5 Jenis Olahraga Saat Puasa dan Manfaatnya untuk Tubuh (pexels)
Health

5 Jenis Olahraga Saat Puasa dan Manfaatnya untuk Tubuh

Nuraini
Sabtu, 18 Maret 2023 - 00:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Saat berpuasa kita diwajibkan menahan lapar, dahaga, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Biasanya, seseorang yang sedang berpuasa akan merasa lemas. Meskipun demikian, kita tetap dianjurkan untuk beraktivitas seperti biasa, tak terkecuali berolahraga. Berikut ulasan seputar olahraga saat puasa.  

Manfaat Olahraga saat Puasa

Jika Anda masih berpikir olahraga di bulan puasa membuat tubuh lemas, hal tersebut merupakan pemikiran yang keliru. Pasalnya, berolahraga saat sedang puasa ternyata memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat olahraga saat puasa.

1. Membantu menurunkan berat badan

Setelah seharian berpuasa, biasanya kita tidak bisa menjaga pola makan. Semua yang dihidangkan ingin segera dilahap. Padahal, kebiasaan tersebut kurang baik untuk kesehatan tubuh dan berisiko meningkatkan berat badan.

Untuk mencegah hal tersebut, maka salah satu caranya yaitu dengan rutin berolahraga. Kegiatan olah fisik akan membuat makanan lebih mudah diolah menjadi energi dan berat badan akan turun secara perlahan.

2. Mencegah diabetes

Saat bulan Ramadhan, banyak makanan maupun minuman manis yang dikonsumsi. Tentu saja hal ini bisa meningkatkan risiko penyakit diabetes. Agar tidak terjangkit penyakit tersebut, maka sebaiknya rutin melakukan olahraga untuk meningkatkan insulin agar tidak terkena penyakit diabetes.

3. Mengurangi rasa malas dan kantuk

Tidak mendapatkan nutrisi dan vitamin sepanjang hari bisa membuat kita mudah mengantuk dan malas. Akan tetapi, dengan berolahraga bisa membuat tubuh lebih bugar dan tidak malas maupun mengantuk.

Kapan Waktu Olahraga saat Puasa?

Salah satu tips olahraga saat puasa yaitu melakukan kegiatan olah fisik di waktu yang tepat. Lantas, olahraga saat puasa sebaiknya kapan?

Secara umum, olahraga saat sedang berpuasa bisa dilakukan di empat waktu, yakni sebelum sahur, sebelum buka puasa, setelah buka puasa, dan sebelum tidur.

  • Sebelum sahur: dilakukan sekitar setengah jam sebelum sahur. Sebelum olahraga harus minum air putih terlebih dahulu agar tetap terhidrasi.
  • Sebelum buka puasa: olahraga bisa dilakukan sekitar 1 jam sebelum berbuka. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti jogging atau bersepeda dengan jarak dan kecepatan yang sedang.
  • Setelah buka puasa: berolahraga setelah berbuka puasa dapat dilakukan setelah makanan selesai dicerna dengan baik. Opsi lainnya, Anda bisa menunda terlebih dahulu mengkonsumsi makanan berat saat berbuka dan baru mengkonsumsi makanan berat setelah berolahraga.
  • Sebelum tidur: setelah shalat Isya dan tarawih Anda bisa melakukan olahraga. Pada saat itu, makanan sudah dicerna dengan baik, sehingga olahraga menjadi lebih optimal.

Perlu dipahami juga bahwa jam olahraga saat puasa sebaiknya tidak terlalu lama. Olahraga ketika sedang puasa tidak boleh lebih dari 60 menit. Selain itu, olahraga kardio juga cukup 2 kali seminggu saja.

Jenis Olahraga Saat Puasa

Selain memperhatikan waktu yang tepat untuk olahraga, pemilihan jenis olahraga juga perlu diperhatikan. Beberapa jenis olahraga yang bisa dilakukan saat sedang berpuasa, seperti berikut:

1. Jalan kaki

Cara olahraga pada saat puasa bisa dengan berjalan kaki termasuk kegiatan olah fisik yang ringan. Jalan kaki bisa membuat jantung dan paru-paru lebih bugar. Selain itu, jalan kaki juga bisa membuat otot dan tulang lebih kuat dan lemak tubuh berkurang.

2. Jogging

Lari kecil atau jogging juga menjadi salah satu pilihan olahraga yang cocok saat puasa. Kegiatan ini bisa membuat tulang dan otot lebih kuat, jantung lebih sehat, serta berat badan tetap terjaga. Anda dapat lari-lari kecil di halaman sekolah.

3. Yoga

Yoga merupakan olahraga ringan yang bisa dilakukan saat bulan Ramadhan. Olahraga ini bisa membuat tubuh lebih rileks dan tidur lebih nyenyak.

4. Bersepeda

Bersepeda bisa menjadi aktivitas seru menjelang buka puasa. Selain itu, olahraga ini juga bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar selama berpuasa.

5. Push Up dan Sit Up

Push Up dan Sit Up dengan intensitas rendah juga bisa dilakukan saat sedang berpuasa. Olahraga ini juga bisa dilakukan dengan mudah dan memberikan banyak manfaat untuk tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro