Ilustrasi gigi berlubang
Health

Mau Operasi Gigi Bungsu? Ini yang Harus Dilakukan Sebelum dan Sesudahnya

Sabina Arla Yogandini
Selasa, 16 Mei 2023 - 18:28
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang yang akan mengalami sakit saat gigi bungsunya tumbuh.

Tumbuhnya gigi bungsu memang cukup menyakitkan dan dapat membuat infeksi dan memengaruhi gigi lain yang berdekatan.

Untuk mencegah risiko infeksi dari gigi bungsu, dokter menyarankan untuk dicabut atau bedah gigi ringan.

Hal ini dianjurkan sebagai bentuk pencegahan untuk melindungi gigi dari masalah kesehatan Anda.

Adapun prosedur yang perlu Anda jalani sebelum melakukan operasi gigi bungsu.

Melansir dari Bristol Dental, berikut adalah tips sebelum operasi gigi bungsu:

1. Tidak makan dan minum sebelum operasi

Jika Anda melakukan pencabutan gigi bungsu dengan obat penenang, dokter akan menyarankan Anda untuk berpuasa atau tidak makan dan minum setelah tengah malam sebelum prosedur. Hal ini untuk mengurangi rasa mual dan kemungkinan komplikasi lain selama operasi Anda.

2. Memprioritaskan tidur

Pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup baik sebelum dan sesudah menjalani operasi. Hal ini akan memastikan bahwa tubuh Anda beristirahat dengan baik dan memiliki kemampuan untuk bangkit kembali dengan baik setelah operasi.

3. Tidak merokok, Vaping atau alkohol

Pastikan 12 jam sebelum operasi, hindari rokok dan minuman beralkohol. Hal itu dilakukan karena rokok dan minuman beralkohol dapat menghambat penyembuhan dan menyebabkan komplikasi yang tidak diinginkan selama operasi.

4. Perbanyak makanan lembut

Setelah pencabutan gigi bungsu, Anda perlu sedikit mengubah pola makan untuk membantu penyembuhan Anda. untuk itu, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lembut atau lunak seperti seperti sup, puding dan makanan yang mudah dimakan tanpa harus mengunyah.

5. Bersikaplah terbuka dan jujur

Cobalah untuk bersikap terbuka dan jujur saat ditanyai mengenai obat apa yang tengah Anda konsumsi, riwayat kesehatan keluarga Anda, dan faktor risiko apa pun yang mungkin Anda alami. Jika Anda sedang mengonsumsi obat yang diresepkan, pastikan untuk menjelaskan hal ini kepada dokter gigi Anda sehingga mereka dapat memastikan bahwa obat atau pengobatan yang diberikan kepada Anda tidak akan mengganggu resep yang sedang Anda jalani.

Setelah menjalani operasi, ada hal yang Anda lakukan untuk menghindari rasa sakit.

Melansir dari Pain Free Dental Clinic dan Whitehorse Dental, berikut adalah tips untuk menghindari masalah setelah pencabutan gigi bungsu:

1. Mengendalikan pendarahan

Jika Anda khawatir dengan jumlah perdarahan, Anda dapat mencoba mengatasinya dengan kain kasa dan tekanan berat.

2. Meringankan pembengkakan

Selama beberapa hari pertama, pembengkakan dan pendarahan adalah hal yang normal Anda hadapi. Gunakan kompres es pada pipi Anda dan ibuprofen yang akan membantu mengatasi rasa sakit dan peradangan.

3. Berhati-hatilah

Pada awalnya, cobalah untuk membiarkan bagian gigi bungsu yang lama tidak terkena air. Jika Anda berkumur, lakukan dengan lembut. Hal itu juga berlaku saat Anda menyikat gigi.

4. Jaga kebersihan

Anda perlu menjaga mulut Anda tetap bersih dan higienis. Adapun Anda juga bisa mencoba untuk berkumur dengan air garam, kumur-kumur dengan lembut.

5. Ubah pola makan Anda

Cobalah untuk menghindari makanan panas atau makanan yang membutuhkan banyak mengunyah setelah Anda dioperasi. Makanan yang cenderung tertinggal di mulut Anda juga harus dihindari, Anda bisa menggantinya dengan telur, puding, dan kentang.

Selain itu, Anda juga perlu menghindari penggunaan sedotan karena dengan menghisap sedotan dapat menyebabkan soket kering. Soket kering ini merupakan masalah yang terjadi ketika gumpalan darah dalam soket pencabutan larut sebelum waktunya sehingga mengekspos ujung saraf dan tulang di bawahnya.

Akibatnya, Anda mungkin mengalami rasa sakit, demam, bau mulut atau rasa yang tidak enak. Untuk itu, minumlah secara normal untuk memberikan tubuh Anda dorongan hidrasi.

6. Diet

Setelah pencabutan gigi bungsu, Anda perlu melakukan diet seimbang dengan mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi untuk mempercepat proses penyembuhan dan mengurangi risiko komplikasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro