Ginjal/wikybrew.com
Health

Apa Itu Penyakit Albuminuria, dan Apa Saja Gejalanya

Widya Islamiati
Jumat, 9 September 2022 - 10:24
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Pernahkah mendengar penyakit albuminuria? Albuminuria yang biasa juga disebut proteinuria adalah penyakit saat urin mengandung protein albumin yang banyak.

Protein ini merupakan protein utama yang terdapat dalam darah manusia. Itulah mengapa penyakit ini disebut juga dengan proteinuria.

Berikut gejala, penyebab serta cara mencegah albuminuria berdasarkan rsupsoedradji.id dan Iclinic.

Bagaimana gejala albuminuria?

Gejala yang dialami oleh orang dengan albuminuria biasanya meliputi intensitas buang air kecil yang meningkat, sesak napas, mual dan muntah, nafsu makan berkurang, merasa kelelahan serta merasakan kram otot pada malam hari.

Selain itu, urin penderita albuminuria juga berbusa atau berbuih, mengalami pembengkakan di area wajah, perut, kaki serta pergelangan tangan. Lalu pada pagi hari akan mengalami bengkak sekitar area mata.

Apa penyebab albuminuria?

Penyakit ini disebabkan oleh kerusakan pada ginjal, sehingga bisa membuat protein masuk ke dalam urin. Hal ini terjadi saat glomerulus gagal menyaring limbah serta kelebihan air dalam darah.

Selain itu, ada beberapa kondisi yang menyebabkan peningkatan kadar albumin dalan urin, diantaranya:

  • Penyakit ginjal seperti glomerulonefritis, kista dalam ginjal, infeksi ginjal serta sindrom nefrotik.
  • Kondisi kesehatan seperti diabetes, tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, pre-eklampsia, penyakit kardiovaskular, hemolisis intravaskular, kanker sel plasma, terlalu banyak mengonsumsi alkohol, juga obesitas atau kegemukan.
  • Gangguan kekebalan tubuh seperti lupus dan sindrom goodpasture.
  • Penyebab lain seperti genetik, penuaan, ras tertentu seperti Afrika, Amerika, Indian Amerika, Asia serta Hispanik.
  • Kadar albumin juga bisa meningkat akibat kondisi sementara seperti aktivitas fisik yang berat, demam, stres emosional, terapi aspirin, infeksi, perubahan postur ataupun kekurangan asupan air putih yang cukup.
  • Penyebab utama penyakit albuminuria umumnya adalah diabetes, yaitu saat tingginya kadar glukosa dalam darah selama bertahun-tahun.

Bagaimana mencegah albuminuria?

Albuminuria termasuk penyakit genetik yang bisa diturunkan orang tua kepada anaknya. Maka cara mencegah albuminuria untuk orang dengan keluarga yang riwayat penyakit ginjal, harus menjaga berat badannya agar tetap seimbang, menghindari kebiasaan merokok ataupun mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak.

Untuk penderita diabetes dan tekanan darah tinggi, harus dengan sadar menjaga tekanan serta nilai gula yang terkandung dalam makanan. Selain itu, menerapkan gaya hidup sehat dengan tidak mengonsumsi makanan yang mengandung natrium dan garam yang tinggi juga bisa memelihara kesehatan ginjal. Lalu, saran yang paling sederhana untuk mencegah penyakit ginjal adalah, meminum air putih yang cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro