Menyikat gigi. /Sheknows
Health

Makanan yang Perlu Dihindari Sebelum Menyikat Gigi

Mia Chitra Dinisari
Selasa, 14 Maret 2023 - 16:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menyikat gigi merupakan salah satu kebiasaan menjaga kebersihan yang perlu dilakukan setiap hari agar gigi tetap terjaga kesehatannya.

Untuk menghindari dari penyakit mulut perlu dilakukan kebersihan dengan cara memilih sikat gigi, pasta gigi serta melakukan flossing ke sela-sela gigi.

Menghindari makanan tertentu sebelum menyikat gigi merupakan salah satu faktor yang masih sering diabaikan. Makanan yang asam dapat mengubah gigi dan mengganggu kebersihan mulut.

Dilansir melalui laman Express, menurut Universitas Columbia tahun 2022 memperingatkan bahwa menyikat gigi setelah mengkonsumsi makanan atau minuman asam dapat merusak lapisan enamel gigi.

Bila ingin mengkonsumsi makanan atau minuman asam, maka perlu membilas mulut dengan air minum dan perlu ditunda sekitar 30 menit.

Hal ini mendorong proses melemahkan enamel gigi yang merupakan lapisan luar. Bila kondisi gigi mendapatkan gesekan dari sikat gigi, makan rentan untuk mendapatkan masalah gigi busuk dan gigi berlubang.

“Menunggu sekitar 30 menit sebelum menyikat gigi memungkinkan enamel gigi untuk remineralisasi dan membangun kembali” ungkap para peneliti.

Ezzard Rolle, DDS, Asisten Profesor Kedokteran Gigi Columbia University College of Dental Medicine, menyoroti minuman yang perlu dihindari sebelum menyikat gigi adalah makanan yang bersifat asam baik buah, soda, jus atau permen asam.

“Alasannya adalah ketika asam berada di mulut, mereka melemahkan enamel gigi, yang merupakan lapisan gigi”. ungkapnya.

Selain itu, enamel yang rusak dapat mempengaruhi tampilan senyum karena gigi cenderung berubah menjadi abu-abu dan rentan rusak. Bukan hanya itu, kurangnya enamel dapat menyebabkan celah di antara gigi bertambah besar.

Jika enamel gigi rusak total tidak dapat dipulihkan, namun bila melemah kondisi enamel dapat diperbaiki dengan menyikat gigi dan berkumur-kumur menggunakan mouthwash untuk mempercepat proses remineralisasi pada enamel gigi.

Untuk mencegah degradasi enamel gigi, National Health Service atau NHS merekomendasikan orang-orang untuk tidak langsung berkumur-kumur setelah menyikat gigi. Alasannya, tindakan tersebut bisa menghapus fluoride yang terkonsentrasi pada sisa-sisa pasta gigi yang tersisa di gigi.

“Berkumur akan melarutkan dan mengurangi efek preventifnya” ungkap NHS

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro