Orang-orang mudik menggunakan mobil/Dok. Kemenag
Relationship

Mudik Aman, Tips Menjaga Keamanan Rumah Agar Tidak Kemalingan dan Kebakaran

Sabina Arla Yogandini
Sabtu, 15 April 2023 - 20:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lebaran tinggal menghitung hari dan banyak dari Anda yang mungkin sudah merencanakan untuk mudik ke kampung halamannya dari jauh-jauh hari. 

Pada saat mudik, Anda akan meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Tak menutup kemungkinan bahwa akan terjadi sesuatu yang tidak Anda harapkan seperti kemalingan dan kebakaran. 

Untuk itu, bagi Anda yang tahun ini akan melaksanakan mudik Lebaran, ada baiknya untuk memastikan bahwa rumah Anda aman untuk ditinggal selama beberapa hari.

Ini tips untuk menjaga rumah agar tetap aman saat ditinggal mudik Lebaran:

1. Kunci pintu dan jendela

Cara pertama untuk menjaga rumah agar tetap aman selama ditinggal mudik adalah dengan mengunci semua pintu dan menutup jendela. Untuk menambah keamanan rumah, Anda dapat memasang gembok tambahan di beberapa ruang penting. 

Cara ini dapat meminimalisir masuknya pencuri ke dalam rumah Anda karena banyak pencuri yang biasanya mengambil kesempatan dengan mudah. Pastikan pula agar pintu terkunci dan jendela tertutup dengan baik agar tidak memberi celah bagi pencuri. 

2. Cabut peralatan listrik Anda

Pastikan rumah Anda terhindar dari risiko kebakaran dengan cara dengan mencabut listrik atau kabel dari stop kontak untuk menghindari risiko terjadinya korsleting. Selain itu, Anda juga dapat menghemat listrik karena peralatan tersebut tidak dinyalakan.

3. Jauhkan barang berharga Anda dari pandangan

Agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik, pastikan untuk tidak meletakan barang berharga di tempat yang mudah dijangkau atau yang mudah terlihat melalui jendela. Anda dapat menyimpannya di tempat yang sulit dijangkau atau tidak terlihat dengan jelas. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menggunakan brankas apabila memilikinya. 

4. Buatlah terlihat seperti ada orang di rumah

Jangan tunjukkan bahwa rumah Anda dalam keadaan kosong, meskipun sebenarnya tidak demikian. Anda dapat memasang lampu otomatis di teras dan ruang tamu. Adapun cara efektif lain agar rumah terlihat seperti ditempati dengan meninggalkan mobil di jalan masuk. 

Cara ini dapat membantu mengelabui pencuri yang mengincar rumah Anda. Rumah yang dibiarkan dalam kondisi gelap akan memungkinkan bagi pencuri bahwa rumah Anda tidak ada penghuninya. 

5. Mintalah seseorang untuk cek rumah Anda sesekali

Anda dapat meminta bantuan dari RT,RW, satpam kompleks, atau tetangga Anda dengan memberi tahu  bahwa Anda akan mudik dan akan meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Orang yang Anda percayai juga perlu memiliki informasi kontak Anda dan daftar rencana perjalanan Anda untuk berjaga-jaga jika terjadi keadaan darurat. Hal ini dilakukan agar ada seorang yang  bisa memberikan pengawasan khusus pada rumah Anda. 

6. Jangan terlalu banyak berbagi di media sosial

Cara tepat yang dapat Anda lakukan dengan tidak mengunggah informasi ke sosial media bahwa Anda tengah mudik. Dengan membagikan detail libur lebaran Anda adalah cara yang dapat meningkatkan risiko penyusupan ke dalam rumah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro