Pekerja menyelesaikan pembuatan tahu di Jakarta, Selasa (14/6/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani
Health

Ini 6 Makanan yang Mengandung Albumin, Bisa Cegah Hipoalbuminemia 

Widya Islamiati
Selasa, 4 Oktober 2022 - 13:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Albumin adalah protein dalam darah berguna untuk membentuk sebagian besar plasma darah, menjaga tekanan dalam pembuluh darah serta mengangkut hormon maupun obat.  Plasma sendiri merupakan bagian cair dari darah yang menampung protein serta sel cair darah. 

Mengutip Medicalnewestoday, kekurangan albumin disebut hipoalbuminemia, kondisi saat kadar albumin dalam darah sangat rendah. Ini bisa disebabkan oleh berbagai kondisi seperti, gagal hati, gagal jantung, kerusakan ginjal dan beberapa kondisi lain.

Hipoalbuminemia bisa menyebabkan berbagai kondisi serius, seperti sepsis, lupus, hipotiroidisme ataupun diabetes. 

Cara untuk menjaga agar kadar albumin dalam darah tidak berkurang adalah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung albumin.

Berikut ini makanan yang mengandung albumin berdasarkan beberapa sumber:

1. Daging tanpa lemak

Daging merah merupakan salah satu sumber protein yang baik. Salah satu produknya adalah burger. Burger biasanya terbuat dari daging kalkun ataupun daging sapi tanpa lemak, keduanya merupakan protein serta zat besi yang bisa mencegah anemia.

Dalam 3 ons daging burger setidaknya mengandung 21 gram protein berkualitas baik.

2. Susu dan produk susu

Susu juga merupakan sumber protein hewani yang baik. Hal ini termasuk olahannya, yogurt dan keju. Dalam secangkir yogurt, setidaknya mengandung 22 gram protein.

3. Telur 

Putih telur merupakan sumber albumin yang baik. Pasalnya 100% putih telur merupakan albumin dengan kualitas yang baik. Dua buah telur yang diambil putihnya saja menyediakan 7,2 gram protein murni.

4. Ikan

Beberapa jenis ikan seperti ikan salmon, ikan trout serta ikan mackerel dan udang adalah sumber protein yang baik. Dalam 3 ons ikan yang dimasak  bisa mengandung 15 hingga 21 gram protein.

5. Ayam

Daging ayam mengandung protein yang cukup tinggi, yaitu sekitar 14 hingga 28 gram. Daging ayam segar dan olahannya juga mengandung natrium dan fosfor.

6. Tahu

Siapa sangka, tahu juga merupakan sumber protein nabati karena terbuat dari kedelai. Kandungan proteinnya bahkan disebut setara dengan sumber protein hewani seperti daging, unggas ataupun ikan. Dalam setengah cangkir tahu setidaknya mengandung 7 hingga 13 gram protein.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro