Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Penting! Ini 10 Tips Menjaga Kesehatan Mental

Pola makan yang buruk dan pola makan yang tidak sehat dapat memengaruhi kesehatan fisik dan mental manusia.
Ileny Rizky
Ileny Rizky - Bisnis.com 28 November 2022  |  14:33 WIB
Penting! Ini 10 Tips Menjaga Kesehatan Mental
Ilustrasi perempuan menjaga kesehatan mental dengan berolahraga - Freepik.com
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menjaga kesehatan mental tidak kalah pentingnya dengan menjaga kesehatan fisik. Kedua hal ini menjadi sesuatu yang berkesinambungan, jadi tidak boleh diabaikan salah satunya.

Sebuah studi menyimpulkan bahwasannya kesehatan mental itu dapat memengaruhi cara manusia berpikir, merasa, serta bertindak. Dengan begitu, menjaga kesehatan mental itu menjadi hal yang sangat penting.

Berikut 10 tips untuk membantu Anda meningkatkan kesehatan mental:

1. Perhatikan konsumsi makanan

Hal mendasar yang perlu dilakukan untuk menjaga kesehatan mental adalah dengan memperhatikan asupan makanan.

Pastikan untuk mengonsumsi makanan yang memiliki gizi dan vitamin yang seimbang. Kurangi alkohol dan obat-obatan. Mengingat, semakin banyak penelitian yang menghubungkan pola makan dengan kesejahteraan mental seseorang.

Pola makan yang buruk dan pola makan yang tidak sehat dapat memengaruhi kesehatan fisik manusia.

Dengan mengonsumsi makanan sehat dan seimbang yang mengandung lemak, serat, dan nutrisi, maka akan membantu mengelola tingkat stres dan kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, berdampak positif pada kemampuan berkonsentrasi, dan membantu Anda merasa lebih baik secara umum. 

Kunci lain untuk meningkatkan kesehatan mental Anda adalah dengan mengurangi  konsumsi alkohol secara berlebihan. Lebih baik jika menghindarinya. Sebab, zat ini dapat memengaruhi perasaan dan cara kerja otak, merusak kemampuan berpikir, merasakan, mencipta, dan bahkan menyebabkan manusia sulit dalam membuat keputusan.

2. Tidur yang cukup

Tidur dikaitkan dengan berbagai konsekuensi yang berhubungan dengan kesehatan, baik fisik maupun mental manusia. Selain itu, beberapa masalah psikologis atau kejiwaan juga dapat menyebabkan gangguan tidur.

Kemudian kurang tidur juga dapat mengakibatkan depresi, stres, dan kecemasan. Tidur yang cukup setiap malam dan tidur lebih awal merupakan strategi yang tepat agar manusia dapat menjalani hidup yang sehat dan bahagia.

3. Gaya hidup aktif

Memiliki gaya hidup aktif dengan diiringi olahraga, jalan-jalan, yoga, pergi ke gym, atau berlari diyakini dapat membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan.

Meskipun demikian, menerapkan gaya hidup aktif dan berolahraga tidak selalu mudah bagi semua orang. Jika Anda mengalami kesulitan, cobalah untuk memotivasi diri sendiri dengan berjalan-jalan bersama teman atau berjalan sembari mendengarkan musik/podcast favorit.

4. Batasi penggunaan teknologi

Cobalah untuk mengurangi jumlah penggunaan teknologi dan konsumsi media di setiap harinya. Secara tidak sadar, manusia seringkali menjadi kecanduan media sosial, ponsel atau perangkat lainnya.

Membatasi atau mengurangi penggunaan teknologi tidak sebuah yang dibayangkan.

Namun, bertekadlah untuk bisa melakukannya. Sebab, Dampak penggunaan media sosial yang berlebihan dan berkepanjangan, serta konsumsi berita yang berlebihan dapat berdampak negatif terhadap kesehatan mental Anda.

Tidak perlu menghentikan secara sepenuhnya dalam satu waktu. Namun mulailah mencoba memberi batasan kapan waktu istirahat menggunakannya. Sebagai contoh, jauhkan ponsel dari kamar tidur.

Jangan gunakan ponsel setengah jam sebelum tidur atau selama setengah jam pertama setelah bangun tidur.

Kemudian letakkan gadget di atas meja lain selama waktu makan, sisihkan di tempat yang sulit untuk dijangkau. Coba tantang diri Anda dengan menjalani satu hari tanpa mengecek media sosial.

5. Fokus pada orang di sekitar kita

Cobalah untuk dapat terhubung dan bersosialisasi kembali dengan kerabat dan beberapa orang yang pernah dekat dengan Anda.

Sebuah studi menyimpulkan bahwa dengan berhubungan dengan orang lain, ini merupakan bagian penting dari menjalani kehidupan yang seimbang. 

Bersosialisasi dengan kerabat yang kita senangi akan membantu meningkatkan energi pada tubuh. Selain itu, ini bermanfaat untuk mencegah kesepian dan perasaan negatif.

6. Lakukan hal yang menyenangkan

Bersenang-senang dapat membantu mengurangi stres dan memfokuskan pikiran pada sesuatu yang membuat kita memperoleh rasa yang begitu bahagia. Lakukan sejumlah aktivitas yang dapat memberikan kebahagiaan yang tak terduga.

7. Mempelajari hal baru

Tetapkan diri dengan beberapa hal dan tantangan baru yang mengasyikkan dan menyenangkan.

Mempelajari sesuatu yang baru adalah stimulan positif yang akan membantu meningkatkan kesehatan mental. Pastikan hal yang nantinya akan dilakukan adalah sesuatu yang memang sudah sangat ingin dilakukan, tetapi belum juga memiliki kesempatan untuk mencoba sebelumnya. 

8. Lakukan latihan kesehatan mental

Latihan kecil dapat membuat perbedaan yang besar.  Pilih satu atau dua aktivitas latihan kesehatan mental yang menarik bagi Anda. Kemudian jadwalkan secara teratur dan lakukan dengan konsisten.

Beberapa contoh latihan kesehatan mental:

– Meditasi

Dari mindfulness hingga latihan pernapasan lambat, meditasi bisa sangat berdampak.

– Jurnal

Menuliskan perasaan dan pikiran di atas kertas dapat membantu menenangkan pikiran, menjernihkan pikiran, dan membantu Anda menjadi  merasa lebih baik.

- Peregangan

Peregangan secara fisik dapat membantu meningkatkan cara Anda merasa dan berpikir.

– Tertawa

Terlibat dalam beberapa jenis aktivitas yang membuat Anda tertawa secara aktif dapat meningkatkan perasaan Anda.

– Menari atau mendengarkan musik

Menari dan mendengarkan musik yang membangkitkan semangat adalah cara terbaik untuk membantu meningkatkan kesehatan mental.

9. Berjemur  matahari pagi

Mendapatkan paparan sinar matahari akan meningkatkan kadar serotonin, hormon yang dapat membantu meningkatkan mood. 

Selain itu, serotonin mampu meningkatkan perasaan tenang dan meningkatkan kefokusan. Habiskan waktu di luar secara teratur dan nikmatlah  sinar matahari pagi untuk membantu mengurangi depresi, stres, dan kecemasan.

10. Mintalah bantuan kerabat atau profesional jika membutuhkannya

Tidak ada salahnya untuk mendapatkan bantuan untuk kesehatan mental dan kesejahteraan Anda. Apakah Anda hanya ingin curhat pada teman tepercaya atau merasa perlu menggunakan layanan profesional.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan mental tidur tips sehat kesehatan
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top