Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

6 Manfaat Kayu Secang yang Jarang Diketahui

Kayu secang, tanaman sejenis kacang polong yang kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh.
Widya Islamiati
Widya Islamiati - Bisnis.com 30 November 2022  |  18:29 WIB
6 Manfaat Kayu Secang yang Jarang Diketahui
Kayu secang
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kayu secang atau sappan wood merupakan pohon sejenis kacang polong yang tumbuh di beberapa negara seperti India, Thailand, Maladewa, Myanmar serta China Selatan. Di Indonesia, tanaman ini merupakan hasil budidaya yang kemudian dinaturalisasi.

Tanaman ini dipercaya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Hal ini lantaran tanaman ini memiliki sifat antioksidan dan antiinflamasi. Sehingga tidak heran jika tanaman ini disebut sebagai tanaman obat.

Berikut berbagai manfaat kayu secang berdasarkan beberapa sumber:

Membantu perlindungan jantung dan pembuluh darah

Tanaman secang yang memiliki nama ilmiah Caesalpinia secang, dengan sifat antioksidan dan antiinflamasi yang dapat memberikan efek perlindungan pada sistem jantung serta pembuluh darah. 

Membantu menghambat bakteri penyebab infeksi kulit

Selain memiliki efek perlindungan pada jantung, kayu secang juga bermanfaat untuk mencegah infeksi kulit, keracunan makanan, dan infeksi sendi. Cara kerjanya dengan menghambat bakteri Staphylococcus aureus yang resisten methicillin.

Hal ini lantaran, kayu secang memiliki sifat antimikroba. Cara mendapatkan manfaat ini bisa dengan cara merebus kayu secang, dan memanfaatkan air rebusannya. Sehingga metanolnya akan bekerja sebagai sifat antimikroba.

Membantu mengatasi masalah alergi

Air rebusan kayu secang juga bisa membantu masalah alergi. Penelitian menunjukkan, senyawa chalcone secanag dalam tanaman memiliki sifat anti alergi yang kuat. 

Dapat mencegah timbulnya jerawat

Kayu secang memiliki pigmen merah yang dapat membantu melawan Propionibacterium acnes, penyebab jerawat dan peradangan pada kelopak mata.

Pigmen merah ini bernama brazilein. Untuk Mengobati jerawat, bisa dengan mencuci muka menggunakan air kayu secang.

Membantu melawan kejang

Kegunaan lain dari kayu secang adalah untuk melawan kejang karena epilepsi ataupun gangguan lain. Hal ini sudah dibuktikan dengan penelitian yang menyimpulkan,  ekstrak tanaman kayu secang telah menunjukkan aktivitas antikonvulsan.

Membantu menurunkan kadar gula darah

Sebuah penelitian mengungkap, air kayu secang dapat menurunkan kadar gula darah. Penelitian ini melibatkan 30 wanita berusia lanjut dan menopause yang diuji kadar gula darahnya dan diberi air kayu secang.

Hasilnya, terlihat perbedaan yang signifikan kadar glukosa darah sebelum dan sesudah meminum air kayu secang. Hal ini lantaran kayu secang memiliki sifat vasorelaksan, yang dapat membantu tekanan darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kesehatan herbal Tanaman Obat kayu tips sehat
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top