Ilustrasi pekerja merasa lelah dan mengantuk/Freepik
Health

Sering Mengantuk Siang Hari, Kenali Penyebab dan Gejala Penyakitnya

Salma Permata Dewi
Senin, 13 Maret 2023 - 15:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mengantuk merupakan reaksi alami manusia saat kekurangan tidur. Namun, sering mengantuk bisa menjadi gejala sebuah penyakit, terutama jika sering mengantuk di waktu-waktu produktif.

Ada juga orang-orang tanpa  sadar mengalami gangguan psikis, sehingga lebih mudah mengantuk di siang hari, meskipun durasi tidur malam hari sudah cukup. Apakah sering mengantuk pada saat jam-jam produktif itu menjadi tanda penyakit?

Dilansir dari Medical News Today, Senin (13/3/2023), depresi bisa membuat seseorang ingin terus tidur, sebab tubuh selalu merasa lelah ketika sedang mengalami depresi, meskipun indikator kesehatan tubuh menujukkan tanda-tanda yang baik.

Kenali penyakit yang muncul saat Anda mengantuk pada siang hari:

1. Narkolepsi

Narkolepsi merupakan gangguan pada sistem saraf yang membuat penderitanya tertidur secara tiba-tiba tanpa mengenal waktu dan tempat. Penderita narkolepsi bisa diikuti gejala lain, seperti katapleksi dan halusinasi.

2. Depresi

Stres dengan tingkat tinggi dan depresi juga memiliki gejala sering mengantuk. Penderita depresi akan terganggu kondisi tubuhnya yang menyebabkan rasa lemas, rasa mengantuk, dan sakit kepala.


3. Restless Legs Syndrome (RLS)

Sindrom kaki gelisah (RLS) mengacu pada dorongan untuk menggerakkan kaki secara tak terkendali saat istirahat. Penderita yang mengalami RLS saat bangun akan sulit untuk tidur.


Sementara itu, penderita yang sedang tidur kerap mengalami RLS mengakibatkan tidur tidak nyenyak dan tidak nyaman. Oleh karena itu, keesokan harinya, penderita akan mengalami kelelahan dan sering merasa mengantuk.


4. Diabetes

Diabetes dan kelelahan atau sering mengantuk memiliki hubungan. Dua hal tersebut juga bisa memperburuk satu sama lain. 

Penyebab penderita diabetes mengalami kelelahan atau sering mengantuk adalah fluktuasi gula darah. Naiknya gula darah membuat tubuh tidak memprosesnya sebagai energi dan malah terjadi kelelahan dan mudah mengantuk.

5. Anemia

Anemia merupakan sebuah kondisi penderitanya kekurangan sel darah merah. Sel darah merah memiliki fungsi membawa oksigen yang cukup ke jaringan tubuh manusia. Penderita anemia artinya memiliki hemoglobin yang rendah. Oleh karena itu, penderita anemia akan merasa lelah, lemah, dan mudah mengantuk karena kekurangan hemoglobin.


6. Penyakit ginjal kronis

Penderita dengan penyakit ginjal kronis biasanya merasa kelelahan, kantuk yang berlebih, dan gangguan kualitas hidup terkait kesehatan. Hal ini menjadikan penderita penyakit ginjal kronis mengalami insomnia dan kurang tidur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro