Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jangan Keliru, Ini Perbedaan Lemak Baik dan Lemak Jahat

Jangan memasak ikan dengan cara digoreng, ini bisa menyebabkan lemak jahat. Simak perbedaan lemak baik dan jahat.
Widya islamiati
Widya islamiati - Bisnis.com 14 September 2022  |  08:52 WIB
Jangan Keliru, Ini Perbedaan Lemak Baik dan Lemak Jahat
Ilustrasi - fitnessformen.co.id
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lemak, salah satu kandungan yang sering dihindari para pelaku diet dalam memilih makanan. Hal ini dilakukan sebab lemak bisa menghancurkan program diet. Namun, tidak semua lemak itu tidak dibutuhkan tubuh. Karena dalam jumlah tertentu lemak dibutuhkan tubuh untuk menjadi cadangan energi serta melindungi organ tubuh.

Selain itu, lemak dalam porsi yang cukup juga bisa menjaga kesehatan kulit, rambut, melarutkan vitamin A, D, E, dan K, membantu proses metabolisme tubuh serta menjaga suhu tubuh. Satu gram lemak bisa menghasilkan sekitar 90 kalori.

Kebutuhan kalori harus dipenuhi oleh lemak sekitar 20 persen hingga 30 persen. Tidak boleh melebih 35 persen jumlah kebutuhan kalori. Jika berlebih akan menimbulkan sederet kondisi kesehatan yang tidak diinginkan. Lemak terbagi menjadi dua, lemak jahat dan lemak baik.

Berikut perbedaan lemak jahat dan lemak baik:

1. Lemak baik untuk memelihara kesehatan jantung, lemak jahat sebabkan penyakit jantung

Lemak baik adalah yang mengandung asam omega 3. Fungsinya untuk merawat kesehatan jantung, menurunkan tekanan darah serta mencegah timbulnya penyakit jantung koroner. Sedangkan lemak jahat yang berlebih bisa membuat kadar kolesterol total serta kadar kolesterol LDL dalam darah meningkat. Ini akan menimbulkan penyakit jantung, tekanan darah tinggi serta menjadi pemicu diabetes.

2. Sumber lemak baik dan jahat berbeda

Lemak baik terdapat pada kacang-kacangan, kenari, ikan salmon, dan alpukat. Sementara lemak jahat terdapat pada daging, jeroan serta makanan yang digoreng. Jadi meskipun menggunakan bahan masakan tanpa minim lemak, tetapi jika melalui proses penggorengan, minyak jahat bisa terkandung di makanan tersebut.

3. Lemak baik terdiri dari lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal

Lemak baik terdiri dari lemak tak jenuh ganda dan lemak tak jenuh tunggal. Lemak tak jenuh ganda biasanya bersumber dari minyak nabati, salah satunya asam lemak omega tiga dari ikan salmon, ikan trout, ikan lele dan ikan mackerel.

Manfaat lemak tak jenuh ganda adalah untuk menurunkan kadar kolesterol darah serta trigliserida, lalu manfaat asam omega 3 yang berguna untuk kesehatan jantung. Ajaibnya lemak tak jenuh ganda dianjurkan oleh American Heart Association untuk dimakan sebanyak dua porsi selama seminggu.

Catatannya, jangan mengolah ikan dengan lemak tak jenuh ganda ini dengan cara digoreng!

Sama seperti lemak tak jenuh ganda, lemak tak jenuh baik juga bagus untuk kesehatan jantung, yaitu bisa mencegah penyakit jantung datang. Sumber dari lemak tak jenuh tunggal berupa minyak zaitun, alpukat, kacang-kacangan, biji wijen, biji labu, serta kanola.

Lemak tak jenuh tunggal ini biasanya juga merupakan sumber antioksidan dan vitamin E yang baik untuk tubuh.

Lemak jahat terbagi menjadi lemak jenuh dan lemak trans

Lemak jahat terdiri dari lemak jenuh dan lemak trans, kedua jenis lemak ini bisa meningkatkan kadar kolesterol dalam darah, menyumbat arteri serta meningkatkan risiko penyakit jantung.

Lemak jenuh biasanya bersumber dari makanan yang berasal dari hewan, seperti daging, susu tinggi lemak, kulit unggas juga telur. American Heart Association hanya mengizinkan mengonsumsi lemak jahat sebanyak 7 persen dari total kebutuhan kalori.

Lalu lemak trans yang terdiri dari lemak trans alami yang bersumber dari susu serta daging dalam jumlah kecil, lalu lemak trans buatan seperti minyak cair yang terhidrogenasi sebagian. Lemak ini dapat meningkatkan kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL). American Heart Association hanya mengizinkan mengonsumsi makanan dengan lematlk trans sebanyak kurang dari dua garam per hari.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

lemak kesehatan tubuh langsing
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top