Siswa Sekolah Dasar/Jibiphoto
Relationship

Bunda, Begini Tips Mempersiapkan Anak Pertama Kali Masuk Sekolah

Kresensia Kinanti
Minggu, 16 Juli 2023 - 11:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Memulai sekolah bisa menjadi hal yang menakutkan atau menyenangkan bagi orang tua dan anak.

Untuk mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru di luar rumah, anak-anak membutuhkan pengetahuan umum tentang dunia di sekitar mereka yang bisa didapat di sekolah.

Banyak hal yang memengaruhi seberapa baik anak-anak belajar, berkembang, dan berprestasi di sekolah, seperti kesiapan akademik dan kesiapan sosial.

Kesiapan Akademik

Sebelum anak-anak mulai bersekolah, mereka harus memiliki dasar tentang diri mereka sendiri, orang-orang, tempat dan benda-benda di sekitar mereka, serta bagaimana berinteraksi dengan dunia.

Ini adalah fondasi untuk membangun kemampuan membaca, matematika, dan keterampilan lain yang akan menentukan keberhasilan akademis mereka di tahun-tahun mendatang.

Kesiapan Sosial

Anak-anak mulai bersekolah dengan tingkat kematangan sosial dan emosional yang berbeda. Kualitas-kualitas ini membutuhkan waktu dan latihan untuk belajar.

Berikan anak Anda kesempatan di rumah untuk mulai mengembangkan kualitas-kualitas positif seperti kepercayaan diri dan kemandirian, rasa ingin tahu dan motivasi, serta kerja sama dan pengendalian diri.

Tips mempersiapkan anak untuk Kembali atau masuk ke sekolah

Berapapun usia mereka, banyak anak yang merasa cemas untuk memulai sekolah atau kembali ke sekolah. Berikut ini beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mempersiapkan anak-anak memulai atau Kembali ke sekolah.

1. Kunjungi sekolah atau ruang kelas sebelum hari pertama.

Jika memungkinkan, rencanakan untuk pergi ke sekolah baru anak Anda bersama-sama sebelum hari pertama. Bermainlah di taman bermain bersama dan jelajahi ruang kelas. Dengan cara ini, saat mereka mulai masuk di hari pertama, sekolah akan menjadi tempat yang familiar.

2. Tidur lebih awal, bangun lebih awal

Beberapa minggu sebelum sekolah dimulai, biasakan anak Anda tidur lebih awal. Sekitar seminggu sebelum sekolah dimulai adalah waktu yang tepat untuk kembali ke waktu tidur yang lebih awal agar anak tidak lelah untuk bersekolah pada keesokan harinya.

3. Meningkatkan kemandirian

Anak-anak yang berperan aktif dalam mempersiapkan diri untuk kembali ke sekolah seperti memilih dan mengatur perlengkapan sekolah dan pakaian baru mereka sendiri cenderung lebih bersemangat untuk kembali ke sekolah. Tugas-tugas harian yang sesuai dengan usianya juga akan membantu anak mendapatkan kemandirian dan kepercayaan diri.

4. Pilih tas sekolah yang tepat

Ransel yang terlalu berat atau dipakai dengan cara yang tidak benar dapat menyebabkan ketegangan otot, sakit kepala, dan nyeri leher. Cobalah untuk memilih tas ransel yang terbuat dari bahan yang kokoh dan ringan dengan tali yang lebar dan empuk yang dapat menopang bahu anak Anda. Perhatikan agar mereka tidak menggendongnya di satu bahu saja.

5. Memperingatkan tentang keselamatan

Beritahu anak Anda mengenai hal-hal seperti melihat ke dua arah sebelum menyeberang jalan dan berhati-hati dalam berbicara dengan orang asing.

6. Membatasi Screentime

Kembali ke sekolah adalah kesempatan yang tepat untuk menetapkan kembali batas waktu di depan layar. Anda bisa mengalihkan screentime anak untuk membaca buku atau melakukan persiapan lain sebelum sekolah dimulai.

7. Beri kesempatan anak untuk bercerita

Mengajak anak untuk bercerita tentang pengalaman sekolah di minggu pertamanya adalah hal yang baik. Tanyakan tentang perasaan mereka tentang pergi ke sekolah dan yakinkan mereka bahwa merasa senang, khawatir, atau emosi lainnya adalah hal yang normal.

Memulai sesuatu yang baru bisa terasa menakutkan, tetapi juga bisa sangat menyenangkan. Biarkan mereka mengekspresikan ketakutan mereka. Mungkin Anda dapat memberikan cerita tentang kegelisahan hari pertama Anda sendiri ketika Anda masih kecil.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro