Mercusuar Anyer/bantenprov.go.id
Travel

Tempat Wisata yang Ramai Dikunjungi saat Lebaran 2023

Salma Permata Dewi
Jumat, 28 April 2023 - 11:06
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Lebaran 2023 yang jatuh pada Sabtu (22/4/23) telah usai. Saat lebaran kemarin, masyarakat Indonesia banyak yang melakukan mudik ke kampung halamannya setelah sekitar dua tahun pandemi.

Menurut data Kementerian Perhubungan Republik Indonesia, penerbangan pesawat di bandara Soekarno-Hatta pada arus mudik meningkat, yakni rata-rata ada 1200 penerbangan tiap harinya. Jumlah pengguna transportasi mudik mulai H-8 hingga H-1 lebaran, penumpang transportasi udara ada 1.932.176 orang, transportasi sungai danau dan penyeberangan (ASDP) sebanyak 1.630.186 orang, transportasi jalan 1.22.886 orang, transportasi kereta api 1.137.918 orang, dan transportasi laut 570.057 orang.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk juga mencatat sejak H-7 hingga H-1 Lebaran ada sebanyak 1.350.682 kendaraan meninggalkan wilayah Jabotabek. Total kendaraan ini meningkat sebesar 41,25 persen dibandingkan lalu lintas normal. Dibandingkan dengan lebaran 2022 pun total kendaraan naik sebesar 3 persen dari 1.311.893 kendaraan.

Banyaknya pemudik pada lebaran tahun ini dapat membuat pengunjung wisata dan industri lokal meningkat lantaran biasanya, saat lebaran, masyarakat menghabiskan waktu berlibur bersama keluarga masing-masing.

Berikut beberapa tempat wisata yang ramai dikunjungi saat Lebaran 2023: 

1. Taman Batu Cijanun

Dilansir dari Bisnis.com, tempat wisata Taman Batu Cijanun, Kampung Lembang Sari, Desa Cipeundeuy, Kecamatan Bojong merupakan salah satu tempat yang populer dan ramai dikunjungi saat lebaran di Purwakarta. Tempat wisata air ini menawarkan pemandangan alam yang asri dilengkapi spot foto yang digemari oleh wisatawan. Tiket masuk Taman Batu ini dibanderol seharga Rp20.000 per orang dan buka tiap 8 pagi hingga 5 sore. Tidak hanya itu, tempat wisata ini juga menyediakan penginapan dengan bentuk saung.

2. Simpang Lima Semarang

Kawasan Simpang Lima Semarang selalu ramai terutama saat lebaran. Bahkan saat malam Lebaran, diadakan takbiran di sana. Simpang Lima memiliki banyak tempat makan khas Semarang di pinggir jalannya, salah satunya adalah Tahu Gimbal. Tak hanya itu, lapangan yang luas juga ramai oleh masyarakat yang bermain di sana. Tak hanya itu, Simpang Lima juga sangat strategis ke area perbelanjaan sehingga tak heran tempat ini selalu ramai.

3. Jatim Park

Jatim Park khususnya Jatim Park 1 ramai akan pengunjung saat Lebaran ini. Saat lebaran kemarin, Jatim Park memiliki acara bernama Gempar (Gempita Lebaran) yang merupakan acara bagi-bagi THR oleh maskot bernama Badut Petruk di pintu masuk. Tiket masuk ke Jatim Park 1 bisa dibeli secara daring maupun langsung.

4. Pantai Anyer

Pantai Anyer yang terletak di Kabupaten Serang, Banten, mendapatkan banyak pengunjung. Polda Banten bahkan melakukan rekayasa lalu lintas satu arah menuju Anyer karena padatnya kendaraan yang hendak ke sana. Pantai Anyer ini selalu populer setiap liburan karena memang menyediakan banyak hiburan untuk keluarga. Tidak hanya duduk-duduk di pinggir pantai, di sana terdapat wahana-wahana air, seperti Banana Boat dan Jet Ski.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro