Menara Eiffel disinari lampur berwarna putih, merah dan biru sesuai warna bendera Prancis sebagai penghormatan kepada korban tewas serangan teroris di Paris, Jumat (13/11/2015)/Reuters
Travel

7 Negara yang Tidak Punya Hari Kemerdekaan

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 20 Agustus 2023 - 09:22
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia baru saja merayakan hari kemerdekaan yang ke-78 tahun pada 17 Agustus 2023 lalu.

Kemerdekaan dirayakan sebagai bentuk sebuah negara bebas dari penjajahan negara lain.

Seperti diketahui, Indonesia dijajah oleh dua negara berbeda yakni Belanda dan Jepang.

Tapi tahukah Anda jika ada beberapa negara yang ternyata tidak memiliki hari kemerdekaan?

Berikut daftar negara yang tidak punya hari kemerdekaan

1. Nepal

Nepal tidak pernah dijajah oleh negara manapun, meskipun merupakan negara kecil. Itu selalu menjadi negara berdaulat dan bertindak sebagai penyangga antara Imperial China dan British India di masa lalu. Oleh karena itu, tidak merayakan Hari Kemerdekaan dalam bentuk apapun. Nepal juga merupakan salah satu negara tertua di Asia Selatan.

2. Thailand

Thailand tidak pernah merayakan Hari Kemerdekaan karena tidak pernah berjuang untuk kebebasannya dari penguasa asing. Pada tahun 2014,

Thailand mulai merayakan 5 Desember sebagai Hari Nasional karena merupakan hari ulang tahun raja. Kecuali raja baru mengambil alih mahkota di Thailand, ulang tahun Raja Phumiphon akan dianggap sebagai Hari Nasional Thailand.

3. China

Orang Cina tidak pernah sepenuhnya dijajah dan diperintah oleh raja. Setelah Revolusi Tiongkok tahun 1949, pemimpin Komunis Tiongkok Mao Zedong mendeklarasikan pembentukan Republik Rakyat Tiongkok (RRC). Itu merayakan Hari Nasional dan bukan Hari Kemerdekaan.

Partai Komunis Tiongkok menang dalam Perang Saudara Tiongkok, yang mengakibatkan mundurnya Kuomintang ke Taiwan dan Revolusi Komunis Tiongkok. Inilah saat Republik Rakyat Tiongkok menggantikan Republik Tiongkok.

4. Kanada

Orang Kanada tidak merayakan Hari Kemerdekaan, tetapi pada tanggal 1 Juli mereka merayakan hari jadi Konfederasi. Hari ini menandai hari penandatanganan Undang-Undang Amerika Utara Inggris (BNA) pada tahun 1867.

Undang-undang ini menciptakan Dominion of Canada, hanya beberapa bagian negara yang dimasukkan dan Masyarakat Adat tidak memiliki suara dalam keputusan tersebut.

Namun, Undang-Undang BNA berarti bahwa Dominion of Canada adalah entitas dengan pemerintahan sendiri dan negara memperoleh kebebasan dari penindasan langsung.

Menurut Undang-Undang BNA, bagian negara yang disebut Kanada tidak lagi berada di bawah kendali Inggris. Sebaliknya, dominasi baru dapat membentuk parlemen dan membuat undang-undang sendiri bersama dengan tanggung jawab untuk mendanai dan membela diri.

5. Denmark

Denmark adalah salah satu dari sedikit negara di dunia yang tidak merayakan Hari Kemerdekaan dan malah merayakan Hari Konstitusi pada tanggal 5 Juni.

Hari ini menandai peringatan ketika konstitusi mereka berkuasa. Sejarah Denmark penuh dengan ekspedisi Viking dan penggerebekan mereka di seluruh dunia.

Oleh karena itu, kerajaan-kerajaan Viking biasa berperang di antara mereka sendiri untuk mendapatkan kekuasaan, itulah sebabnya tidak pernah ada upaya besar untuk merebut Denmark oleh kekuatan asing.

6. Prancis

Meskipun Prancis merayakan kemerdekaannya dari monarki yang menindas, Revolusi Prancis, tidak ada negara asing yang pernah memperbudak dan kemudian membebaskan Prancis. Jadi prancis adalah salah satu negara tanpa Hari Kemerdekaan.

7. Rusia

Rusia disebut sebagai benua yang membentang sebagian besar Eurasia dari tahun 1922 hingga 1991. Namun setelah disintegrasi Uni Soviet menjadi banyak negara, Rusia menjadi negara tersendiri. Tapi itu tidak dijajah oleh negara manapun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro