Buah leci/Istimewa
Health

Ini Manfaat Biji Leci Bagi Kesehatan, Baik Untuk Jantung dan Kulit?

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 15 Juni 2023 - 19:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Anda mungkin sudah biasa untuk menikmati daging buah leci yang berair. Namun, tahukah Anda bahwa ternyata biji leci memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh?

Ekstrak yang berasal dari biji leci baru-baru ini mendapatkan perhatian karena manfaat kesehatannya yang luar biasa.

Dilansir Health Shots, berikut adalah manfaat biji leci:

1. Sifat antioksidan yang kuat

Salah satu manfaat dari ekstrak biji leci adalah sifat antioksidan yang kuat. Antioksidan memainkan peran penting dalam menetralisir radikal bebas yang berbahaya sehingga Anda dapat mengurangi stres oksidatif dan menurunkan risiko penyakit kronis seperti kanker, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

2. Peremajaan kulit

Leci baik untuk rambut, sedangkan biji leci bermanfaat untuk kulit. Adanya kadar polifenol yang tinggi yang ada dalam ekstrak biji leci bermanfaat untuk meningkatkan elastisitas dan hidrasi kulit, sekaligus mengurangi munculnya kerutan.

Selain itu, ekstrak ini memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah infeksi kulit dan meningkatkan kesehatan kulit. Dengan menyertakan ekstrak biji leci ke dalam rutinitas perawatan kulit Anda dapat meremajakan kulit Anda sehingga kulit Anda akan tampak muda dan bercahaya.

3. Dukungan kesehatan kardiovaskular

Dengan memasukkan ekstrak biji leci ke dalam diet atau rutinitas suplemen Anda, Anda mungkin dapat mengurangi risiko terkena penyakit jantung dan mempertahankan sistem kardiovaskular yang sehat.

4. Potensi anti-diabetes

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak biji leci menunjukkan sifat anti-diabetes. Ekstrak ini berpotensi untuk mengatur kadar gula darah, meningkatkan sensitivitas insulin, dan mengurangi komplikasi bagi orang dengan diabetes.

Setelah mengetahui manfaat dari biji leci, mungkin Anda dapat mempertimbangkan untuk mengonsumsi ekstrak biji leci dalam bentuk suplemen. Suplemen ini biasanya tersedia dalam bentuk kapsul atau bubuk sehingga akan lebih mudah untuk memasukkannya ke dalam menu suplemen harian Anda.

Selain itu, Anda dapat mengolah biji leci dengan cara menghaluskan biji menjadi bubuk halus menggunakan blender atau penggiling bumbu. Bubuk biji leci tersebut dapat Anda tambahkan dalam menu smoothie, yogurt, atau bahkan digunakan sebagai bumbu masakan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro