Pekerja melakukan perbaikan jaringan kabel listrik di Cawas, Klaten, Jawa Tengah, Rabu (12/7)./ANTARA-Aloysius Jarot Nugroho
Relationship

Daya 450 VA Dihapus, Ini Cara Menghemat Listrik Agar Tagihan Tidak Membengkak!

Widya Islamiati
Jumat, 16 September 2022 - 22:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kebijakan penghapusan listrik berdaya 450 Volt Ampere (VA) oleh Pemerintah bersama dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI memunculkan pro dan kontra di kalangan masyarakat.

Hal ini dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang menggunakan listrik dengan jumlah daya tersebut.

Pemerintah memutuskan untuk mengalihkan penggunaan listrik daya 450 VA menjadi 900 VA dan pengguna listrik daya 900 VA beralih daya menjadi 1200 VA. Meskipun dialihkan menjadi lebih besar, masih ada cara bisa dilakukan agar tagihan listrik tidak membengkak.

Berikut ini cara cerdas menghemat penggunaan listrik!

Tingkatkan sirkulasi udara rumah

Memanfaatkan jendela sebagai penerangan dan sumber angin di siang hari bisa menjadi salah satu solusi penghematan penggunaan listrik.

Mengapa? Karena jika sirkulasi udara di rumah terjaga dengan baik, dengan adanya jendela yang terbuka, penggunaan kipas angin ataupun AC akan menjadi lebih sedikit. Lalu, penerangan pun tidak lagi membutuhkan lampu yang terus menyala 24 jam setiap harinya.

Matikan lampu saat tidak dibutuhkan dan beralih pada lampu LED

Salah satu cara cerdas menghemat tagihan listrik adalah dengan menggunakan lampu Light Emitting Diode (LED). Meskipun relatif lebih mahal dari lampu pijar biasa, tetapi lampu LED bisa membantu menghemat listrik.

Hal ini dikarenakan lampu pijar hanya mengubah 10% energi yang digunakan menjadi cahaya, sisanya justru menghilang menjadi panas.

Membeli peralatan rumah yang hemat energi

Banyak peralatan rumah tangga yang menawarkan produknya adalah produk hemat energi. Membeli peralatan rumah tangga dengan model demikian dapat membantu menghemat penggunaan listrik.

Gunakan kabel standar

Untuk menghemat penggunaan listrik, gunakan kabel standar menurut Peraturan Umum Instalasi Listrik (PIUL). Untuk rumah tinggal dengan daya listrik 900 VA dan 1300 VA, kabel tunggal yang digunakan harus berukuran 1,5 mm hingga 2,5 mm.

Hindari pengaturan suhu AC yang terlalu rendah

Semakin rendah pengaturan suhu AC, semakin tinggi pula daya yang digunakan. Hal ini dikarenakan daya yang dipakai kompresor akan semakin banyak, akibat lamanya thermistor sebagai sensor mengirimkan suhu ke kompresor AC.

Saran terbaik suhu untuk rumah tinggal berkisar antara 24 hingga 25 derajat celcius.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro