Kenali Manfaat Tahu dan Efek Sampingnya - Freepik
Health

Simak Manfaat Tahu untuk Kesehatan serta Efek Sampingnya

Nuraini
Rabu, 1 Februari 2023 - 19:55
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Selain tempe, tahu juga merupakan makanan olahan kacang kedelai yang sering dikonsumsi sehari-hari karena harganya yang cukup terjangkau dan teksturnya yang lembut.

Di balik itu, ternyata tahu memberikan manfaat baik bagi kesehatan dan kecantikan. Apa saja kandungan dan manfaat tahu? Simak penjelasannya disini. 

Kandungan Tahu

Berdasarkan panganku.org, setiap 100 g tahu mengandung gizi sebagai berikut. 

  • Air (82,2 g)
  • Energi (80 Kal)
  • Protein (10,9 g)
  • Lemak (4,7 g)
  • Karbohidrat (0,8 g)
  • Serat (0,1 g)
  • Abu (1,4 g)
  • Kalsium (233 mg)
  • Fosfor (183 mg)
  • Besi (3,4 mg)
  • Natrium (2 mg)
  • Kalium (50,6 mg)
  • Tembaga (0,19 mg)
  • Seng (0,8 mg)
  • Beta karoten (118 mcg)
  • Thiamin/Vit. B1 (0,01 mg)
  • Riboflavin/Vit. B2 (0,08 mg)
  • Niasin (0,1 mg)

Manfaat Tahu Bagi Kesehatan

Kandungan nutrisi yang lengkap membuat tahu mempunyai banyak manfaat untuk tubuh. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat makan tahu untuk tubuh. 

1. Mengurangi risiko kanker

Tahu mengandung antioksidan dan isoflavon yang dapat menghambat pertumbuhan kanker. Berdasarkan penelitian, mengonsumsi kacang kedelai dan olahannya, termasuk tahu, mampu menurunkan risiko kanker, terutama kanker prostat, usus besar, dan payudara. 

2. Menurunkan risiko penyakit jantung

Salah satu manfaat tahu bagi tubuh yakni dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Manfaat ini diperoleh dari protein nabati di dalamnya yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kadar kolesterol baik sehingga risiko penyakit jantung dapat berkurang. 

3. Mencegah anemia

Konsumsi tahu dapat mencegah terjadinya anemia. Kondisi ini terjadi karena kadar haemoglobin dalam darah di bawah batas normal. Anemia rentan dialami oleh ibu hamil sehingga tahu baik dikonsumsi selama masa kehamilan.

4. Menjaga berat badan

Tahu juga baik dikonsumsi saat diet. Manfaat tahu untuk diet yakni membantu menjaga berat badan karena kadar lemak dan kalorinya tergolong rendah. 

Berdasarkan penelitian, konsumsi tahu dapat menurunkan massa lemak dan penurunan kolesterol daripada orang-orang yang mengonsumsi daging. Tahu yang dikonsumsi saat diet harus diolah dengan cara dikukus, dipanggang, direbus, ditumis, atau dipepes agar kalorinya masih rendah.

5. Mengurangi depresi

Ilmuwan di Jepang mengatakan bahwa salah satu manfaat tahu untuk ibu hamil yaitu dapat mengurangi depresi. Ibu hamil rentan mengalami depresi sehingga dengan mengkonsumsi tahu dapat mengurangi gejala depresi selama kehamilan. 

6. Memperkuat tulang dan gigi

Manfaat dari tahu untuk ibu hamil lainnya yaitu dapat memperkuat perkembangan tulang dan gigi. Tahu mengandung kalsium. Mineral ini berguna untuk mendukung perkembangan tulang pada ibu hamil dan perkembangan gigi, saraf, dan otot pada bayi.

Manfaat Tahu Untuk Kecantikan

Tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, tahu juga bermanfaat untuk kecantikan. Berikut ini manfaat tahu untuk kecantikan.

1. Meregenerasi kulit

Manfaat tahu untuk kecantikan yang pertama yaitu dapat meregenerasi kulit. Kandungan isoflavon dalam tahu dapat mengurangi keriput dan meningkatkan elastisitas kulit secara signifikan sehingga wajah tampak lebih muda. 

2. Menutrisi kulit

Tahu mengandung asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi kolagen. Kolagen berguna dalam menjaga elastisitas dan menghidrasi kulit sehingga kulit menjadi kencang. 

Efek Samping Tahu

Efek samping tahu dapat terjadi pada pengidap asam urat. Seseorang yang memiliki penyakit asam urat tidak dianjurkan mengonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi. 

Sedangkan tahu mengandung purin tinggi. Maka dari itu, pada penderita asam urat sebaiknya tidak mengkonsumsi tahu berlebih karena dapat memicu kekambuhan gejala asam urat, seperti sensasi panas pada sendi, pembengkakan, hingga menyulitkan untuk bergerak. 

Meskipun begitu, tidak semua pengidap asam urat dapat mengalami kekambuhan setelah mengkonsumsi tahu. Jikalau konsumsi tahu memicu kambuhnya asam urat, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro