Suasana wisata Perahu Kalimas. Dok. Humas Pemkot Surabaya
Travel

Libur Lebaran, Ini Rekomendasi Wisata yang Dapat Dikunjungi di Surabaya

Peni Widarti
Senin, 24 April 2023 - 18:10
Bagikan

Bisnis.com, SURABAYA - Pemerintah Kota Surabaya telah melakukan pengecekan sarana prasarana destinasi wisata yang ada di Surabaya untuk menyambut kedatangan para wisatawan yang ingin menikmati momen libur Lebaran.

Terdapat sejumlah destinasi yang bisa menjadi pilihan berwisata kala berada di Surabaya, di antaranya seperti wisata Romokalisari Adventure Land, Taman Hiburan Pantai (THP) Kenjeran, Wisata Perahu Kalimas, wisata Mangrove Wonorejo, Kebun Binatang Surabaya (KBS), taman kota, Alun-Alun Suroboyo, serta beberapa museum di Surabaya.

Hampir setiap destinasi wisata di Surabaya dipatok dengan harga tiket yang sangat terjangkau, misalnya seperti wisata Perahu Kalimas hanya dipatok tarif Rp4.000/orang - Rp10.000/orang sesuai rute, dan untuk tiket masuk KBS maupun THP Kenjeran hanya dipatok Rp15.000/orang, dan untuk wisata Romokalisari Adventure terdapat tarif wahana yang dipatok mulai Rp10.00-an.

Beberapa tiket wisata seperti perahu Kalimas dan Pantai Kenjeran ini bisa didapatkan secara online melalui situs tiketwisata.surabaya.go.id 

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyampaikan, jumlah kunjungan wisata di Surabaya sudah mulai meningkat. Untuk itu jajarannya telah bersiaga melakukan pengamanan di tempat-tempat wisata selama libur Lebaran. 

"Seperti di Romokalisari Adventure itu kan sudah naik jumlah kunjungannya, agar keselamatan dan keamanan terjamin, Satpol PP, Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD] itu ada di sana [tempat-tempat wisata] semuanya,” katanya dikutip dari rilis, Senin (24/4/2023).

Dia mengimbau kepada masyarakat yang berwisata di Surabaya untuk melakukan pengawasan terhadap putra dan putrinya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Meskipun wisata di Surabaya sudah terjamin keamanannya, ia mengingatkan kepada masyarakat agar tidak lengah dan mawas diri. 

"Terutama kalau sedang berlibur di Romokalisari itu kan ada perahunya, nah maka dari itu kami minta untuk berhati-hati," imbuhnya.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayati menjelaskan, sebelum libur Lebaran, pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola pariwisata di Surabaya untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan sarana prasarana wisatanya.

"Sejak 27 Maret 2023, lalu kami sudah mengeluarkan surat edaran untuk pengelola wisata di Surabaya agar melakukan persiapan dalam menyambut libur Lebaran. Pada intinya, mereka harus mengutamakan keamanan dan keselamatan sarana prasarana yang digunakan,” imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro