Olahraga untuk usia 50 tahun
Health

Kebiasaan Kecil Memiliki Kekuatan dan Keuntungan

Salma Permata Dewi
Jumat, 23 Juni 2023 - 20:56
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagai makhluk sosial, tiap orang pasti memiliki berbagai kebiasaan, dari kebiasaan besar hingga kebiasaan kecil. Semua kebiasaan akan memberikan sebuah dampak bagi kehidupan.

Kebiasaan kecil mungkin tidak disadari oleh sebagian kecil karena cenderung disepelekan. Kebiasaan-kebiasaan kecil padahal juga memiliki peran dalam membentuk kehidupan dan karakter diri. Ini meliputi menyikat gigi saat bangun tidur, menyisir rambut sebelum tidur, atau lainnya.

Sementara itu, kebiasaan besar biasanya sering menyita perhatian seseorang. Kebiasaan kecil bisa menjadi kebiasaan besar karena memiliki kekuatan yang signifikan. Sebuah kebiasaan bertambah dari waktu ke waktu dan dapat memengaruhi aspek kehidupan, seperti kesehatan, produktivitas, dan kebahagiaan.

Dilansir dari New Trader U, Jumat (23/6/2023) menurut penelitian ilmu saraf, kebiasaan terbentuk melalui siklus yang dikenal sebagai lingkaran kebiasaan yang terdiri dari tiga tahap, yakni isyarat, rutinitas, dan imbalan. Ketiga tahap ini memiliki perannya masing-masing

Tahap isyarat memicu otak untuk memulai suatu perilaku. Lalu, rutinitas merupakan perilaku itu sendiri. Tahapan terakhir Anda akan mendapatkan sebuah penghargaan atau imbalan yang merupakan dampak dari tindakan tersebut. Tiga tahapan ini mendorong otak untuk mengingat pola tersebut untuk digunakan terus menerus.

Kebiasaan besar membutuhkan upaya, komitmen, dan keinginan yang signifikan. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan pada diri. Sementara itu, kebiasaan kecil memiliki beberapa keuntungan karena lebih mudah untuk memulai dan membutuhkan lebih sedikit kemauan. Kebiasaan kecil bisa dikatakan merupakan sebuah batu loncatan menuju tujuan yang lebih besar tanpa kelelahan. 

Setiap tindakan kecil yang diulang secara konsisten dapat memunculkan atau menambah perubahan besar. Contohnya, ketika memiliki kebiasaan membaca satu buku per hari mungkin Anda merasa itu adalah jumlah yang sedikit. Namun, Anda akan menyadari banyaknya bahkan manfaatnya setelah setahun karena total buku yang dibaca sama dengan jumlah hari per tahunnya.

Tidak hanya itu, contoh lainnya adalah kebiasaan olahraga pagi yang dilakukan untuk peregangan. Jika dilakukan secara rutin dan konsisten Anda mungkin akan mendapatkan tubuh yang bugar serta imunitas yang kuat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro