Beras Kinmemai premium
Kuliner

10 Beras Termahal di Dunia, Paling Mahal Rp1,6 Juta per Kilogram

Mia Chitra Dinisari
Senin, 11 September 2023 - 17:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Di Indonesia, harga beras kini sedang mengalami kenaikan yang cukup signifikan di berbagai daerah.

Harga beras premium per hari ini mencapai Rp14.400 per kilogramnya.

Kenaikan ini banyak diprotes oleh masyarakat dan membuat Bulog segera memastikan stok beras agar tetap aman.

Meskipun harganya mahal, ternyata masih banyak beras di dunia ini yang harganya jauh lebih mahal.

Berikut harga beras termahal di dunia hingga saat ini dilansir dari Chefpencil

1. Kinmemai Premium (Jepang) | US$109/kg atau Rp1,63 juta per kilogram

Beras luar biasa ini dibuat dengan cermat dari lima varietas beras pemenang penghargaan pilihan yang bersumber dari berbagai wilayah di Jepang.

Setelah menjalani proses penuaan rasa yang unik selama enam bulan, produk ini melewati proses penggilingan yang unik (digambarkan sebagai teknologi eksklusif oleh produsennya). Kombinasi butiran beras yang dipilih dengan cermat dan teknologi penggilingan yang dipatenkan menjadikan beras ini unik dan layak dihargai dengan harga yang sangat mahal.

Minamiuonuma, kawasan budidaya padi Koshihikari yang terkenal di Jepang, terletak di tengah perbukitan dan pegunungan yang indah. Topografinya yang seperti cekungan memungkinkan adanya rentang suhu yang signifikan dan akses terhadap air kaya mineral dari mata air alami Gunung Echigo-Komagatake.

Kondisi yang menguntungkan ini berkontribusi pada budidaya butiran beras yang berukuran lebih besar dari rata-rata, sehingga menjadi fondasi beras Kinmemai Premium™.

2. Pinipig (Filipina) | US$75,8 /kg atau Rp1,12 juta per kilogram

Beras Pinipig yang dikenal dengan nama Tropics Toasted Young Rice merupakan salah satu jenis nasi khas yang banyak ditemukan di daerah tropis.

Persiapan uniknya melibatkan pemanenan butiran beras pada tahap awal dan memanggangnya untuk mendapatkan tekstur yang ringan dan renyah. Proses ini tidak hanya meningkatkan rasa tetapi juga menciptakan aroma panggang yang pedas.

Beras pinipig dapat ditemukan dalam beragam kreasi kuliner, termasuk makanan penutup, makanan ringan, dan hidangan tradisional Filipina.

Ini banyak digunakan di Filipina untuk membuat kue beras, puding, dan makanan ringan manis. Selain itu, keserbagunaannya menonjol karena berfungsi sebagai topping yang nikmat untuk es krim, tambahan sereal yang renyah, atau bahan yang menambah rasa dan tekstur unik pada berbagai resep.

3. Beras Thooyamalli Organik BSD (India) | US$64/kg atau Rp960.000 per kilogram

BSD Organics adalah perusahaan India yang sangat menekankan praktik pertanian organik dan berkelanjutan serta produksi barang-barang pertanian berkualitas tinggi.

Thuya Malli, varietas beras tradisional yang berasal dari Tamil Nadu, memiliki tekstur berbutir putih halus. Ini bagus untuk menyiapkan beragam hidangan nasi dan biriyani.

4. Beras Mappillai Samba Organik BSD (India) | US$60/kg atau Rp900.000 per kilogram

Beras Mappillai Samba Organik BSD, juga dikenal sebagai beras merah, adalah varietas yang sangat dihormati karena manfaat nutrisi dan karakteristik uniknya. Varietas padi ini terutama dibudidayakan di wilayah selatan India, khususnya di Tamil Nadu.

Nasi Mappillai Samba mendapatkan namanya dari makna sejarahnya, karena nasi ini secara tradisional disajikan pada pernikahan di Tamil Nadu. Istilah Mappillai berarti menantu, melambangkan pentingnya dan keberuntungan yang terkait dengan varietas padi ini.

Beras Merah memiliki warna coklat kemerahan yang khas karena adanya pigmen alami pada lapisan dedak pada bulirnya. Dikenal dengan rasa pedas dan teksturnya yang sedikit kenyal. Lapisan dedak merah kaya akan serat, mineral, dan antioksidan, menjadikan Beras Samba Mappillai sebagai alternatif yang lebih sehat dibandingkan nasi putih olahan.

5. Rajamudi Organik (India) | US$54/kg atau Rp810.000

Rajamudi, sebuah perusahaan yang berbasis di Bengaluru yang didirikan pada tahun 2021, mengkhususkan diri pada produk makanan alami, organik, dan sehat, memastikan bahwa penawaran mereka bebas dari pupuk dan bahan kimia berbahaya. Semua produk bersumber dan diproduksi di Karnataka, India, dengan penekanan kuat pada dukungan petani lokal yang terlibat dalam pengadaan dan produksi.

Beras hitam organik, yang terkenal dengan warna hitam pekatnya yang berubah menjadi ungu tua saat dimasak, memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ini adalah sumber yang kaya vitamin B kompleks, yang dikenal berpotensi meningkatkan kekebalan, meningkatkan kualitas tidur, dan meningkatkan kekencangan kulit.

uaskan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro