Ilustrasi mata merah/
Health

Terlalu Lama di Depan Laptop dan Main HP, Ini Cara Cegah Sakit Mata

Salma Permata Dewi
Jumat, 17 Maret 2023 - 16:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Eye strain adalah kondisi mata menegang karena aktivitas mata yang hanya melihat satu arah dalam waktu yang lama. Kondisi ini bisa disebabkan saat bermain komputer atau melihat layar digital sehingga dinamakan computer eye strain atau digital eye strain.

Saat ini, orang lebih sering menghabiskan waktu melihat ponsel, tablet, monitor komputer, dan televisi. Apalagi pekerjaan sekarang kebanyakan mengharuskan orang untuk fokus pada layar dalam waktu yang lama per harinya. Oleh karena itu, mata menjadi lelah dan mengalami penegangan.

Dilansir dari Medical News Today, Kamis (17/3/2023) seperti yang dijelaskan American Optometric Association, mata berada di bawah tekanan yang lebih besar saat kita melihat layar dibandingkan saat kita melihat atau membaca kata-kata yang dicetak pada halaman fisik. Hal ini disebabkan karena huruf di layar tidak setajam huruf cetak dan layar memiliki kontras yang lebih rendah. Mata seseorang dituntut untuk bekerja ekstra keras dan menyebabkan ketegangan mata.

Faktor lainnya adalah melihat layar dari jarak dan sudut yang tidak sesuai. Tidak hanya mata yang terpangur, postur tubuh bisa menjadi tidak nyaman dan tegang. Selain itu, tingkat kedipan orang turun drastis saat melihat layar sehingga mengalami ketegangan mata, padahal berkedip dapat menjaga permukaan mata tetap bersih dan tidak kering.

Berikut gejala yang paling umum dari computer eye strain:


- Mata lelah dan tegang

- Mata merasa tidak nyaman

- Mata kering, iritasi, atau terbakar

- Penglihatan kabur saat melihat layar atau melihat kejauhan

- Sulit memfokuskan pandangan

- Sensitif terhadap cahaya

- Sakit kepala

- Nyeri leher dan bahu


Ini cara mengatasinya eye strain atau sakit mata:

1. Olahraga

Olahraga mata dapat membantu mencegah dan mengurangi ketegangan pada mata. Olahraga mata tersebut seperti aturan 20-20-20, aturan 8, dan latihan kedipan.

- 20-20-20

Latihan ini maksudnya melihat suatu objek sejauh 20 kaki selama 20 detik setelah melihat layar selama 20 menit.

- Aturan 8

Latihan ini mengharuskan melihat objek atau area sejauh 8 kaki dan menggerakkan matanya perlahan membentuk angka 8 selama 30 detik, lalu mengganti arah dan lakukan hal yang sama.


- Latihan berkedip

Latihan berkedip saat terlalu lama menatap layar dapat membantu mencegah dan mengurangi ketegangan pada mata.


2. Mengatur cahaya yang masuk

Mengatur intensitas cahaya dapat membantu mengurangi ketegangan mata. Tiap orang membutuhkan intensitas cahaya yang berbeda-beda, contohnya orang 50 tahun membutuhkan 20 kali jumlah cahaya dibandingkan orang dengan usia 20 tahun.


3. Mengatur jarak dengan layar

Idealnya, mata seseorang harus berjarak 35 hingga 40 inci dengan layar dan layar harus sekitar 5 sampai 6 di bawah ketinggian mata.


4. Pemeriksaan ke dokter

Melakukan pemeriksaan ke ahlinya merupakan langkah yang tepat untuk mengatasi mata yang menegang. Anda bisa mendapatkan saran yang tepat dari dokter mata. Anda bisa menggunakan kacamata anti radiasi jika diperlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Tags :


Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro