Kenali cara menghilangkan kapalan pada kaki/Women and Health
Health

Ini Tips Praktis Untuk Menghilangkan Kapalan

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 25 Mei 2023 - 09:59
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Kapalan kaki adalah bercak kulit yang tebal dan mengeras yang berkembang di kaki, biasanya muncul akibat tekanan atau gesekan yang berlebihan.

Kapalan memang tidak membahayakan. Namun, kondisi ini akan membuat Anda kesulitan berjalan karena rasa sakit yang ditimbulkan dari kapalan. 

Dilansir dari Healthshots, berikut adalah cara efektif untuk menghilangkan kapalan: 

1. Rendam kaki Anda dalam air hangat

Untuk menjaga kesehatan kaki, maka rendam kaki Anda dalam air hangat selama 10-15 menit dapat membantu melembutkan kapalan sehingga lebih mudah untuk dihilangkan. Saat merendam kaki, Anda juga dapat menambahkan garam Epsom atau cuka ke dalam air untuk mendapatkan manfaat tambahan. 

2. Oleskan pelembab

Sebagai upaya pencegahan munculnya kapalan, telapak kaki Anda juga membutuhkan pelembab. Oleskan pelembab pada kaki Anda setelah berendam atau mandi, dan lapisi kaki Anda dengan kaus kaki untuk mengunci kelembapannya.

3. Gunakan penghilang kapalan

Salah satu alternatif yang dapat Anda pilih adalah dengan menggunakan penghilang kapalan seperti krim, gel, dan koyo. Adapun produk tersebut mengandung asam salisilat atau urea yang nantinya akan membantu melarutkan kulit yang mengeras. 

4. Kenakan sepatu yang nyaman

Hindari penggunaan sepatu yang terlalu sempit atau longgar karena dapat menyebabkan gesekan yang berlebihan pada kaki Anda sehingga berujung pada timbulnya kapalan. Selain itu, Anda juga perlu menghindari penggunaan hak tinggi atau sendal jepit dalam waktu yang lama.  Untuk itu, gunakanlah sepatu dengan ukuran yang pas  untuk menghindari kapalan. 

5. Gunakan sol atau bantalan

Jika kaki Anda rentan terhadap kapalan, Anda dapat menggunakan sol atau bantalan untuk mengurangi tekanan dan gesekan di area tersebut. 

6. Menjaga kebersihan kaki yang baik

Salah satu kunci untuk menghindari diri dari timbulnya kapalan adalah dengan menjaga kaki tetap dalam kondisi bersih dan kering. Setelah selesai mencuci kaki, pastikan untuk mengeringkannya secara menyeluruh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro