Es krim/wisegeek.com
Health

Fakta, Es Krim Tidak Mampu Mendinginkan Suhu Tubuh

Redaksi
Kamis, 5 Oktober 2023 - 16:23
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Es krim sering kali menjadi pilihan ketika suhu di luar terasa sangat panas. Biasanya, orang-orang mengkonsumsi es krim dengan alasan untuk mendinginkan tubuh namun ternyata itu adalah anggapan yang salah. 

Tubuh manusia memiliki kemampuan luar biasa untuk mengatur suhu inti dalam rentang yang sempit, yaitu sekitar 36,5 hingga 37,5 derajat C (97,7 hingga 99,5 derajat F). Organ utama yang bertanggung jawab atas regulasi ini adalah hipotalamus, yang terletak di otak. 

Ketika suhu luar meningkat, tubuh menggunakan berbagai mekanisme untuk mendinginkan, seperti berkeringat. Keringat yang berlebihan membuat sebagian dari kita berpikir untuk mendinginkan tubuh dengan minuman atau makanan dingin seperti es krim. 

Faktanya, mengonsumsi es krim memicu respons yang lebih kompleks dari sistem termoregulasi tubuh kita. Saat mengkonsumsi es krim atau makanan dingin lainnya, tubuh akan berusaha melawan penurunan suhu yang tiba-tiba. 

Ketika menelan es krim, kamu akan merasakan sensasi sejuk karena reseptor di mulut dan saluran pencernaan yang mengenali suhu dingin. Namun, begitu komponen es krim mulai terurai, efek pendinginannya akan berkurang. 

Hipotalamus yang merasakan dinginnya mulut akan memulai mulai respons untuk mempertahankan suhu inti. Untuk mencapai hal ini, tubuh mungkin mengurangi aliran darah ke ekstremitas dan mengarahkannya ke organ vital untuk mencegah kehilangan panas yang berlebihan. Proses ini memastikan suhu inti tetap stabil, dan efek pendinginan es krim terlokalisasi.

Sebagai informasi, bahan utama dalam sebagian besar produk es krim adalah lemak susu dan gula. Ketika lemak dipecah di dalam tubuh, ia melepaskan sejumlah besar panas. Proses ini disebut termogenesis yang disebabkan oleh makanan. Dibandingkan nutrisi lainnya, lemak memiliki energi paling tinggi sehingga berpotensi melepaskan panas dalam tubuh. 

Ketika lemak susu dan gula menghasilkan panas di dalam tubuh dan ditambah dengan suhu diluar tinggi, maka tubuh akan terasa lebih panas dari sebelumnya. 

Hal ini, membuktikan bahwa sebenarnya es krim tidak mampu mendinginkan tubuh melainkan hanya memberikan rasa segar dan nikmat. (Ernestina Jesica Toji)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro