Ilustrasi perempuan makan sambil nonton yang bisa membuat berat badan naik/Freepik
Health

Tips Menghindari Kenaikan Berat Badan di Hari Raya Lebaran

Sabina Arla Yogandini
Rabu, 12 April 2023 - 15:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tak jarang orang akan merasa khawatir tentang makanan yang berlebihan saat liburan. Hal ini juga disebut "rasa bersalah karena makan" dan sebuah survei menemukan bahwa terdapat 63 persen orang berjuang melawannya setiap musim liburan.

Mendekati libur Lebaran, tentunya makanan khas hari raya seperti rendang dan opor ayam adalah hal yang paling dinanti-nanti setiap tahunnya.

Hal ini akan menjadi tantangan besar bagi Anda yang sedang menjalani program diet atau memiliki pola hidup sehat. Namun, tidak masalah untuk menyantap makanan khas lebaran yang Anda nantikan setiap tahun. Terdapat beberapa cara untuk mengatasi pesta makan selama liburan, termasuk saat hari lebaran.

Dilansir dari healthnews.com, Rabu (12/4/2023) berikut beberapa cara untuk menghindari kenaikan berat badan saat liburan: 

1. Kelola stres

Stres yang tinggi telah terbukti membuat orang ingin makan berlebihan, biasanya makanan yang menenangkan dan makanan cepat saji yang tinggi lemak. Di saat liburan, banyak dari Anda yang dikelilingi oleh makanan manis dan berlemak. 

Banyak dari Anda yang akan dikelilingi oleh makanan manis dan berlemak selama liburan. Aktivitas perawatan diri seperti yoga, hobi yang menenangkan, dan menghabiskan waktu dengan orang-orang terkasih dapat membantu Anda mengurangi stres. 

2. Minum lebih banyak air

Untuk menghindari pesta makan berlebihan saat liburan serta efek samping lainnya, pastikan Anda tetap terhidrasi guna mencegah efek samping seperti metabolisme melambat, sakit kepala, dan kemungkinan makan berlebihan. National Academies of Sciences, Engineering, and Medicine (NASEM) merekomendasikan sekitar 12 hingga 15 gelas air sehari.

3. Cobalah resep baru dan yang diperbarui

Hidangan liburan, khususnya saat hari raya cenderung sangat tinggi lemak dan gula. Makanan tersebut dapat membuat Anda merasa berat dan lelah daripada berenergi, terutama jika Anda makan berlebihan. Anda dapat mencari resep yang lebih sehat melalui ponsel atau menemukan buku resep makanan  sehat dan mencoba untuk membuatnya. Kemudian, Anda dapat  membawa makanan tersebut ke pertemuan keluarga Anda.

4. Rencanakan jauh-jauh hari

Menghindari semua godaan makanan yang ada, khususnya saat perayaan Idul Fitri adalah salah satu bagian tersulit untuk tidak makan secara berlebihan. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan membuat perencanaan terlebih dahulu. Anda dapat membicarakan dengan keluarga Anda terkait makanan apa saja yang akan disajikan oleh keluarga Anda dan Anda juga dapat menawarkan opsi hidangan yang lebih sehat untuk dibawa saat pertemuan keluarga. 

5. Makanlah makanan ringan yang sehat

Akan ada banyak godaan makanan saat Anda sedang liburan, khususnya saat Anda sedang bersilaturahmi dalam perayaan lebaran. Namun, tak ada salahnya untuk membawa camilan sehat yang tidak memiliki banyak kalori. Hal ini akan membantu Anda untuk tetap menjaga pola makan yang sehat dan terhindar dari godaan saat liburan atau saat sedang dalam pertemuan keluarga.

6. Miliki sistem pendukung

Menghindari pesta makan selama liburan tidak harus menjadi proses yang menyedihkan. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa menggunakan "buddy system," atau memiliki sistem pendukung yang kuat dalam program diet atau kehidupan sehat Anda, dapat membantu Anda tetap berada di jalan yang benar. Anda juga dapat menceritakannya kepada keluarga Anda jika Anda tengah menjalani pola hidup sehat karena mungkin saja keluarga Anda akan mengikuti jejak yang sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro