Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses, Cuma Modal HP

Ada berbagai macam cara menjadi youtuber yang mungkin bisa kamu coba.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 09 November 2022  |  17:44 WIB
Cara Menjadi Youtuber Pemula yang Sukses, Cuma Modal HP
Tips menjadi youtuber - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Youtube semakin dipenuhi dengan berbagai konten yang mengunggah berbagai video kreatif sehingga memiliki banyak penonton dan subscribers. Hal tersebut membuat video mereka dapat dimonetisasikan dan menghasilkan uang. Maka dari itu, saat ini banyak orang yang mencari bagaimana cara menjadi youtuber

Hal ini lah yang menjadi daya Tarik Sebagian orang untuk mulai mencoba terjun di industri kreatif dengan menjadi youtuber dan mengunggah konten-konten informatif dan menghibur. Untuk membuat video youtube tentunya setiap youtuber membutuhkan kamera yang canggih dengan kualitas yang terbaik. Namun untuk Sebagian para pemula, kamu bisa mencoba membuat konten video hanya dengan bermodalkan HP saja. 

Inilah beberapa cara menjadi youtuber yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

Cara Menjadi Youtuber Untuk Pemula

1. Pilih kategori yang kamu inginkan 
Orang biasa mungkin hanya tahu sukses menjadi youtuber dengan terkenal dan memiliki penghasilan yang melimpah. Setidaknya ada tiga jenis kesuksesan yang bisa diraih dengan menjadi youtuber. 

Pertama, jumlah pelanggan atau subscriber. Tentu saja kamu harus menyediakan konten yang menarik untuk semua pengguna youtube agar menekan tombol subscribe pada akun youtuber kamu. Kedua, ketertarikan atau engagement. Kategori ini berhubungan dengan jumlah likes, komentar dan bagikan atau share yang kamu miliki. 

Ketiga, monetisasi. Kategori ini berhubungan dengan penghasilan yang akan didapatkan sebagai seorang youtuber professional. Tentu saja jumlah penghasilan setiap youtuber akan berbeda-beda. Tergantung pada kualitas video , jumlah penonton dan aspek lain yang menjadi pertimbangannya. 

2. Buat target 
Tidak ada salahnya membuat target untuk akun youtube yang kamu Kelola. Targetnya tentu saja bisa beragam, mulai dari viewers, subscribers, atau lainnya yang bisa membuat akun youtube kamu semakin besar. 

3. Sesuaikan topik dengan kemampuan kamu 
Topik merupakan hal yang sangat penting dalam membuat akun youtube. Pastikan memilih topik yang kamu kuasai. Hal ini akan mempermudah kamu dalam menyampaikan informasi. Beberapa contohnya seperti musik, game, fashion hingga kuliner. 

4. Membangun karakter 
Karakter atau ciri khas menjadi salah satu youtuber yang sukses. Ciri khas yang bisa kamu tonjolkan seperti cara berbicara, tagline menarik hingga penampilan yang menarik. Bangunlah karakter yang sesuai dengan jati diri kamu.

5. Buat konten yang menarik 
Konten menarik dibangun dengan beberapa persiapan, mulai dari memikirkan ide, persiapan perlengkapan, teknis pembuatan video, proses produksi, editing hingga tahapan mengunggah video ke kanal youtube. 

6. Promosi 
Promosi menjadi hal yang tidak kalah penting. Memanfaatkan social media untuk membangun akun youtube kamu. Kamu bisa menggunakan semua sosial media promosi agar channel kamu semakin banyak dikunjungi orang. 

7. Konsisten 
Untuk menjadi youtuber besar dan dikenal semua orang, kamu harus konsisten menyajikan konten yang menarik dan berkualitas dari waktu ke waktu. Tentu saja hal ini tidaklah mudah. Namun, dengan komitmen yang kuat, kamu pasti bisa menjadi youtuber. 

Cara Menjadi Youtuber dengan Bermodal HP

1. Membuat ide dengan konten menarik 
Sebelum melakukan take video, kamu harus merumuskan ide konten video apa yang akan kamu buat. Kamu bisa menjadi referensi dan riset ide konten video youtube di berbagai platform maupun membuat channel youtube yang disesuaikan dengan ide yang kamu inginkan sendiri. 

2. Pilih tempat untuk take video 
Jika kamu ingin merekam video di rumah saja, maka kamu bisa memilih ruangan yang tepat seperti minimnya terjadi kebisingan, pencahayaan yang ideal, dan terdapat background video yang tepat. Beberapa hal inilah yang nantinya juga akan menentukan kualitas video yang dihasilkan. 

3. Gunakan beberapa alat untuk merekam video 
Meskipun kamu menggunakan HP sebagai alat utama untuk perekaman, jika memungkinkan lengkapi juga dengan berbagai alat pendukung untuk membuat konten video seperti mikrofon, lighting, dan tripod. 

Mikrofon akan membantu audio video kamu menjadi lebih jernih dan jelas sehingga menghasilkan kualitas suara yang baik. Lighting tentu untuk mendukung pencahayaan ruangan agar pengambilan video lebih baik. Sedangkan tripod untuk membantu menopang bodi HP agar hasil video mendapatkan angle yang bagus. Selain itu, tripod juga berguna agar perekaman video menjadi lebih stabil. 

4. Mengedit video dengan aplikasi terbaik 
Dengan mengedit video dapat menggunakan berbagai software yang dibutuhkan. Jika kamu akan mengedit video menggunakan HP maka kamu bisa memilih aplikasi edit video yang memiliki beberapa tools cukup lengkap. 

Beberapa aplikasi edit video yang tersedia di beberapa toko aplikasi, seperti Play Store atau App Store. Di antaranya adalah Inshot, Adobe Premier Rush, Kinemaster dan lain-lain. 

5. Unggah video ke youtube
Buatlah judul yang menarik dan mengandung keyword sasaran. 
Buat Thumbnail dengan desain kreatif yang mengunggah penonton agar mengklik video kamu, untuk membuat Thumbnail creator konten dapat memanfaatkan berbagai platform desain grafis seperti canva. 
Lengkapi dengan deskripsi video secara lengkap. Usahakan tetap optimasi SEO dalam mengunggah video youtube.

6. Cara unggah hasil video dari HP

  1. Buka akun youtube kamu.
  2. Klik ikon “+” yang berada di bawah tengah.
  3. Pilih “upload video”.
  4. Pilih file video yang akan kamu upload.
  5. Kamu akan masuk ke jendela untuk sedikit mengedit video tulis Deskripsi video yang akan kamu upload seperti judul video, deskripsi atau menambahkan ke playlist.
  6. Klik “Next” kemudian tentukan penonton video kamu klik “upload” di pojok kanan atas selesai, video kamu kini sudah terupload. 

Itulah beberapa cara untuk menjadi youtuber untuk pemula dan hanya menggunakan HP saja. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

youtube youtuber tips sukses video Tips Kerja aplikasi
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top