Ilustrasi Perayaan Imlek/ Istimewa
Relationship

Ini Pantangan Saat Imlek, Apa Saja?

Ileny Rizky
Jumat, 6 Januari 2023 - 13:00
Bagikan

11. Memakai pisau dan gunting

Pisau dan gunting tidak boleh digunakan karena diyakini dapat menimbulkan pertengkaran antar sesama manusia. Menggunakan kedua alat tajam ini pada hari pertama di tahun baru akan dianggap sebagai ucapan selamat datang untuk pertengkaran di tahun mendatang.

Selain itu, menggunakan pisau juga diyakini dapat mengarahkan Anda pada hasil yang tidak menguntungkan dan Anda juga dapat mengalami musibah, yakni kehilangan kekayaan di tahun mendatang. 

12. Pengunaan angka 4 dan 40

Uang dalam bilangan genap harus diberikan dalam amplop merah. Namun, hindari 4, 40. Sebab, angka 4 mengandung makna kematian.

13. Memberi hadiah jam, gunting dan pir

Sangat tidak diperbolehkan untuk Anda memilih jam, gunting, dan pir, untuk pemberian hadiah. Pasalnya ketiga hal ini memiliki konotasi negatif. 

14. Memecahkan mangkok, piring, gelas dan barang lainnya

Memecahkan mangkuk, piring, gelas, vas, atau cermin ketika Imlek dapat mengakibatkan nasib buruk, kehilangan uang, atau perpecahan keluarga. Jika ada sesuatu yang pecah secara tidak sengaja, orang China harus membungkus pecahan-pecahan itu dengan kertas merah dan kemudian melafalkan mantra Cina. 

15. Anak perempuan yang sudah menikah datang ke rumah orang tuanya

Anak perempuan yang sudah menikah tidak boleh mengunjungi rumah orang tuanya pada tahun baru Imlek. Kunjungan para perempuan yang sudah menikah ke keluarga orang tuanya pada tahun baru Imlek dianggap dapat membawa kesialan bagi orang tuanya dan juga membawa kemiskinan bagi mereka. Seorang putri yang mengunjungi mereka pada hari kedua justru membawa pertanda baik bagi orang tua.

16. Mengeluh

Seorang yang meratap atau mengeluhkan bahwa dirinya sedang dalam kesusahan diyakini dapat menghilangkan semua energi positif dan memicu hadirnya kesialan bagi seluruh penghuni rumah.

17.  Datang ke rumah sakit

Kunjungan ke rumah sakit di hari Imlek harus benar-benar dihindari. Sebab, hal ini diyakini dapat membawa penyakit kronis bagi orang yang mengunjungi rumah sakit selama setahun penuh. 

18. Meminjam dan meminjamkan uang

Tidak boleh meminjam dan meminjamkan uang ketika Imlek. Jika Anda meminjamkan uang, maka uang Anda akan diblokir, dan seseorang yang berutang uang kepada Anda, maka dia tidak akan pernah mengembalikannya. Selain itu, jangan mengunjungi rumahnya untuk menanyakan uang itu, ini akan menandakan nasib buruk di sepanjang tahun. 

pantangan saat imlek
pantangan saat imlek

19. Pakai pakaian robek

Jangan memakai pakaian yang sobek, terutama dalam dua minggu pertama dimulai dari tahun baru Imlek. Jika dilanggar, ini akan mengundang kesialan bagi pemakainya sepanjang tahun.

20. Penggunaan warna putih dan hitam

Merah dianggap membawa keberuntungan di Tahun Baru. Sedangkan warna putih dan hitam ditabukan karena menandakan berkabung.

21. Melukai hewan

Jika  Anda melukai hewan, maka tergores dengan cara apa pun, ini akan menyebabkan kemalangan bagi orang yang melakukannya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro