Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Apa Itu Ambivert? Ini Ciri-ciri, Kelebihan serta Kekurangannya

Ambivert adalah kepribadian yang berada di antara introvert dan ekstrovert. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 05 Desember 2022  |  11:54 WIB
Apa Itu Ambivert? Ini Ciri-ciri, Kelebihan serta Kekurangannya
Apa Itu Kepribadian Ambivert_ Ini Ulasan Lengkapnya (pexels)
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ambivert adalah tipe kepribadian antara introvert dan ekstrovert. Tipe kepribadian ini dapat menyesuaikan kondisi lingkungan yang sedang dijalankan. Dengan kata lain, jenis kepribadian ini cenderung lebih fleksibel. 

Ambivert dapat menikmati waktu yang dimilikinya saat ada di lingkungan sosial layaknya kepribadian ekstrovert. Tetapi, kepribadian ini juga membutuhkan waktu untuk dirinya sendiri layaknya kepribadian tipe introvert. Oleh karena itulah kepribadian ambivert ini berada di antara introvert dan ekstrovert.

Untuk lebih mengenal apa itu ambivert? Simak ulasan lengkapnya berikut ini. 

Ciri Ciri Ambivert

Sama halnya dengan jenis kepribadian lain, ambivert juga memiliki ciri khusus. Berikut beberapa ciri kepribadian ambivert yang perlu dimengerti. 

1. Pendengar dan Komunikator Terbaik

Ciri pertama dari seorang yang memiliki kepribadian dengan jenis ambivert yaitu merupakan seorang pendengar sekaligus komunikator yang baik. Kepribadian ini tahu kapan tepatnya untuk mendengarkan cerita dan kapan waktu yang tepat untuk mengutarakan pendapat mereka. 

Pada saat bertemu dengan seseorang, jenis kepribadian ini akan dengan mudah untuk mengawali dan mengerti waktu yang tepat untuk mendengarkan obrolan.

2. Rasa Empati Tinggi

Ciri kedua dari  kepribadian ini yaitu punya rasa empati yang tinggi. Rasa empati yang tinggi dari ambivert inilah yang membuatnya kemudian dijadikan sebagai tempat cerita, berkeluh kesah yang nyaman oleh orang terdekat mereka. 

Rasa empati yang tinggi dari kepribadian ini memang menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh seorang dengan kepribadian ini. Hal tersebut karena seorang ambivert dengan rasa empati tinggi cenderung lebih disukai disekitar mereka. 

3. Penyeimbang di Banyak Situasi

Seorang ambivert juga memiliki ciri sebagai penyeimbang yang baik di berbagai situasi yang dialaminya. Kepribadiannya yang fleksibel ini membuatnya mampu memecahkan keheningan dalam sebuah situasi. 

Selain itu, seorang dengan kepribadian ini juga dapat membuat orang dengan kepribadian jenis introvert jadi lebih nyaman. 

Kelebihan dan Kekurangan Ektrovert

Salah satu kepribadian yang ada pada ambivert yaitu kepribadian ekstrovert. Kepribadian ekstrovert ini memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Kelebihan ekstrovert salah satunya yaitu mampu beradaptasi dengan lingkungan sosial dengan lebih cepat. 

Seseorang yang punya kepribadian ekstrovert ini bisa dengan nyaman berbaur dengan lingkungan sekitarnya. Berbeda dengan introvert yang kurang nyaman akan hal tersebut. 

Sementara itu, yang menjadi kekurangan ekstrovert yaitu mereka seringkali terlalu banyak berbicara dan hal tersebut dapat membuat orang disekitarnya kurang merasa nyaman.

Tips Untuk Mengembangkan Sifat Atau Kepribadian Ambivert

Sebagai pribadi yang ambivert tentu saja memiliki banyak kekuatan karena lebih fleksibel antara introvert dan ekstrovert. Berikut ini beberapa hal yang bisa dilakukan untuk memanfaatkan kekuatan sebagai ambivert.

1. Mempertahankan Fleksibilitas

Seseorang yang punya pribadi ambivert sebaiknya terus mempertahankan dan bahkan mengembangkan sifat tersebut. Hal ini dikarenakan sifat tersebut sangat berguna dikehidupan. 

Seseorang yang fleksibel jauh akan memiliki peluang besar untuk dapat diterima di lingkungannya berada.

2. Fokus dengan yang disukai

Sebagai seorang dengan kepribadian ini diketahui bisa lebih fokus dengan apa yang disukai. Memang kepribadian ini menyukai aktivitas social tetapi tidak lupa untuk tetap fokus dengan apa yang disukai. 

3. Mengkomunikasikan Perasaan 

Jangan lupa untuk tetap memberikan waktu pada diri sendiri. Jangan hanya selalu memberikan waktu Anda yang berharga untuk orang lainnya. Ada kalanya diri sendiri juga butuh tempat untuk berkeluh kesah. 

Berikan pengertian bahwa Anda juga sedang membutuhkan waktu untuk bisa menenangkan diri. Memang kepribadian ambivert ini cenderung memiliki banyak kelebihan tetapi juga seorang ambivert  tetap dapat mengalami kesulitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ambivert Kepribadian hubungan sosial gaya hidup persahabatan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top