Ilustrasi perempuan menjaga kesehatan mental dengan berolahraga/Freepik.com
Health

Kiat-Kiat Menjaga Kebugaran Tubuh Terutama untuk Orang Sibuk

Redaksi
Sabtu, 30 September 2023 - 12:36
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tubuh yang sehat dan bugar adalah impian sebagian besar orang. Kebugaran tubuh didapat melalui berbagai cara, seperti menjaga pola tidur, pola makan, dan berolahraga.

Olahraga menjadi salah satu cara untuk menjaga kebugaran tubuh. Namun, menurut profesor kedokteran perilaku dan psikologi kesehatan Falko Sniehotta dilansir dari The Guardian, masalah besarnya dari berolahraga adalah mempertahankan kebiasaan tersebut. Ini diperkuat dengan Survei Kesehatan Inggris pada tahun 2016, 34% pria dan 42% wanita tidak mencapai target latihan aerobik. Bahkan sisanya tidak melakukan aktivitas penguatan yang cukup. 

Dilansir dari Entrepreneur, ketika berolahraga secara teratur, Anda menjadi lebih positif, energik, produktif, dan kreatif. Hal ini berarti menjadikan Anda manusia yang lebih efektif yang dapat menghasilkan lebih banyak pendapatan dan menciptakan dampak yang lebih besar di dunia. Namun, Anda mungkin terlalu sibuk sehingga sulit mempertahankan rutinitas kebugaran.

Simak tips menjaga kebugaran terutama untuk orang yang sibuk:

1. Jadwalkan olahraga

Buat jadwal mingguan untuk olahraga. Saat membuat jadwal, sebaiknya letakkan olahraga pada waktu yang sama setiap hari. Melihat item ini secara rutin di kalender akan membantu mempertahankan rutinitas Anda.


2. Tidur lebih cerdas

Tidur adalah sebuah pondasi untuk menjaga rutinitas kebugaran. Tidur yang berkualitas kebiasaan tidur yang sehat dapat membantu Anda menjaga kesejahteraan hidup secara keseluruhan. Tidur juga memainkan peran positif dalam meningkatkan kreativitas, produktivitas, tingkat energi, dan kemampuan mengambil keputusan.


3. Menumbuhkan budaya kesehatan dan kebugaran dalam bekerja

Jika lebih menghabiskan sebagian besar waktu di kantor, Anda bisa menjadikan kebugaran sebagai bagian dari percakapan. Bangun komunitas yang berpikiran sehat di tempat kerja Anda. Memiliki rekan atau komunitas yang memiliki hobi sama dapat membantu Anda mendapatkan dukungan.


4. Jadilah kreatif 

Pada hari-hari tersibuk, Anda mungkin cenderung mengabaikan olahraga, pola makan, atau pola tidur. Sibuk bukan sebuah alasan untuk melewatkan pola hidup sehat. Jika pekerjaan sangat sibuk, solusi paling logis adalah mengintegrasikan olahraga ke dalam alur kerja harian Anda, seperti melakukan olahraga singkat di tengah-tengah bekerja.


5. Tambahkan latihan ketahanan dan keseimbangan seiring bertambahnya usia

Hollie Grant, instruktur pelatihan pribadi dan pilates, mengatakan bahwa manusia mulai kehilangan massa otot di atas usia sekitar 30 tahun. Latihan ketahanan adalah hal yang penting karena dapat membantu menjaga massa otot atau memperlambat penurunan massa otot. 


6. Olahraga di rumah

Ada banyak hal yang bisa dilakukan dalam area kecil di rumah. Beberapa video tutorial di media sosial mengenai olahraga di rumah pun sudah banyak beredar. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan olahraga tanpa pergi ke area olahraga.


7. Bersikaplah bijaksana terhadap penyakit

Jika sedang sakit, beristirahat dan berobat lah. Jangan memaksakan diri untuk tetap berolahraga dengan intensitas tinggi. Tubuh Anda memerlukan istirahat. (Salma Permata Dewi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro