Bahaya radiasi nuklir pada kesehatan/livescience
Health

Ngeri! Ini Bahayanya Radiasi Nuklir pada Kesehatan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 29 Januari 2023 - 12:35
Bagikan

Paparan Radiasi dan Risiko Kanker

Paparan radiasi tingkat rendah tidak menyebabkan efek kesehatan langsung, tetapi dapat menyebabkan sedikit peningkatan risiko kanker seumur hidup. Ada penelitian yang melacak kelompok orang yang terpapar radiasi, termasuk penyintas bom atom dan pekerja industri radiasi.

Studi-studi ini menunjukkan bahwa paparan radiasi meningkatkan kemungkinan terkena kanker, dan risikonya meningkat seiring dengan peningkatan dosis: semakin tinggi dosisnya, semakin besar risikonya. Sebaliknya, risiko kanker akibat paparan radiasi menurun saat dosis turun: semakin rendah dosisnya, semakin rendah risikonya.

Dosis radiasi umumnya dinyatakan dalam millisieverts (satuan internasional) atau rem (satuan AS). Dosis dapat ditentukan dari paparan radiasi satu kali, atau dari akumulasi paparan dari waktu ke waktu.

Sekitar 99 persen individu tidak akan terkena kanker sebagai akibat paparan seluruh tubuh yang seragam satu kali sebesar 100 millisieverts (10 rem) atau lebih rendah.1 Pada dosis ini, akan sangat sulit untuk mengidentifikasi kelebihan kanker yang disebabkan oleh radiasi ketika sekitar 40 persen pria dan wanita di AS akan didiagnosis menderita kanker di beberapa titik selama hidup mereka.

Risiko yang rendah bagi seorang individu masih dapat mengakibatkan jumlah kanker tambahan yang tidak dapat diterima dalam populasi besar dari waktu ke waktu.

Misalnya, dalam populasi satu juta orang, rata-rata satu persen peningkatan risiko kanker seumur hidup bagi individu dapat mengakibatkan 10.000 kanker tambahan.

EPA menetapkan batas peraturan dan merekomendasikan pedoman tanggap darurat jauh di bawah 100 millisieverts (10 rem) untuk melindungi penduduk AS, termasuk kelompok sensitif seperti anak-anak, dari peningkatan risiko kanker akibat akumulasi dosis radiasi seumur hidup.

Risiko dari paparan radionuklida tertentu tergantung pada:

  • Energi radiasi yang dipancarkannya.
  • Jenis radiasi (alfa, beta, gamma, sinar-x).
  • Aktivitasnya (seberapa sering memancarkan radiasi).

Perbedaan eksposur eksternal dan internal

Paparan eksternal adalah ketika sumber radioaktif berada di luar tubuh Anda. Sinar-X dan sinar gamma dapat melewati tubuh Anda, menyimpan energi saat mereka pergi.

Paparan internal adalah ketika bahan radioaktif masuk ke dalam tubuh melalui makan, minum, bernapas atau injeksi (dari prosedur medis tertentu). Radionuklida dapat menimbulkan ancaman kesehatan yang serius jika jumlah yang signifikan terhirup atau tertelan.

Tingkat di mana tubuh memetabolisme dan menghilangkan radionuklida setelah konsumsi atau inhalasi.

Di mana radionuklida terkonsentrasi di dalam tubuh dan berapa lama ia tinggal di sana.

Kategori yang sensitif terpapar radiasi

Anak-anak dan janin sangat sensitif terhadap paparan radiasi. Sel-sel pada anak-anak dan janin membelah dengan cepat, memberikan lebih banyak peluang radiasi untuk mengganggu proses dan menyebabkan kerusakan sel.

EPA mempertimbangkan perbedaan sensitivitas karena usia dan jenis kelamin saat merevisi standar proteksi radiasi.

Beragam dampak radiasi nuklir pada tubuh manusia

1. Rambut

Kerontokan rambut dengan cepat dan menggumpal terjadi dengan paparan radiasi pada 200 rems atau lebih tinggi.

2. Otak

Karena sel-sel otak tidak bereproduksi, mereka tidak akan rusak secara langsung kecuali paparannya 5.000 rem atau lebih. Seperti jantung, radiasi membunuh sel saraf dan pembuluh darah kecil, serta dapat menyebabkan kejang dan kematian seketika.

3. Tiroid

Bagian tubuh tertentu lebih terpengaruh oleh paparan berbagai jenis sumber radiasi daripada yang lain. Kelenjar tiroid rentan terhadap yodium radioaktif. Dalam jumlah yang cukup, yodium radioaktif dapat menghancurkan seluruh atau sebagian tiroid. Mengambil kalium iodida dapat mengurangi efek paparan.

4. Sistem Darah

Saat seseorang terpapar sekitar 100 rem, jumlah sel limfosit darah akan berkurang, membuat korban lebih rentan terhadap infeksi. Ini sering disebut sebagai penyakit radiasi ringan. Gejala awal penyakit radiasi mirip dengan flu dan mungkin tidak diketahui kecuali dilakukan penghitungan darah.

Menurut data dari Hiroshima dan Nagasaki, gejala dapat bertahan hingga 10 tahun dan mungkin juga memiliki peningkatan risiko jangka panjang untuk leukemia dan limfoma . Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi Yayasan Riset Efek Radiasi.

5. Jantung

Paparan bahan radioaktif yang intens pada 1.000 hingga 5.000 rem akan segera merusak pembuluh darah kecil dan mungkin menyebabkan gagal jantung dan kematian secara langsung.

6. Saluran pencernaan

Kerusakan radiasi pada lapisan saluran usus akan menyebabkan mual, muntah darah dan diare. Hal ini terjadi ketika eksposur korban adalah 200 rems atau lebih. Radiasi akan mulai menghancurkan sel-sel dalam tubuh yang membelah dengan cepat. Ini termasuk darah, saluran GI, sel reproduksi dan rambut, dan pada akhirnya merusak DNA dan RNA sel yang masih hidup.

7. Sistem reproduksi

Karena sel saluran reproduksi membelah dengan cepat, area tubuh ini dapat rusak pada tingkat rem serendah 200. Dalam jangka panjang, beberapa korban penyakit radiasi akan menjadi mandul.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro