakan

Kebanyakan orang cukup muda, biasanya remaja, ketika mereka jatuh cinta untuk pertama kalinya. Jadi, cinta pertama Anda sangat berkesan karena itu adalah waktu yang jauh lebih sederhana dalam hidup Anda ketika yang perlu Anda khawatirkan hanyalah tes aljabar Anda dan apakah pacar Anda akan mengundang Anda ke pesta dansa.

Karena segala sesuatunya sangat sederhana dan tanpa beban dalam banyak hal, Anda dapat melihat ke belakang dengan penuh senyum hanya dengan memikirkannya saja.

4. Pengalaman patah hati pertama

Perpisahan tidak pernah mudah, tetapi tidak ada yang menyakitkan seperti cinta pertama Anda. Sekali lagi, karena Anda tidak pernah merasa seperti itu sebelumnya. Setiap patah hati memang menyakitkan, tetapi patah hati di cinta pertama itu lebih sulit untuk dilupakan.

5. Hanya ada satu cinta pertama dalam hidup Anda

Anda bisa jatuh cinta puluhan kali, tetapi Anda hanya akan memiliki satu cinta pertama. Jadi, cinta ini lebih berkesan daripada yang lain karena mereka memperkenalkan Anda pada begitu banyak perasaan dan pengalaman baru dalam hidup. Tidak ada yang akan pernah bisa mengambil itu dari Anda tidak peduli dengan siapa lagi Anda akhirnya.

6. Cinta pertama bisa mengubah Anda

Cinta benar-benar mengubah Anda selamanya. Menurut Cambridge Brain Sciences, bagaimana fungsi otak Anda berubah ketika Anda jatuh cinta. Bahkan jika Anda putus atau putus cinta, otak Anda tidak pernah kembali seperti semula. Jadi, pengalaman cinta awal itu akan selalu menjadi kenangan karena pada dasarnya itu adalah bagian penting dari siapa Anda.

7. Terjadi di momen ketika ingatan Anda sangat kuat

Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa orang masih mengingat tahun-tahun sekolah menengah setelah lulus dan sepertinya mengingat detail kecil seperti yang terjadi kemarin? Ternyata ingatan terkuat kita dibuat antara usia 10 hingga 30 tahun. Jadi, mengingat kebanyakan orang jatuh cinta untuk pertama kalinya dalam tahun-tahun itu, masuk akal mengapa hubungan itu melekat pada Anda.

8. Awal tonggak sejarah percintaan Anda

Tonggak sejarah dan ritus peralihan adalah masalah besar. Dan jatuh cinta adalah tonggak utama. Cinta pertama Anda juga datang dengan pengalaman pertama lainnya seperti hubungan serius pertama Anda. Jadi Anda tidak bisa melupakan cinta pertama Anda ketika mereka menjadi bagian dari begitu banyak momen penting dalam hidup Anda.

9. Biasanya murni

Ketika kita masih muda, kita biasanya cenderung berkencan hanya karena kita menyukai seseorang. Ketika Anda bertambah tua, Anda harus mempertimbangkan apakah itu sesuai dengan rencana hidup Anda atau apakah mereka memiliki beban yang tidak ingin Anda bawa.

Hubungan pertama ini begitu istimewa dalam arti bahwa tidak ada keuntungan darinya dan Anda tidak memiliki motif tersembunyi pada saat itu. 

10. Pertama kali Anda mencintai sangat dalam

Dicintai oleh pasangan dan dicintai oleh keluarga tidaklah sama. Bagaimanapun, keluarga kami mencintai kami karena kami adalah keluarga, jadi itu tanpa syarat. Cinta romantis lebih dari sekadar nafsu dan kegilaan; itu lebih lembut dan nyata. Jadi, pertama kali seseorang benar-benar sangat peduli sulit untuk dilupakan karena saat itulah seseorang akhirnya melihatmu dan tetap jatuh cinta padamu.

11. Tanda pertumbuhan Anda

Kebanyakan orang cukup muda ketika mereka jatuh cinta untuk pertama kalinya, jadi ini adalah langkah maju yang cukup besar. Anda mungkin melihat ke belakang dan berpikir itu semua tidak dewasa dan kekanak-kanakan, tetapi pada saat itu, itu adalah hal paling dewasa yang pernah Anda lakukan, yang membuatnya sulit untuk dilupakan. Setelah jatuh cinta untuk pertama kalinya, hubungan Anda selanjutnya akan lebih matang. Lewatlah sudah hari-hari berpegangan tangan dengan seorang anak laki-laki selama tiga minggu dan putus karena SMS.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

cinta tips cinta jatuh cinta Kata-kata Cinta
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top