Para gamer dari dua tim e-sport berbeda sedang berkompetisi memainkan Call of Duty di Tokaigi Game Party Japan di Chiba, Jepang, Sabtu (26/1/2019)./Bloomberg-Shiho Fukada
Relationship

Anti Boring! Ini Ide Lomba Class Meeting yang Seru dan Kekinian

Ileny Rizky
Senin, 12 Desember 2022 - 16:31
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah menyelesaikan ujian akhir semester, biasanya sekolah-sekolah baik SMP maupun SMA sederajat akan mengadakan class meeting.

Kegiatan class meeting ini dilakukan sebagai hiburan untuk melonggarkan ketegangan selepas ujian. Class meeting umumnya dilakukan sebagai ajang untung memperlihatkan seberapa kompak, pintar dan kreatif siswa dari masing-masing kelas.

Buatlah beberapa pertandingan yang dapat membuat mereka semangat untuk memenangkan setiap perlombaan ini. Selain itu, siapkan pula hadiah yang dapat menarik perhatian mereka.

Simak ide lomba class meeting yang anti boring:

1. Pertandingan olahraga fisik

Lomba yang paling seru dan umum dilakukan saat class meeting adalah pertandingan olahraga fisik. Adapun pertandingan yang dapat dilakukan adalah basket, voli, futsal, badminton, dan lainnya.

Setiap kelas diwajibkan mengirimkan tim yang menjadi perwakilan untuk diadu dengan tim dari kelas yang lain.

Tak hanya pria, lomba ini juga ada baiknya diselenggarakan juga untuk wanita. Dengan begitu maka class meeting akan menjadi lebih hidup.

Class meeting akan menjadi seru jika memiliki tim yang sama-sama kuat. Tentunya ini akan menjadi sangat menegangkan.

2. Tanding Video TikTok

Ide lomba class meeting kedua adalah tanding video TikTok. Jadi setiap kelas diwajibkan untuk ikut serta dalam lomba video TikTok.

Mengapa harus TikTok? karena sosial media ini sedang viral di kalangan anak muda dalam beberapa waktu belakangan ini. Tetapi, tidak ada salahnya juga jika tanding video ini dilakukan di media sosial yang lainnya seperti Instagram.

Dalam pelaksanaannya, panitia hendaknya menentukan terlebih dahulu tema dari video yang akan dilombakan.

Kemudian tentukan pula kriteria pemenang dari lomba ini. Apakah dilihat dari konsep video yang paling kreatif, jumlah like terbanyak, jumlah share terbanyak, kekompakan keterlibatan siswa di setiap kelas atau lainnya.

3. E-Sport

Selain pertandingan olahraga fisik, kini E-Sport juga dilombakan di class meeting. Apalagi saat ini game online sedang popular.

Sebagai informasi, E-sport merupakan singkatan dari electronic sports. E-sport adalah jenis olahraga yang menggunakan peralatan elektronik seperti HP, komputer/PC, konsol game seperti PlayStation, Xbox, dan Nintendo.

Dalam pelaksanaannya, setiap kelas perlu mengirimkan satu klub atau tim yang mereka anggap sangat jago untuk bertanding melawan perwakilan dari kelas lainnya.

Adapun jenis e-sport yang dapat diperlombakan adalah Mobile Legend, Dota, Volta, Fortnite, League of Legends, Counter-Strike, Call of Duty, dan PUBG, dan lainnya.

4. Stand Up Comedy

Selain itu, lomba yang dilakukan oleh tim, ada pula pertandingan yang dapat dilakukan secara perseorangan, yakni stand up comedy.

Sama seperti peraturan pada umumnya, setiap kelas harus mengirim perwakilannya untuk mengikuti lomba ini.

Panitia biasanya menentukan terlebih dahulu tema yang akan dilombakan, kemudian peserta yang memiliki penampilan dengan materi terlucu akan menjadi juara di pertandingan ini.

5. Adu suara

Tak kalah seru dengan stand up comedy, lomba adu suara juga dapat menghidupkan program class meeting. Mengapa? Sebab biasanya di setiap kelas pasti akan ada satu orang yang bersuara emas.

Dengan diadakannya ajang ini, maka ini juga menjadi momen tersendiri untuk mengeluarkan dan melatih kemampuan menyanyi mereka ke orang banyak.

Banyak juga lho mereka yang akhirnya menjadi populer di sekolah selepas memenangkan kontes adu suara di class meeting.

6. Adu memasak

Nah pertandingan ini juga direkomendasikan untuk dilakukan di class meeting. Dengan adanya lomba ini, akan diketahui seberapa kompak dan kreatifnya para siswa.

Dalam pelaksanaannya, tim yang dikirimkan oleh masing-masing kelas akan bertanding dengan mengolah bahan masakan menjadi makanan yang lezat.

7. Kuis kebangsaan

Pertandingan ini akan menunjukkan seberapa pandainya siswa dari perwakilan tiap kelas. Tak perlu memberikan soal matematika, buat saja pertanyaan seputar kebangsaan.

Adapun pertanyaannya bisa tentang Pancasila, nama ibukota, letak kota atau provinsi, asal kesenian daerah dan lainnya.

8. Adu dance

Selain adu suara, dance juga dapat diperlombakan dalam class meeting. Terlebih, kini grup boyband maupun girlband sedang hits di Indonesia.

Panitia dapat membuat panggung megah yang nantinya akan memperlihatkan beberapa kontestan yang menjadi perwakilan dari setiap kelas.

9. Penghargaan suporter terbaik

Bagi kelas yang memiliki suporter atau pendukung yang kompak, kreatif, dan paling semangat maka kehadiran mereka perlu diapresiasi. Pasalnya, merekalah yang telah meramaikan class meeting ini.

Pastinya akan ada suporter dengan yel-yel yang kreatif, kostum unik, dengan performa yang kompak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro