Obat mata bintitan/Puskesmas Kuta Selatan
Health

7 Obat Mata Bintitan Alami dan Cara Mengatasinya

Hana Fathina
Jumat, 16 Juni 2023 - 09:47
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Mata bintitan adalah benjolan berwarna merah mirip jerawat yang terbentuk di area sekitar kelopak mata.

Dilansir dari Healthline, penyebab kenapa mata bintitan bisa karena penyumbatan kelenjar minyak di kelopak mata oleh kulit mati, kotoran atau minyak berlebih. Untuk itu, kamu perlu mengetahui obat mata bintitan.

Kelopak mata memiliki banyak kelenjar minyak kecil, terutama di sekitar bulu mata. Ketika kelenjar ini tersumbat, bakteri bisa tumbuh dan menyebabkan bintil berkembang. 

Penyebab Mata Bintitan

Penyebab mata bintitan adalah infeksi bakteri Stafilokokus. Bakteri ini hidup pada kulit manusia tanpa menyebabkan sakit. Infeksi juga bisa terjadi pada akar bulu mata, kelenjar keringat, dan kelenjar minyak. Untuk mengurangi risiko bintitan, hindari memegang mata dengan tangan kotor. 

Obat Mata Bintitan Alami

1. Larutan Garam

Garam memiliki kandungan magnesium yang ampuh sebagai obat antiseptik alami untuk membunuh bakteri dan mengurangi rasa sakit akibat infeksi pada mata bintitan. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, kamu bisa melarutkan garam dalam air hangat dan aduk hingga rata. 

Selanjutnya, celupkan kain lembut atau kapas pada larutan air garam tersebut dan kompreslah pada mata yang mengalami bintitan. Diamkan selama 15-20 menit dan ulangi hingga bintan mereda. 

2. Minyak Kelapa

Untuk menggunakan pada mata, beri sedikit minyak kelapa pada kapas atau tangan kamu. Lalu oleskan secara perlahan pada kelopak mata yang mengalami bintitan. Tunggu hingga 15 menit sebelum membilasnya dengan air bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini sebanyak 3 hingga 5 kali. 

3. Lidah Buaya

Kamu perlu menyiapkan daun lidah buaya dan belah untuk mengambil getah atau lendirnya dengan cotton bud. Lalu, oleskan getah lidah buaya tersebut pada bintitan yang muncul di kelopak mata. Kamu bisa mengoleskannya selama beberapa kali dalam sehari hingga infeksi berkurang atau hilang. 

4. Daun Ketumbar

Kamu bisa rebus sejumput atau satu sendok daun teh ketumbar dengan secangkir air. Tiriskan dan tunggu hingga agak dingin. Usapkan daun ketumbar tersebut pada mata bintitan. Untuk menyembuhkan mata bintitan lebih cepat, kamu juga bisa langsung meminum air rebusan daun ketumbar tersebut. 

Obat Mata Bintitan yang ada di Apotik

1. Obat Penghilang Rasa Sakit untuk Bintitan

Tidak semua kasus bintitan membutuhkan obat Pereda nyeri. Hal ini tergantung dari gejala yang kamu rasakan. Jika menimbulkan rasa sakit dan membuat kamu tidak nyaman, tidak ada salahnya menggunakan obat anti nyeri atau analgesik. Beberapa contoh obat lainnya adalah ibuprofen dan acetaminophen (parasetamol). 

2. Antibiotik Oral

  • Cephalexin 500 mg: diminum 2 kali per hari selama 7 hari. 
  • Amoxicillin dan asam klavulanat: kekuatan dosis bervariasi, sekitar 500-1000 mg selama 1 minggu. 
  • Azithromycin 500 mg: pada hari pertama, diikuti oleh 250 mg selama 4 hari berikutnya. 
  • Levofloxacin 500 mg: diminum sehari sekali selama 7 hari. 
  • Ciprofloxacin: 500-1000 mg: diminum sekali sehari selama 7 hari

3. Obat Salep Bintitan 

Salep antibiotik topikal atau kombinasi salep steroid-antibiotik bisa diresepkan untuk mengobati bintitan. Ada juga yang menyebutkan bahwa obat tetes mata antibiotik bekerja baik dalam mengobati hordeolum eksternal. 

Antibiotic topikal yang bisa digunakan untuk kasus bintitan adalah antibiotik yang mengandung bahan aktif eritromisin atau kloramfenikol. 

Cara Mengobati Mata Bintitan dengan Cepat

1. Gunakan Kompres Hangat

Suhu hangat bisa membantu mendorong nanah ke permukaan, melarutkan nanah, dan minyak sehingga cairan bisa keluar secara alami. Caranya, gunakan handuk basah yang sudah dibasahkan dengan air hangat. Pastikan airnya tidak terlalu panas. Peras kainnya agar lembab dan tidak menetes. Baru letakkan di mata selama lima hingga 10 menit. Hindari memencet benjolan untuk mencegah infeksi. 

2. Gunakan Kantong Teh

Teh hitam paling baik digunakan karena bisa membantu mengurangi pembengkakkan dan memiliki sifat antibakteri. Caranya juga cukup mudah, kamu tinggal menyeduh teh celup dengan air panas. Diamkan sekitar 5 menit baru digunakan untuk mengompres mata. 

3. Hindari Menggunakan Riasan dan Lensa Kontak

Riasan bisa membuat mata semakin iritasi dan menghambat proses penyembuhan. Selain itu, riasan juga rentan memindahkan bakteri dari mata ke alat rias dan sebaliknya sehingga infeksi bisa menyebar. Jika kamu menggunakan lensa kontak, untuk sementara istirahatkan produk ini hingga bintitan sembuh. 

4. Bersihkan Kelopak Mata dengan Sabun yang Ringan

Hindari membersihkan area mata dengan sabun berbahan kimia sintetis yang keras. Gunakan sabun dengan jenis hipoalergenik dan tidak menimbulkan efek samping iritasi. Kulit di area mata jauh lebih tipis dibandingkan di area wajah lainnya. Untuk itu, kamu perlu berhati-hati memilih produk perawatan untuk area mata. 

Itulah beberapa hal mengenai obat mata bintitan yang bisa kamu gunakan dan cara mengatasi mata bintitan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro