Ilustrasi di Somalia/Reuters
Travel

Daftar 30 Negara Paling Tidak Berkembang di Dunia pada Tahun 2023

Sabina Arla Yogandini
Senin, 27 Maret 2023 - 21:10
Bagikan

15. Yaman

Skor Perkembangan Insider Monkey: 174.00
Perang Saudara Yaman telah membuat Yaman menjadi salah satu negara paling tidak berkembang di dunia karena krisis yang masih terus berlanjut hingga hari ini dan menjadi salah satu krisis kemanusiaan terbesar sepanjang masa.

14. Liberia

Skor Perkembangan Insider Monkey: 175.00

Dua perang saudara di Liberia dalam 35 tahun terakhir telah berdampak besar pada ekonomi negara. Padahal, negara tersebut merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat di tahun 1970-an.

13. Sierra Leone

Skor Pembangunan Insider Monkey: 176,67

Ekonomi Sierra Leone terlalu bergantung pada eksploitasi mineral, terutama emas dan berlian. Hal itu membuat bidang-bidang lain terabaikan. Padahal, bidang lainnya dapat meningkatkan dan mendiversifikasi ekonomi.

12. Afghanistan

Skor Pembangunan Insider Monkey: 176,67
Afghanistan menjadi negara yang paling tidak berkembang di Asia. Kondisi Afghanistan saat ini sebagian besar merupakan hasil dari perbuatan AS dan Rusia dengan kehadiran AS selama beberapa dekade dan tiba-tiba pergi pada tahun 2020 yang mengakibatkan Taliban mendapatkan kembali kendali dan negara ini mengalami kemunduran lebih jauh.

11. Sudan Selatan

Skor Perkembangan Insider Monkey: 178.00
Sudan Selatan adalah negara terbaru di dunia yang merdeka pada tahun 2011. Namun, adanya perang Saudara Sudan Selatan menyebabkan kerusakan besar pada sistem ekonomi karena stagnasi ekonomi dan kemiskinan telah merusak kemajuan negara tersebut.

10. Guinea-Bissau

Skor Perkembangan Insider Monkey: 179.00
Perikanan dan pertanian merupakan sektor yang dominan dalam perekonomian salah satu negara termiskin di dunia ini, Adapun perusahaan-perusahaan di negara Guinea-Bissau terdiri dari perusahaan swasta dan milik negara.

9. Burundi

Skor Perkembangan Insider Monkey: 181.67
Lebih dari 70% tenaga kerja negara ini bekerja di sektor pertanian. Pembangunan negara ini telah dipengaruhi secara negatif oleh beberapa faktor termasuk kelebihan populasi, erosi tanah, dan kerusuhan sipil walaupun sudah cukup dalam hal pangan.

8. Guinea

Skor Perkembangan Insider Monkey: 181,67
Kegiatan pedesaan dan pertanian merupakan bagian besar dari ekonomi Guinea. Negara ini memiliki deposit besar dari berbagai mineral termasuk seperempat cadangan bauksit global, dan hampir 2 miliar ton bijih besi bermutu tinggi. Selain itu, negara ini juga memiliki cadangan emas dan berlian yang besar.

7. Niger

Skor Pengembangan Insider Monkey: 182,33
Ekonomi Niger sebagian besar masih didasarkan pada pertanian, meskipun negara ini juga dikatakan memiliki beberapa deposit uranium terbesar dan utama di dunia. Namun, tingkat kekeringan yang tinggi, penggurunan, dan tingkat pertumbuhan populasi yang tinggi berdampak negatif bagi sistem perekonomian di negara ini, sementara reaksi terhadap tenaga nuklir telah menyebabkan penurunan permintaan uranium juga.

6. Mali

Skor Pengembangan Insider Monkey: 183.00
Sebagian besar negara kurang berkembang di dunia memiliki ekonomi yang sangat bergantung pada pertanian, tak terkecuali Mali yang juga merupakan salah satu negara yang paling banyak hutang di dunia.

5. Burkina Faso

Skor Pengembangan Insider Monkey: 183.00
Dengan skor pengembangan yang sama dengan Mali, lebih dari 80% populasi Burkina Faso bergantung pada sektor pertanian negara ini dengan pendapatan nasional bruto per kapita hanya $966.

4. Mozambik

Skor Pengembangan Insider Monkey: 183,67
Negara ini memang merupakan salah satu negara yang paling tidak berkembang di dunia. Namun, Mozambik memiliki beberapa industri besar termasuk batu bara, produk minyak bumi, aluminium, semen, dan bahan kimia.

3. Republik Afrika Tengah

Skor Perkembangan Insider Monkey: 186.00
Lebih dari 50% ekonomi Republik Afrika Tengah berasal dari sektor pertanian. Industri utama di negara ini adalah pertambangan emas dan berlian.

2. Chad

Skor Pengembangan Insider Monkey: 188,33
Chad yang terkurung daratan telah mengurangi peluang ekonominya, sementara kekeringan dan kurangnya infrastruktur tidak membantu keadaan. Pertanian sejauh ini merupakan sektor terbesar yang berkontribusi terhadap ekonomi Chad. sementara itu, negara ini juga dilanda kekeringan dan kurang adanya infrastruktur.

1. Somalia

Skor Pembangunan Insider Monkey: 190,33
Somalia menduduki peringkat pertama sebagai negara paling tidak berkembang di dunia. Perselisihan sipil yang terjadi di negara ini menjadi salah satu alasan utama mengapa negara ini sangat tertinggal dalam indeks pembangunan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro