Manfaat Temulawak Bagi Tubuh, Bisa Untuk Produk Kecantikan (pixabay)
Health

Manfaat Temulawak Bagi Tubuh, Bisa Untuk Produk Kecantikan

Nuraini
Minggu, 8 Januari 2023 - 20:17
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Manfaat temulawak bagi kesehatan tubuh sudah lama dikenal oleh masyarakat Indonesia. Temulawak sendiri banyak digunakan sebagai bahan pembuatan jamu tradisional. 

Temulawak adalah tanaman herbal yang berasal dari Indonesia dan seringkali dimanfaatkan untuk pengobatan alternatif dalam mengatasi berbagai masalah pada kesehatan tubuh. Temulawak masih satu rumpun dengan tanaman kunyit. 

Tidak hanya sebagai bahan baku obat herbal, temulawak ini juga sering dimanfaatkan sebagai bahan campuran untuk pembuatan produk kosmetik. 

Kandungan Temulawak

Temulawak banyak dipilih untuk bahan dasar pembuatan jamu karena memiliki berbagai kandungan yang baik bagi tubuh. Kandungan yang ada di temulawak diantaranya yaitu turmerol, borneol dan phellandren yang sangat jarang ditemukan di tanaman lainnya. 

Selain itu, temulawak juga memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi yaitu sebanyak 79,96%. Ada juga kandungan serat, lemak, protein, kalium, kalsium, dan kurkumin. 

Ragam Manfaat Temulawak Bagi Kesehatan Tubuh

Temulawak memiliki berbagai manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Manfaat tersebut ditunjang oleh kandungan nutrisi dan senyawa aktif yang ada di dalam temulawak. Dikutip dari Good Doctor, berikut ini beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan.

1. Manfaat Temulawak untuk Lambung dan Usus

Khasiat temulawak untuk lambung dan usus yaitu dapat meringankan gejala gangguan pencernaan. Contohnya sembelit sakit perut dan diare. 

Temulawak juga memiliki potensi untuk dapat mengobati penyakit radang lambung atau yang dikenal dengan gastritis. Manfaat temulawak untuk lambung ini bisa dicoba bagi Anda yang mengalami masalah seperti radang lambung.

2. Menurunkan Risiko Terjadinya Gangguan Paru-Paru

Manfaat temulawak untuk pria yaitu dapat menurunkan risiko gangguan fungsi paru yang disebabkan karena kebiasaan merokok. Kandungan kurkumin pada herba ini dapat digunakan untuk melindungi paru-paru dari kerusakan akibat merokok.

3. Manfaat Temulawak untuk Kulit

Manfaat temulawak untuk wajah diantaranya untuk menyamarkan bekas jerawat, menghilangkan noda hitam yang ada di wajah, melembabkan, hingga mampu mencegah penuaan dini. Tak heran apabila temulawak banyak digunakan untuk campuran skincare.

Temulawak mengandung minyak atsiri yang dapat mencegah penuaan dini dan membantu meremajakan kulit. Perawatan kulit dengan menggunakan temulawak juga dapat membantu mencerahkan warna kulit.

Hal tersebut dikarenakan temulawak memiliki kandungan antioksidan serta anti inflamasi yang mampu membuat wajah jadi tampak lebih bercahaya.

4. Manfaat Temulawak untuk Jantung

Manfaat temulawak yang selanjutnya yaitu bisa dimanfaatkan untuk mencegah penyakit jantung. Salah satu pemicu dari penyakit jantung yaitu karena sel endotel pada tubuh bekerja kurang optimal. 

Kandungan kurkumin pada temulawak bisa digunakan untuk dapat meningkatkan fungsi dari sel endotel tersebut

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat selanjutnya dari temulawak yaitu dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Temulawak ini memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik bagi kesehatan.

Kandungan antioksidan ini akan membantu kinerja dari sel darah putih serta antibodi dalam tubuh. Sehingga tubuh tidak akan mudah terserang virus karena daya tahan tubuh jadi lebih kuat.

Manfaat Temulawak untuk Wanita

Selain beberapa manfaat di atas, temulawak juga ternyata memiliki manfaat yang sangat luar biasa untuk wanita terutama bagi ibu yang baru saja melahirkan. Temulawak ini bisa membantu proses penyembuhan setelah ibu melahirkan. 

Temulawak juga dapat bermanfaat untuk mencegah terjadinya peradangan pada rahim. Temulawak diketahui bermanfaat untuk membantu melancarkan sirkulasi darah setelah ibu melahirkan.

Itulah beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan tubuh yang wajib Anda ketahui. Meskipun memiliki banyak manfaat, sebaiknya konsumsi temulawak tidak berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro