Kreasi masakan tahu
Health

5 Manfaat Makan Tahu, Kaya akan Isoflavon

Redaksi
Sabtu, 9 Desember 2023 - 12:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tahu merupakan makanan berbahan dasar kedelai yang sangat populer di dunia terutama di Indonesia.

Memiliki tekstur yang lembut membuat tahu mudah diolah menjadi berbagai jenis makanan. Mulai dari direbus, digoreng, sampai ditambahkan dalam campuran sup.

Kebanyakan orang jarang yang mengetahui bahwa tahu merupakan makanan kaya protein yang bermanfaat untuk kesehatan. Mengonsumsi tahu secara rutin dapat memberikan dampak positif pada tubuh.

Dilansir dari Cleveland Clinic, berikut adalah lima alasan Anda untuk mengonsumsi tahu lebih banyak.

1. Meningkatkan kesehatan jantung

Kedelai dan produk kedelai seperti tahu kaya akan isoflavon. Senyawa kimia berbasis tumbuhan ini memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini membuat tahu menjadi pilihan yang baik untuk diet dan mendukung kesehatan jantung.

Studi tahun 2020 menemukan bahwa orang yang makan satu porsi tahu setiap minggu memiliki risiko penyakit jantung 18% lebih rendah daripada mereka yang tidak.

2. Mengurangi risiko kanker

Konsumsi produk kedelai seperti tahu dapat menurunkan risiko beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, paru-paru, dan prostat.

Isoflavon dalam tahu memiliki efek anti-kanker. Kandungannya membantu menghambat pertumbuhan sel kanker. Tahu juga mengandung senyawa yang dikenal sebagai fitoestrogen, yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Senyawa ini membantu mencegah perubahan genetik yang dapat menyebabkan kanker.

3. Membentuk otot

Tahu mengandung semua protein lengkap. Tahu kaya akan sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh Anda untuk bekerja dengan baik. Tubuh seseorang memerlukan asam amino yang berperan untuk menjaga kesehatan. Salah satu manfaat asam amino yaitu meningkatkan masa otot.

4. Memperkuat tulang

Tahu mengandung kalsium dan magnesium, yang membantu tubuh Anda membangun dan memelihara tulang yang kuat. Makanan kaya kalsium dan magnesium dapat mencegah keropos tulang dan osteoporosis. Selain itu, magnesium juga merupakan nutrisi penting untuk fungsi saraf dan otot yang sehat.

5. Membantu mengatur berat badan

Protein dalam tahu memerlukan lebih banyak energi untuk dicerna oleh tubuh dibandingkan dengan karbohidrat dan lemak. Hal ini berarti mengonsumsi tahu dapat membuat Anda merasa lebih kenyang lebih lama, yang dapat membantu Anda mempertahankan berat badan yang sehat. (Lala Wahyuningsih)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro