Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Kekayaan Kylian Mbappe dan Cara Menghabiskannya

Simak berapa sebenarnya total kekayan Kylian Mbappe dan bagaimana dia cara menghabiskannya selama ini.
Arlina Laras
Arlina Laras - Bisnis.com 24 Januari 2023  |  19:50 WIB
Kekayaan Kylian Mbappe dan Cara Menghabiskannya
Striker Timnas Prancis, Kylian Mbappe - Ligue1
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di usianya yang baru 24 tahun, Kylian Mbappe sudah bernilai lebih dari US$150 juta atau setara dengan Rp2,2 triliun.

Kylian Mbappé sendiri memang dianggap sebagai salah satu penyerang terbaik dan salah satu pemain sepak bola paling terkenal di dunia. Pasalnya dia memiliki kemampuan tinggi dalam menggiring bola dan punya kecepatan luar biasa. 

Bahkan, selain Mbappe terkenal dengan penampilannya di Piala Dunia 2018 bersama Prancis dan mendapatkan penghargaan Golden Boy pada 2017 karena menjadi pemain muda top dunia.

Kabar terbaru menyebutkan bahwa Kylian Mbappe menjadi pemain PSG pertama dan satu-satunya saat ini yang berhasil mencetak rekor baru di level klub dengan mencetak lima gol dalam satu pertandingan, saat berpartisipasi di laga Pays de Cassel vs PSG. Pertandingan ini digelar di Stade Bollaert-Delelis, Selasa (24/1/2023) dini hari WIB.

Menurut survei yang diterbitkan oleh Forbes pada tahun 2022, Kylian Mbappe adalah pemain sepak bola dengan bayaran tertinggi kelima di dunia. Penyerang Paris Saint-Germain dan Prancis ini menghasilkan US$43 juta atau setara dengan Rp644,4 miliar antara Mei 2021 dan Mei 2022. 

Besaran pendapatannya berada di bawah, Lionel Messi US$130 juta, Cristiano Ronaldo US$115 juta, Neymar US$95 juta, dan Mohamed Salah US$45 juta.

Perkiraan kekayaan bersih pemain berusia 24 tahun itu adalah US$150 juta atau setara dengan Rp2,2 triliun. 

Lantas, sebenarnya dari mana saja Kylian Mbappé mendapatkan dan bagaimana cara dia menghabiskan kekayaannya? 

Sumber Harta Kylian Mbappe

1. Karier Sepak Bola

Pada 2017, di usia 19 tahun, Kylian Mbappé menandatangani kontrak tiga tahun baru dengan PSG. Berdasarkan, The New York Times dan The Guardian, Mbappé menghasilkan US$300 juta atau setara dengan Rp4,4 triliun per tahun. 

Selain mendapatkan US$120 juta atau setara dengan Rp1,7 triliun dari kontrak baru, dia juga menerima US$30 juta atau Rp449,5 miliar per tahun (setelah pajak), dengan total US$90 juta atau setara dengan Rp1,3 triliun dari PSG. 

2. Tawaran Sponsor

Sebelum bergabung dengan PSG, Kylian Mbappé telah memiliki perjanjian sponsor yang signifikan dengan Nike, yang diperbarui pada musim panas 2017. Adidas memang tertarik untuk mengontrak bintang sepak bola tersebut pada saat itu dan kabarnya bersedia memberikan US$6 juta atau setara dengan Rp89,9 miliar. 

Namun, perkiraan yang lebih baru dari L'Equipe menunjukkan bahwa kontrak Mbappé dengan Nike sebenarnya bernilai antara US$3 juta atau Rp44,9 miliar dan US$4 juta atau Rp59,9 miliar, dengan catatan bahwa kontrak sponsor seringkali didasarkan pada kinerja pemain dan skuat yang menjadi bagiannya. Kabarnya kontraknya sebanding dengan rekan setimnya Marco Verratti.

3. Investasi

Mbappé berinvestasi dalam Sorare, sebuah video gim sepak bola fantasi populer berbasis kripto, yang menghibur dan menguntungkan dengan menggunakan non-fungible tokens (NFT) sejak bulan Juni 2022. Dia sekarang menjadi investor sekaligus menjadi brand ambassador dari Sorare. 

Selain itu, Mbappé memiliki koneksi profesional dengan perusahaan ternama seperti Hublot dan EA Sports.

Lantas, dengan jumlah kekayaan yang fantastis, bagaimana Mbappe menghabiskan sebagian besar kekayaannya?

Berikut cara Mbappe menghabiskan kekayaannya

1. Mobil

Ada beberapa mobil yang dimilikinya, seperti Volkswagen Tiguan SUV yang dimodifikasi, Volkswagen ID.4 all-electric, serta Audi A6 Avant seharga US$60.000 atau setara dengan Rp898 juta, selain itu ada juga Mercedes-Benz GLE seharga US$80.000 atau setara dengan Rp1,1 miliar dan Mercedes V Class seharga US$150.000 atau Rp2,2 miliar.

2. Rumah

Mengutip dari The Richest, selain mobil nyatanya pengeluaran terbesar Mbappe adalah rumah dengan lahan seluas 6.400 kaki persegi di distrik termahal di Pari

Kediaman ini memiliki 12 kamar tidur, lapangan basket, perpustakaan, pusat kebugaran, dan pemandian Turki. Itu juga dilengkapi dengan jacuzzi di dek dengan pemandangan Menara Eiffel. 

Menurut laporan, pesepakbola itu membayar lebih dari US$40.000 atau setara dengan Rp598 juta per bulan untuk tempat tinggal keluarganya. Dia juga dilaporkan memiliki properti di Paris senilai US$10 juta atau setara dengan Rp149 miliar dan rumah lainnya di Monako.

3. Jet Pribadi

Mbappé dilaporkan mencarter pesawat perusahaan canggih Challenger 350 seharga US$7.000 atau setara dengan Rp104 juta per jam untuk berkeliling dunia. Atlet tersebut awalnya meminta pesawat pribadi selama 50 jam per tahun sebagai bagian dari fasilitas dari kontraknya untuk PSG pada 2018, tetapi dia tidak menerimanya; anggap saja dia punya cukup uang untuk membayar penerbangannya sendiri.

Penggunaan jet Mbappé dipantau secara ketat, karena kunjungannya ke Liverpool pada awal musim 2022 memicu rumor transfer yang intens.

4. Liburan

Kylian Mbappé dikenal sering berlibur bersama rekan satu timnya, termasuk Karim Benzema di Yunani dan Achraf Hakimi di Maroko untuk kegiatan sosial. Mbappé juga melakukan perjalanan ke Amerika Serikat setiap musim panas untuk bisnis dan liburan, terbukti dengan kehadirannya di pertandingan LAFC dan draft NBA 2022.

5. Kegiatan Sosial

Setelah Prancis memenangkan Piala Dunia 2018, Mbappé terkenal karena menyumbangkan seluruh gaji dan bonusnya yang mencapai US$500.000 atau setara dengan Rp7,4 miliar untuk kegiatan sosial. 

Selain memberikan donasi yang "cukup besar" kepada Abbe Pierre Foundation untuk membantu mendanai operasi bantuan COVID-19, dia juga menggalang dana untuk memimpin pencarian mendiang Emiliano Sala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Kylian Mbappe pemain sepak bola kekayaan
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

Terpopuler

Banner E-paper
back to top To top