Teks eksposisi/ Freepik
Relationship

Teks Eksposisi: Pengertian, Unsur, Tujuan, Ciri-Ciri, Jenis, hingga Struktur

Hana Fathina
Rabu, 10 Mei 2023 - 16:16
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Teks eksposisi adalah sebuah bentuk teks atau tulisan yang memuat tentang informasi maupun pengetahuan. Secara umum, teks eksposisi sendiri memiliki tujuan untuk memberikan penjelasan atau uraian mengenai suatu ide, pokok pikiran, informasi, pendapat ataupun pengetahuan kepada pembaca tanpa bermaksud mempengaruhi. 

Teks eksposisi pada dasarnya memiliki bentuk seperti sebuah retorika, yang dimana digunakan untuk menjelaskan tentang uraian ilmu pengetahuan sekaligus menjawab berbagai pertanyaan. Oleh karena itu, Sebagian besar teks dalam buku pelajaran pada konsepnya merupakan pengembangan dari teks eksposisi. 

Penjelasan Teks Eksposisi

1. Tujuan Teks Eksposisi

  • Memberitahukan dengan jelas kepada pembaca atau penyimak sehingga tidak terjadi perbedaan penerimaan atau setidaknya meminimalisasi perbedaan penerimaan informasi yang ada.
  • Memaparkan atau menjelaskan informasi tertentu dengan harapan menambah pengetahuan yang pembaca miliki.
  • Membuat pembaca tertarik untuk terus membaca karangan tersebut.

2. Ciri-ciri Teks Eksposisi

  • Menggunakan bahasa yang baku 
    Dikarenakan termasuk teks nonfiksi dan isinya berupa informasi atau pengetahuan, maka penulisan teks eksposisi menggunakan bahasa yang baku. Dalam hal ini, bahasa baku yang dimaksud, seperti kata-kata yang sesuai dengan KBBI, kalimat yang sesuai dengan PUEBI dan sebagainya. 
  • Memberikan informasi atau pengetahuan
    Teks eksposisi umumnya akan berisi tentang informasi atau pengetahuan. Informasi yang didapatkan dari teks eksposisi bisa menambah wawasan (sebagai pembaca) dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 
  • Berisi tentang sebuah fakta
    Teks eksposisi berisi tentang sebuah fakta yang biasanya didukung dengan data yang akurat, sehingga keasliannya bisa dipertanggung jawabkan. Oleh karena itu, Ketika ingin menulis teks eksposisi yang bisa diperlukan mencari sumber data yang akurat agar tidak terjadi kesalahan. 
  • Bersifat objektif dan tidak memihak 
    Bagi seorang penulis teks eksposisi harus bisa memastikan jika setiap penulis teks eksposisi berdasarkan fakta.

3. Struktur Teks Eksposisi

  • Tesis 
    Tesis sendiri bisa dipahami sebagai bagian yang memiliki fungsi untuk menyajikan pengenalan isu, masalah, gagasan utama hingga pandangan penulisan secara umum terkait topik atau masalah yang dibahas. 
  • Rangkaian argument 
    Rangkaian argumen bisa dipahami sebagai pendapat berupa alasan yang logis, informasi sesuai dengan hasil temuan, fakta yang terjadi, hingga pernyataan para ahli. 
  • Penegasan ulang 
    Setelah penulis menyampaikan isu atau masalah dan sudah didukung oleh berbagai alasan atau pendapat yang sesuai fakta, berikutnya akan disajikan penutup atau simpulan. Tujuan penegasan ulang sendiri adalah memberikan penegasan terhadap pendapat awal sekaligus menyajikan simpulan dan saran terhadap keseluruhan masalah yang dibahas. 

4. Jenis Teks Eksposisi

  • Teks eksposisi definisi 
    Teks ini bertujuan untuk mengungkapkan pengertian atau definisi dari suatu topik. 
  • Teks eksposisi ilustrasi
    Teks eksposisi ini bertujuan untuk memberikan gambaran secara sederhana antara satu topik dengan topik yang lain. Teks jenis ini biasanya menjelaskan kesamaan atau kemiripan sifat dari suatu topik yang dibahas. 
  • Teks eksposisi proses 
    Teks ini sebenarnya merupakan teks yang memuat beberapa tahap atau cara untuk menghasilkan sesuatu dari awal hingga akhir. 
  • Teks eksposisi analisis
    Jenis teks ini menampilkan permasalahan dari sebuah gagasan utama. Jenis ini agak berbeda, karena memuat pengembangan lanjutan dari permasalahan yang ada. 
  • Teks eksposisi berita 
    Jenis teks ini memberi informasi mengenai suatu kejadian. Bisa juga diartikan bahwa ini merupakan teks yang membuat berita tentang peristiwa tertentu. 
  • Teks eksposisi pertentangan 
    Ini juga bisa dipahami sebagai teks yang memuat beberapa hal pertentangan, dari hal satu dengan hal lainnya. 

5. Unsur Teks Eksposisi

  • Fakta 
    Fakta bisa berbentuk kenyataan, sesuatu yang benar-benar atau terjadi dan tidak harus berupa angka. Bisa juga mengutip pernyataan seorang ahli dalam memperkuat gagasan dan untuk melakukan hal ini harus diberi catatan kaki. 
  • Ide atau gagasan 
    Ide atau gagasan bisa berbentuk sebuah komentar, penilaian, saran, dorongan hingga ajakan atau bujukan. Melalui gagasan ini lah penulis mendapat dasar dan alasan untuk membuat tulisan dari hasil pemikirannya. Gagasan dibuat sebagai bahan tulisan, ide ini juga harus didukung dengan fakta dan data. 


Itulah beberapa hal mengenai teks eksposisi yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro