Ilustrasi smoothie bowl/BBC.co.uk
Kuliner

Ini 7 Sarapan yang Picu Stres

Salma Permata Dewi
Kamis, 13 April 2023 - 15:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perut akan kosong di pagi hari sehingga sarapan adalah aktivitas yang penting untuk mendapatkan sumber energi untuk seharian. Melalui sarapan, otak Anda juga dapat bekerja lebih maksimal.

Psikiater nutrisi Uma Naidoo mengatakan dalam tulisannya di mindbodygreen.com bahwa sarapan merupakan kunci untuk fokus, bertenaga, dan berenergi sepanjang harinya. Namun, ternyata, ada beberapa makanan yang tidak terlalu bagus dikonsumsi saat sarapan.

Berikut tujuh makanan sarapan yang buruk untuk otak.

1. Smoothie buah

Smoothie merupakan sarapan yang populer dan sering direkomendasikan karena mudah dan ringkas dalam mengemas protein dan nutrisi nabati. Namun, ada banyak smoothie yang sebenarnya merupakan milkshake manis dan kaya gula. Smoothie yang dibuat hanya dari buah, seringkali pisang dan mangga dengan glikemik tinggi, dan sorbet atau yogurt rasa buah itu mengandung gula dengan jumlah yang tinggi.

Jika mengonsumsi smoothie dengan gula yang tinggi dan tanpa lemak atau protein, smoothie semacam itu dapat menyebabkan lonjakan energi dengan penurunan energi berikutnya hanya beberapa jam kemudian. Hal ini mengakibatkan kelelahan, kecemasan, dan mudah tersinggung.

2. Fruit Breakfast Bowl

Breakfast bowl yang disajikan saat sarapan harus diperhatikan keseimbangan gizinya. Biasanya, breakfast bowl sering menyajikan porsi yang cukup besar dan ditambah dengan hal-hal seperti granola, serpihan kelapa manis, dan madu. Bahkan ada yang menambahkan gula pasir padahal banyak buah yang sudah memiliki rasa manis. Efek samping yang didapatkan hampir sama dengan mengonsumsi smoothie penuh gula.

3. Kopi

Kopi yang ditumpuk dengan rasa buatan, gula rafinasi, dan produk susu diketahui meningkatkan peradangan pada tubuh dan otak. Peradangan terkait dengan peningkatan gejala kejiwaan dan gangguan kognisi.

4. Sereal

Jenis sereal yang dipilih untuk sarapan memiliki implikasi penting bagi fungsi kognitif Anda sepanjang hari. Sereal yang dibeli di toko menawarkan sedikit nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pilihlah sereal dengan biji-bijian utuh, kacang-kacangan, lemak sehat, dan banyak serat. Anda juga bisa membuat campuran granola atau sereal buatan sendiri untuk mengontrol gula.

5. Burrito

Burrito diisi dengan bahan-bahan yang sehat, tetapi bungkusnya sendiri mengandung karbohidrat sederhana dan pati olahan yang tidak perlu. Untuk membuat burrito yang sehat untuk otak, sisihkan bungkusnya dan makan isinya saja.

6. Yogurt buah

Yogurt rasa buah adalah sumber gula tersembunyi lainnya yang menyamar sebagai sarapan seimbang. Anda perlu memeriksa label nutrisi agar tidak mengonsumsi 6 atau 8 sendok teh gula (1 sendok teh adalah 4 gram gula) dalam yogurt buah tersebut. Anda bisa mengonsumsi yogurt tanpa pemanis dengan menambahkan buah asli.

7. Donat dan kopi

Kombo ini mudah dibawa dan mudah didapatkan. Namun, donat dan kopi tidak memberikan landasan yang cocok untuk mempertahankan fokus dan suasana hati sepanjang hari. Donat tinggi karbohidrat olahan dan sering digoreng dengan minyak inflamasi yang dapat membuat Anda mengalami kabut otak dalam jangka pendek. Hasilnya, Anda mungkin akan mendapatkan memori yang lebih buruk dalam jangka panjang.

Adapun pilihan sarapan untuk menjaga kesehatan mental menurut doctortaz.com.

Pilihan sarapan yang lebih baik untuk kesehatan mental.

Jika Anda ingin mengurangi gula dan karbohidrat olahan, cobalah opsi sarapan berikut ini:

1. Telur dadar dengan sayuran

Ini merupakan pilihan bagus karena tinggi protein dan rendah gula. Sayuran juga menambahkan serat, vitamin, dan mineral.

2. Roti bakar alpukat

Alpukat merupakan sumber lemak sehat yang bagus dan dapat menjaga keseimbangan suasana hati.

3. Salmon asap dan telur

Sarapan ini juga tinggi protein dan rendah gula. Salmon menambahkan asam lemak omega-3 yang telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan mental.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro