Rekomendasi Makanan untuk Diet, Enak dan Sehat (freepik)
Health

Rekomendasi Makanan untuk Diet, Enak dan Sehat

Nuraini
Selasa, 16 Mei 2023 - 17:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menata makanan untuk diet merupakan suatu tantangan tersendiri. Anda ingin menurunkan berat badan dan jadi lebih sehat, tapi pada saat yang sama tidak bisa menentukan menu makanan yang tepat.

Bagi Anda yang sedang berencana mengurangi berat badan, berikut ini pilihan makanan yang bisa dikonsumsi. 

Makanan yang Bagus Untuk Diet

Ada banyak metode diet yang ada di masyarakat. Salah satunya dengan mengatur asupan makanan. Makanan diet untuk pemula sebenarnya tidak perlu merubah menu yang biasa secara drastis. Cukup dengan mengatur jenis makanan yang perlu dikonsumsi. Adapun beberapa makanan yang cocok dikonsumsi saat sedang diet, seperti berikut. 

  • Karbohidrat

Rekomendasi Makanan untuk Diet, Enak dan Sehat

Diet bukan berarti sama sekali tidak makan karbohidrat. Ada beberapa jenis karbohidrat tetap bisa menjadi pilihan makanan sehari hari untuk diet. 

Anda bisa mulai dengan mengurangi porsi nasi putih. Jadi, perbanyak lauk dan sayur, nasi mengandung banyak gula. Anda tidak memerlukan nasi dalam jumlah banyak. 

Yang perlu dilakukan adalah makan sedikit karbohidrat agar cukup energi tapi tetap dalam porsi diet. Anda bisa ganti dengan nasi merah yang lebih berserat. Variasi kentang rebus dan ubi rebus juga bisa dipertimbangkan. Oatmeal juga termasuk menu karbohidrat yang sehat dan enak.

  • Protein 

Rekomendasi Makanan untuk Diet, Enak dan Sehat

Makanan sehat untuk diet tetap memperhatikan nutrisinya. Telur rebus, tahu, dan tempe yang dibacem atau ikan bakar bisa menjadi pilihan menu makanan saat diet. 

Semua makanan tersebut mengandung protein dan nutrisi yang tinggi. Cara masak yang tidak digoreng juga membuat nutrisinya tetap terjaga dan membuat berat badan tetap stabil setelah mengkonsumsinya. 

  • Minyak

Rekomendasi Makanan untuk Diet, Enak dan Sehat

Ganti minyak sayur yang dipakai untuk memasak. Minyak zaitun dan minyak canola lebih aman dan juga menyehatkan. Kandungan tidak jenuhnya merupakan tambahan penting dalam berdiet. Kadang orang sudah bagus dalam perencanaan menu menjadi gagal karena cara masak yang serba goreng-goreng. 

Pemakaian minyak zaitun sangat pas untuk salad. Kalaupun ingin variasi makanan yang digoreng, perhatikan jenis minyak yang Anda gunakan. Selain itu, hindari memasak secara deep fry yang bisa menghilangkan protein dan menambah lemak pada makanan. 

  • Sayuran

Rekomendasi Makanan untuk Diet, Enak dan Sehat

Makanan untuk diet pemula juga bisa dengan memperbanyak sayuran. Bukan hanya sembarang sayur, karena untuk usia tertentu atau penyakit tertentu, ada pantangan sayur. Misalnya, orang yang mengidap asam urat, disarankan untuk menghindari kacang-kacangan.

Jadi, sesuaikan pilihan sayur dengan kondisi medis Anda. Pilihan sayur yang pas untuk diet adalah yang tidak berwarna hijau. Bisa oyong, waluh, lobak, kembang kol, dan lain sebagainya. Wortel dan juga brokoli menjadi sayuran diet yang pas, walaupun warnanya tidak putih. 

  • Dada Ayam dan Daging

Rekomendasi Makanan untuk Diet, Enak dan Sehat

Dada ayam adalah bagian dari ayam yang kerap dijadikan menu makanan diet yang enak. Proteinnya memadai tapi lemaknya sedikit. Apalagi bila disajikan dengan cara direbus, tumis, atau bakar. Penyajian demikian membuat makanan ini lebih sehat dan bisa menunjang program diet Anda. 

Diet bukan berarti tidak boleh makan daging. Tapi jangan konsumsi lemaknya. Maka dari itu, pilih daging untuk dijadikan campuran sop dan hidangan lainnya. Anda akan mendapatkan sumber protein yang cukup mengenyangkan.

  • Alpukat

Rekomendasi Makanan untuk Diet, Enak dan Sehat

Ada pendapat berbeda-beda mengenai alpukat. Ada yang yang berpendapat alpukat adalah buah yang pas untuk diet. Ada pula yang berpikir sebaliknya. Anda harus melihat keseluruhan menu diet. Kalau sudah ada nasi atau kentang, Anda sudah memenuhi kebutuhan karbohidrat. 

Irisan alpukat sangat cocok untuk makanan barat yang makan alpukat dengan buah atau protein.

Itulah beberapa makanan yang cocok untuk diet. Makanan untuk diet tidak selalu sayur dan tidak makan protein sama sekali. Anda tetap perlu energi untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro