Cara cek dokter KKI/Freepik
Health

Cara Cek Dokter KKI Secara Online, Agar Tahu Asli atau Palsu

Hana Fathina
Rabu, 30 November 2022 - 15:15
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) merupakan sebuah konsil resmi milik salah satu profesi tenaga kerja kesehatan di Indonesia yaitu Dokter. Semua dokter yang melakukan pelayanan Kesehatan sebagai praktek wajib terdaftar di KKI. 

Salah satu tujuan dibentuknya KKI adalah sebagai alat pengawasan dan kontrol terhadap dokter dalam menjalankan praktik kepada masyarakat. Lewat aplikasi KKI, dokter tersebut harus memiliki surat tanda registrasi atau STR dokter. Baik itu dokter di praktek mandiri, dokter BPJS, klinik umum, puskesmas, rumah sakit ataupun layanan Kesehatan lainnya. 

Karena aplikasi tersebut, baik pasien atau masyarakat biasa dalam mengecek sendiri. Apakah dokter tersebut di tempat berobat, seorang dokter asli atau ternyata dokter palsu gadungan yang tidak akan tervalidasi diakui oleh KKI 

Berikut ini adalah beberapa hal tentang cek dokter KKI yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Cara cek STR dokter 

  • Kunjungi website KKI 
    Buka laman resmi KKI di http://www.kki.go.id/ atau aplikasi cek dokter di KKI. Lalu klik “cek dokter” di menu utama. 
  • Isi data diri dokter
    Isi nama dokter yang ingin di cek dan jangan lupa memasukkan CAPTCHA. Kamu bisa memasukkan nama penggalan dokter tersebut atau nama lengkapnya. Kemudian, klik “cari”. 
  • Cari data dokter di daftar dokter
    Kemudian, nanti akan muncul daftar dokter yang sudah kamu ketik sebelumnya. Cari dokter yang ingin kamu cek, kemudian klik Namanya. 
  • Hasil pengecekan 
    Data diri dokter yang bersangkutan akan muncul. Kamu juga bisa cek STR dokter KKI tersebut yang menyatakan jika sudah terdaftar di KKI. 

2. Cara cek SIP dokter

  • Aplikasi cek dokter 
    Tidak mudah untuk memperoleh Izin Praktek Peraturan mengurus izin praktek dokter atau klinik. Jika ada seseorang yang ingin mengurus izin, ada banyak hal yang harus dipersiapkan seperti surat rekomendasi dari IDI dan survey dari suku dinas. Jika semuanya sesuai dengan persyaratan, baru izin akan diberikan.
    Untuk mendapatkan rekomendasi IDI, seorang dokter harus bisa menunjukkan ijazah dokter (copy dilegalisir) dan surat lulus dari kolegium serta sertifikat dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dan persyaratan umum lainnya. 
    Cara lainnya adalah melihat nama di papan nama dokter. Setiap dokter yang praktek harus memiliki nomor Surat Izin Praktik (SIP). Kamu bisa cari papan nama dokter tersebut. 
  • Menggunakan internet 
    Jika kita memiliki akses internet dan Notebook atau PC, sebenarnya cukup mudah yaitu dengan mengunjungi website resmi dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Kamu bisa mengunjungi www.kki.go.id/cekdokter/form, kemudian masukkan nama dokter dan kode verifikasi (akan muncul secara otomatis). 

3. Cek status dokter IDI

  • Masuk ke halaman utama IDI dengan mengakses website resmi . 
  • Pada halaman utama, klik kolom ‘Tentang IDI’ dan pilih daftar anggota. 
  • Masukkan nama dokter yang akan dicari. 
  • Jika terdaftar sebagai anggota IDI, maka akan terlihat jelas keterangan beserta fotonya. 

Itulah beberapa cara cek status dokter yang kamu perlu ketahui.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro